Oryzias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Oryzias
Oryzias latipes
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Oryziinae

Genus:
Oryzias

Spesies tipe
Poecila latipes
Sinonim[3]
  • Horaichthys Kulkarni, 1940
  • Xenopoecilus Regan, 1911

Oryzias adalah slaah satu genus dalam keluarga Adrianicthyidae. Oryzias tersebar di wilayah Asia Selatan,Asia Timur dan Asia Tenggara. Habitat alaminya adalah di persawahan, kolam, selokan, dan danau. Oryzias dapat hidup di air tawar maupun air payau. Oryzias lebih dikenal dengan nama ikan medaka atau ikan padi.[4]

Spesies[sunting | sunting sumber]

Terdapat 33 spesies diantaranya:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Richard van der Laan; William N. Eschmeyer; Ronald Fricke (2014). "Family-group names of Recent fishes". Zootaxa. 3882 (2): 001–230. 
  2. ^ Eschmeyer, William N.; Fricke, Ron; van der Laan, Richard (ed.). "Oryzias". Catalog of Fishes. California Academy of Sciences. Diakses tanggal 26 July 2019. 
  3. ^ Templat:Cof family
  4. ^ Fahmi et al. (2015), hlm. 227."Genus Oryzias lebih dikenal dengan sebutan ricefish (ikan padi) karena umum-nya ikan ini menempati ekosistem persawahan, kolam, selokan, dan danau. Penyebaran ikan padi meliputi perairan tawar hingga laut (Inoue & Takei 2007). Oryzias merupakan anggota famili Adrianicthyidae. Famili ini tersebar secara luas di wilayah Asia bagian selatan dan timur. Berbagai kajian terkait dengan ikan padi (Oryzias sp.) telah banyak dilakukan di negara Asia Timur seperti Jepang, Korea, Taiwan, dan Cina. Di negara-negara tersebut genus Oryzias lebih dikenal dengan istilah ikan medaka."
  • Fahmi; et al. (Februari 2015). "Potensi ikan medaka (Oryzias woworae, O. javanicus dan O. profundicola) sebagai ikan hias dan ikan model". Prosiding Seminar Nasional Ikan Ke 8: 227–233.