Trimulyo, Juwana, Pati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Trimulyo
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenPati
KecamatanJuwana
Kodepos59185
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Trimulyo atau yang lebih sering di sebut "Ngerang" adalah salah satu bagian dari kecamatan Juwana. Asal- muasal nama Trimulyo itu dari kata Tri dan Mulyo. Tri melambangkan angka 3 yaitu jumlah dusunnya. Ds Trimulyo memiliki 3 dusun yaitu dusun Ngerang Lor, Ngerang Kidul, dan Kambang. Dan Mulyo berarti kemulian, kejayaan, atau kebaikan. Jika digabungkan berarti 3 dusun yang akan selalu jaya dan mulya.

Desa ini terletak di paling timur Kecamatan Juwana yanh berbatasan langsung dengan Kecamatan Batangan. Ds Trimulyo terletak di tepi Jalan Raya Pantura sehingga memiliki mobilitas ekonomi cukup baik.

Di Ds Trimulyo sebagian besar penduduknya bekerja sebagai Nelayan dan Petani. Banyak Nelayan di Desa Trimulyo yang menjadi Nakhoda (juru mudi). Selain itu, Ds Trimulyo juga terkenal dengan hasil perikanan tambaknya yaitu ikan bandeng.

Ada Makam Sunan Ngerang yang terletak di desa Trimulyo dan Masjid Jami' Sunan Ngerang. Setiap tahun menjelang bulan Maulid Ds Trimulyo selalu melaksanakan tradisi masyarakatnya yang dinamakan Haul Sunan Ngerang. Bentuk-bentuk acara yang diadakan seperti, karnaval keliling desa, sholawatan, dan pengajian. Semua itu dilakukan dengan tujuan semata untuk mempertahankan tradisi, mempererat silaturahmi, dan meningkatkan sikap religius masyarakat disekitarnya.