Trulek selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trulek selatan
Vanellus chilensis Edit nilai pada Wikidata
both V. c. lampronotus
The Pantanal, Brazil
Rekaman
Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22694075 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliCharadriidae
GenusVanellus
SpesiesVanellus chilensis Edit nilai pada Wikidata
Molina, 1782
Tata nama
Sinonim taksonParra chilensis Molina, 1782

Belonopterus chilensis (Molina, 1782)
Vanellus grisescens Grant, 1912[1]
Dorypaltus prosphatus Brodkorb, 1959

and see text
Subspecies
3-4 (see text)
Distribusi

Trulek selatan ( Vanellus chilensis ) atau dikenal dengan nama lokal quero-quero di Brasil, atau tero di Argentina dan Uruguay, tero-tero di Paraguay, dan queltehue di Chili adalah burung perandai dalam ordo Charadriiformes . Ia merupakan burung yang umum menghuni dan tersebar luas di seluruh Amerika Selatan, kecuali di kawasan hutan lebat (misalnya sebagian besar Amazon ), bagian dataran tinggi Andes, dan pantai gersang di sebagian besar Amerika Selatan bagian barat. Burung ini sangat umum ditemukan di cekungan Río de la Plata . Jenis Trulek ini juga telah menyebar ke seluruh Amerika Tengah dalam beberapa tahun terakhir. Burung ini mencapai Trinidad pada tahun 1961, Tobago pada tahun 1974, dan meningkat pesat di kedua pulau tersebut, secara sporadis menyebar ke utara menuju Barbados di mana sepasang burung tersebut kawin, bersarang, dan menghasilkan banyak anakan pada tahun 2007.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Trulek ini adalah satu-satunya burung perandai berjambul di Amerika Selatan. Trulek selatan memiliki ukuran berkisar 32 hingga 38 cm (13 hingga 15 in) panjangnya dan beratnya sekitar 250 hingga 425 g (8,8 hingga 15,0 oz) . Bagian atas sebagian besar berwarna abu-abu kecoklatan, dengan lapisan perunggu di bagian bahu. Kepalanya sangat mencolok; sebagian besar berwarna abu-abu dengan bercak hitam di dahi dan tenggorokan memanjang hingga ke payudara hitam. Perbatasan putih memisahkan warna hitam pada wajah dari abu-abu pada kepala dan jambul. Bagian bawah lainnya berwarna putih dan cincin mata, kaki, dan sebagian besar paruh berwarna merah muda. Ia dilengkapi dengan tulang tambahan berwarna merah di bawah sayap (taji), digunakan untuk mengintimidasi musuh dan melawan burung pemangsa.

Selama penerbangannya yang mengepak lambat, trulek selatan menunjukkan garis sayap putih lebar yang memisahkan bagian belakang dan bulu sayap berwarna abu-abu kecokelatan dari bulu terbang hitam. Pantatnya berwarna putih dan ekornya berwarna hitam. Mereka mengeluarkan suara keek-keek-keek yang sangat keras dan kasar.

Ada tiga atau empat subspesies, sedikit berbeda dalam warna kepala dan suara. Vanellus chilensis fretensis dari Patagonia terkadang termasuk dalam subspesies nominasi V. c. chilensis . Subspesies utara— V. C. cayennensis dari utara dan V. c. lampronotus dari selatan Sungai Amazon —terkadang dipisahkan sebagai spesies berbeda, Vanellus cayennensis . Kedua subspesies ini memiliki kepala yang lebih berwarna coklat—terutama pada burung paling utara—dan pita muka berwarna putih (lebar di bagian utara dan sempit di bagian selatan) tidak mencapai bagian tengah tajuk. Walau bagaimanapun, burung-burung dari wilayah umum Uruguay nampaknya saling berkelas .

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Ini adalah trulek yang menyukai danau dan sungai atau padang rumput terbuka. Mereka mendapat manfaat dari perluasan habitat yang terakhir melalui peternakan sapi yang meluas. Jika bersarang di sekitar bandara, hal ini menimbulkan ancaman terhadap keselamatan lalu lintas udara. Makanannya terutama serangga (seperti belalang ) [3] dan invertebrata kecil lainnya (termasuk cacing tanah dan ulat serasah ), serta ikan kecil, [3] diburu dengan teknik lari-dan-tunggu terutama pada malam hari, seringkali dalam kelompok. Di daerah perkotaan seperti Rio de Janeiro, Montevideo, dan La Plata, mereka bahkan terlihat makan di lapangan sepak bola yang diterangi lampu sorot selama pertandingan yang disiarkan televisi.

Trulek selatan berkembang biak secara kooperatif dalam kelompok sosial dan kelompok sosial tersebut terdiri dari sepasang pembiakan dengan satu atau dua anak dari musim kawin sebelumnya.[4] Mereka berkembang biak di padang rumput dan terkadang di ladang yang dibajak, dan memiliki tampilan penerbangan yang mengepakkan aerobatik. Ia bertelur 2–3 (jarang 4) telur berwarna coklat zaitun di permukaan tanah kosong. Sarang dan anak-anaknya dipertahankan dengan berisik dan agresif terhadap semua penyusup (termasuk manusia) melalui ancaman, vokalisasi, dan penerbangan rendah. Setelah musim kawin, ia menyebar ke lahan basah dan padang rumput tropis yang tergenang air secara musiman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Mlikovsky2011
  2. ^ BirdLife International (2020). "Vanellus chilensis". 2020: e.T22694075A163620949. doi:10.2305/IUCN.UK.2020-3.RLTS.T22694075A163620949.en. 
  3. ^ a b "Vanellus chilensis (Southern Lapwing" (PDF). Sta.uwi.edu. Diakses tanggal 27 March 2022. 
  4. ^ Cerboncini, Ricardo A. S.; Braga, Talita V.; Roper, James J.; Passos, Fernando C. (2020). "Southern Lapwing Vanellus chilensis cooperative helpers at nests are older siblings". Ibis (dalam bahasa Inggris). 162 (1): 227–231. doi:10.1111/ibi.12758. ISSN 1474-919X.