Oryzias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Oryzias adalah slaah satu genus dalam keluarga Adrianicthyidae. Oryzias tersebar di wilayah Asia Selatan dan Asia Timur. Habitat alaminya adalah di persawahan, kolam, selokan, dan danau. Oryzias dapat hidup di air tawar maupun air laut. Oryzias lebih dikenal dengan nama ikan medaka atau ikan padi.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fahmi et al. (2015), hlm. 227."Genus Oryzias lebih dikenal dengan sebutan ricefish (ikan padi) karena umum-nya ikan ini menempati ekosistem persawahan, kolam, selokan, dan danau. Penyebaran ikan padi meliputi perairan tawar hingga laut (Inoue & Takei 2007). Oryzias merupakan anggota famili Adrianicthyidae. Famili ini tersebar secara luas di wilayah Asia bagian selatan dan timur. Berbagai kajian terkait dengan ikan padi (Oryzias sp.) telah banyak dilakukan di negara Asia Timur seperti Jepang, Korea, Taiwan, dan Cina. Di negara-negara tersebut genus Oryzias lebih dikenal dengan istilah ikan medaka."

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Fahmi; et al. (Februari 2015). "Potensi ikan medaka (Oryzias woworae, O. javanicus dan O. profundicola) sebagai ikan hias dan ikan model". Prosiding Seminar Nasional Ikan Ke 8: 227–233.