Trutu hijau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trutu hijau
Burung jantan subspesies albipennis (kiri) beserta betinanya
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Superfamili:
Famili:
Genus:
Spesies:
Nettapus coromandelianus

Subspesies
  • N. c. coromandelianus
  • N. c. albipennis Gould, 1842
Peta persebaran, penjelasan tertera pada gambar

Trutu hijau atau trutu kapas (Nettapus coromandelianus) adalah bebek tengger kecil yang berkembang biak di Asia, Asia Tenggara membentang ke selatan dan timur hingga Queensland di mana mereka kadang-kadang disebut angsa kerdil bulu putih. Mereka termasuk unggas air terkecil di dunia dan ditemukan di perairan kecil hingga besar dengan vegetasi perairan yang baik. Mereka biasanya terlihat berpasangan atau dalam kelompok yang lebih besar, serta biasa bertengger dan bersarang di pohon dekat air. Mereka adalah penerbang yang kuat dan diketahui menyebar luas, terutama di musim dingin. Musim kawin mereka bertepatan dengan musim hujan.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Individu kecil dari spesies ini adalah unggas air terkecil di dunia, hanya berjumlah 160 g (5,6 oz) dan 26 cm (10 in) . Paruhnya yang mirip angsa pendek dan dalam di bagian dasarnya. Jantan memiliki dahi dan mahkota berwarna coklat tua dan kerah lebar berwarna hijau kehitaman di pangkal leher. Sisi kepala dan leher berwarna keputihan. Bagian belakang, penutup sayap dan tulang belikat berwarna coklat tua dengan kilap hijau dan ungu. Betina memiliki topi kusam dan garis coklat di matanya. Kerahnya digantikan oleh bintik-bintik dan wajah memiliki bintik-bintik dan leher bervermikulasi halus tidak seperti laki-laki. Jantan yang tidak kawin atau gerhana mirip dengan betina, hanya saja ia memiliki pita sayap putih yang lebih lebar. Saat terbang, jantan memiliki sayap berwarna gelap dengan bulu terbang berwarna putih dengan ujung berwarna hitam. Betina memiliki sayap gelap dan tepi belakang berwarna putih pada sayap sekunder dan beberapa sayap primer bagian dalam. [2] Mereka memiliki iris merah dan kaki hitam (kehijauan pada jantan) dan paruh.[3] [4] Jari kaki belakangnya memiliki lobus sempit. Lubang hidungnya kecil dan lonjong dan terbuka dekat dengan dasar komisura uang kertas.[5]

Anaknya berbulu halus memiliki garis-garis supercsiliaris berwarna putih yang bertemu di bagian belakang kepala yang berwarna hitam. Garis mata gelap pendek muncul di wajah yang keputihan. Bagian atas leher berwarna abu-abu. Mantelnya berwarna abu-abu coklat dan ada dua bercak putih di skapulir. Ekornya berwarna abu-abu tua hingga hitam. Bagian bawahnya warna kuning. [6]

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Spesies ini tersebar luas di Asia, penyebarannya meluas hingga Australia. Perpindahan penduduk sebagai respons terhadap hujan dan ketersediaan air. Beberapa populasi menyebar lebih jauh pada musim panas (dan hanya ditemukan secara musiman, misalnya di Afganistan). Penyebarannya pada musim dingin juga luas dan individu-individunya telah terlihat hingga ke Arabia barat, [7] dan Yordania [8] dan mereka secara teratur ditemukan di pulau-pulau di wilayah tersebut seperti Maladewa dan Andaman.[9] Mereka ditemukan terutama di danau dan kolam dengan vegetasi yang muncul di tengah-tengah tempat mereka mencari makan. Mereka bahkan dapat ditemukan di kolam desa kecil di Asia Selatan. Di Australia mereka banyak ditemukan di laguna. [10] Mereka dikatakan bertengger di pohon. [6]

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Beberapa pasang burung dapat mencari makan dalam jarak dekat di satu perairan. Kawanan besar terbentuk di musim dingin dan jumlah kawanan hampir 6.000 tercatat di danau Chilka .[11] Spesies ini mencari makan terutama di permukaan air. Analisis perut menunjukkan bahwa mereka memakan ikan kecil Puntius, Mystus, Oryzias, moluska, krustasea, larva serangga serta tumbuhan dari spesies seperti Ipomoea, Hydrilla dan Ruppia .[12] Mereka tidak menyelam atau naik ke atas dan terbang dari permukaan air tanpa harus berlari atau berlari di permukaan. Mereka terbang dengan cepat, sering kali rendah di atas air, dan cukup gesit untuk menghindari elang.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Gaya pacaran unggas ini sebagian besar tidak terdokumentasikan tetapi tampilan pasca-sanggama melibatkan leher melengkung jantan, memperlihatkan bulu leher putih dan bercak sayap putih. [10] Mereka berpasangan selama musim kawin yang terutama terjadi pada musim hujan (musim hujan pada bulan Juni – Agustus di India dan Januari hingga Maret di Australia) dan membangun sarangnya terutama di lubang pohon alami, seperti batang pohon. Jantan membantu menemukan sarang tetapi inkubasi diperkirakan [13] dilakukan oleh betina saja yang menghasilkan 6 hingga 12 telur berwarna gading per sarang. [6] Sarangnya mungkin setinggi lima meter dari tanah dan anak-anaknya melompat mengikuti induknya ke dalam air. [10] Pasangan trutu hijau yang lebih besar telah dicatat dan diperkirakan disebabkan oleh parasitisme induk intraspesifik.[14]

Predator dan parasit[sunting | sunting sumber]

Sanca india tercatat memangsa trutu hijau . [15] Plasmodium sirkumfleksaum ditemukan dalam darah mereka dari spesimen yang diperiksa di Bangladesh.[16] Tiga spesies sestoda parasit Hymenolepis smythi, H. fista [17] dan Retinometra fista diketahui dari inang spesies tersebut.[18] Trematoda Cyclocoelum sp. tercatat sebagai parasit di Queensland.[19] Paramonostomum thapari diketahui pernah tercatat dalam tubuh trutu hijau.[20]


Dalam budaya[sunting | sunting sumber]

Mereka diburu dengan senapan terutama di British India, meskipun mereka tidak dianggap sebagai makanan yang enak. Telur dikumpulkan untuk dimakan dan burung dijual dalam jumlah besar di pasar burung Kalkuta pada abad ke-19. Nelayan di Sunderbans memasang jaring setinggi dua puluh kaki dan menggiring burung-burung di air menuju jaring sebelum membuat mereka khawatir dan membuat mereka terbang ke dalam jaring. Burung yang terluka tercatat tenggelam dan menyembunyikan diri hanya dengan kepala atau paruhnya yang keluar dari air. [6] [4] Di Burma, burung tercatat bersarang di dalam gedung. Sir Harcourt Butler mencatat adanya sarang di ketinggian 68 ft (21 m) di bawah atap kediaman gubernur di Rangoon .[21] Hume mencatat bahwa jumlah bebek migran yang dijual di pasar Kalkuta menurun selama sepuluh tahun, namun tidak demikian halnya dengan bebek kapas. Ia juga mencatat kejinakan mereka, bermain-main dalam jarak sepuluh meter dari seorang tukang cuci desa yang ribut meronta-ronta pakaian. [22]

Nama Sinhala untuk mal saar atau itik kembang didasarkan pada warna dan kemungkinan habitat kolam yang tertutup bunga bakung.[23] Banyak nama asli (seperti lerreget-perreget [22] ) bersifat onomatopoeik . Nama "trutu kapas" digunakan oleh orang Eropa di dekat Bombay yang mencatat bahwa burung tersebut memiliki banyak bulu berwarna putih.[24] Mereka menghasilkan panggilan quacky rendah yang disamakan dengan quacky duck, quacky duck, atau fixed bayonet (di British India). Samuel Tickell mencatat nama Kol dari Singhbum dari Merom-derebet, merom adalah seekor kambing dan panggilannya disamakan dengan mengembik. [6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Nettapus coromandelianus". 2016: e.T22680090A92842427. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22680090A92842427.en. 
  2. ^ Rasmussen, P.C.; Anderton, J.C. (2005). Birds of South Asia: They Ripley Guide. Volume 2. Smithsonian Institution and Lynx Edicions. hlm. 73. 
  3. ^ Whistler, Hugh (1949). Popular handbook of Indian birds (edisi ke-4). Gurney and Jackson. hlm. 519–520. 
  4. ^ a b Baker, E.C. Stuart (1908). The Indian ducks and their allies. Bombay Natural History Society. hlm. 47–53. 
  5. ^ Ali, Salim; Ripley, S. Dillon (1978). Handbook of the Birds of India and Pakistan. Volume I. Divers to Hawks (edisi ke-2). Delhi: Oxford University Press. hlm. 190–192. 
  6. ^ a b c d e Phillips, John C. (1922). A natural history of the ducks. Volume I. Houghton Mifflin Company. hlm. 102–111. 
  7. ^ Seton-Browne, C.; Harrison, Jeffery (1967). "Observations on wild-fowl on the Batinah Coast, Muscat and Oman, south-east Arabia 1962-1967". Bulletin of the British Ornithologists' Club. 87. 
  8. ^ Bashford, Richard (1997). "The first Cotton Teal Nettapus coromandelianus in Jordan". Sandgrouse. 19 (2): 142–243. 
  9. ^ Phillips, W W A (1964). "The Birds of the Maldive Islands, Indian Ocean". Journal of the Bombay Natural History Society. 60: 546–584. 
  10. ^ a b c Johnsgard, Paul A. (2010). "Ducks, Geese, and Swans of the World". Ducks, Geese, and Swans of the World: 154–156. 
  11. ^ Sathiyaselvam, P.; Balachandran, S.; Parmanik, D.K. (2008). "A Large Congregation of Cotton Teal Nettapus Coromandelianus Observed at Chilika Lake, Orissa, India". Journal of the Bombay Natural History Society. 105: 96. 
  12. ^ Mukherjee, A K (1974). "Food habits of Water birds of the Sundarban, 24 Parganas District, West Bengal, India - 4. Stork, Teal, Moorhen and Coot". Journal of the Bombay Natural History Society. 71: 188–200. 
  13. ^ Anderson, A (1874). "On the nidification of certain Indian birds. Part 3". Ibis. 15: 220–223. doi:10.1111/j.1474-919X.1874.tb05942.x. 
  14. ^ Yom-Tov, Yoram (2001). "An updated list and some comments on the occurrence of intraspecific nest parasitism in birds". Ibis. 143: 133–143. doi:10.1111/j.1474-919X.2001.tb04177.x. 
  15. ^ Bhupathy, S.; Vijayan, V.S. (1989). "Status, distribution and general ecology of the Indian python Python molurus molurus Linn. in Keoladeo National Park, Bharatpur, Rajasthan, India". Journal of the Bombay Natural History Society. 86: 381–387. 
  16. ^ Elahi, R.; Islam, A.; Hossain, M. S.; Mohiuddin, K.; Mikolon, A.; Paul, S. K.; Hosseini, Parviez Rana; Daszak, Peter; Alam, M. S. (2014). "Prevalence and Diversity of Avian Haematozoan Parasites in Wetlands of Bangladesh". Journal of Parasitology Research. 2014: 1–12. doi:10.1155/2014/493754. PMC 3918735alt=Dapat diakses gratis. PMID 24587896. 
  17. ^ Meggitt, F. J. (1933). "Cestodes obtained from animals dying in the Calcutta zoological gardens during, 1931" (PDF). Rec. Indian Mus. 35: 145–165. 
  18. ^ Banerjee, Suranjana; Subramanian, K.A. (2015). "A report of Cestode (Phylum Platyhelminthes) parasites from Indian waterbirds". Rec. Zool. Surv. India. 115: 141–166. 
  19. ^ Mawson, Patricia M; Angel, L Madeline; Edmonds, S I (1986). "A checklist of helminths from Australian birds". Records of the South Australian Museum. 19: 219–325. 
  20. ^ Gupta, P.C.; Gupta, S.P. (1976). "On four new species of the genus Paramonostomum Lühe, 1909 from avian hosts of Kanpur". Indian Journal of Zootomy. 17: 25–30. 
  21. ^ Butler, H (1925). "The Cotton Teal". J. Bombay Nat. Hist. Soc. 30 (3): 702. 
  22. ^ a b Hume, A.O.; Marshall, C.H.T. (1879). The game birds of India, Burmah, and Ceylon. Volume III. Calcutta, A.O. Hume and Marshall. hlm. 101–108. 
  23. ^ Layard, Edgar Leopold (1854). "Notes on the ornithology of Ceylon, collected during an eight years' residence in the Island". The Annals and Magazine of Natural History; Zoology, Botany, and Geology. 14 (82): 264–272. doi:10.1080/037454809494330. 
  24. ^ Eyton, T.C. (1838). A monograph on the anatidae, or duck tribe. London: Longman, Orme, Brown, Green, & Longman. hlm. 89.