Torchic

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Torchic
Torchic.png
Nomor Pokédex
Nasional
#255
Sebelumnya Selanjutnya
Sceptile (#254) Combusken (#256)
Regional
Hoenn #004
Info produksi
Generasi III (Ketiga) - 2002
Perancang Ken Sugimori
Pengisi suara
Inggris Rachael Lillis
Jepang Chinami Nishimura

Torchic (アチャモ Achamo?) adalah salah satu nama untuk spesies karakter fiksi dari serial Pokémon. Torchic dapat berevolusi menjadi Combusken di level 16, dan selanjutnya menjadi Blaziken di level 36. Bersama dengan Treecko dan Mudkip, Torchic adalah salah satu dari tiga Pokémon starter yang dapat Anda pilih jika sedang memainkan Pokémon Ruby, Sapphire, dan Emerald.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Torchic (#255 di Pokedex nasional, dan #004 di Pokedex Hoenn) adalah salah satu jenis spesies Pokémon tipe api dengan rupa dan bentuk seperti seekor anak ayam kecil berwarna oranye. Sayap yang ada di tubuh mereka belum tumbuh dengan sempurna, dan hanya dipergunakan untuk menghangatkan tubuhnya sendiri. Sementara untuk bagian kaki, mereka hanya menggunakannya untuk berlari dan menggaruk tanah untuk mencari makanan. Mereka juga mempunyai sejenis jambul yang tumbuh di bagian kepala, yang kalau dilihat sepintas mirip dengan sebuah nyala api.

Dengan berat 5.5 lbs dan tinggi 1.04 kaki, ada sedikit perbedaan antara Torchic jenis jantan dengan yang betina. Yang jantan memiliki ciri khas yaitu sebuah garis hitam di bagian belakang, sementara yang betina tidak. Kemampuan khususnya, seperti kebanyakkan Pokémon jenis api adalah ia mampu menyemburkan api dari paruhnya.

Layaknya seekor anak ayam sungguhan, Torchic rata-rata selalu membutuhkan sesuatu yang dapat membimbingnya. Dan Torchic termasuk ke dalam salah satu Pokémon yang paling mudah dilatih oleh para trainer Pokémon. Kelemahannya, meskipun Torchic adalah Pokémon jenis api, tetapi Torchic tidak menyukai daerah yang gelap karena mereka tidak bisa melihat apa yang ada didepannya (rabun ayam).

Nama Torchic diambil dari kombinasi kata torch dan chick. Nama dalam versi bahasa Jepangnya adalah kombinasi dari 赤子 akago (bayi), dan 軍鶏 shamo, sejenis bibit ayam di Jepang. Untuk versi bahasa Jerman digunakan nama Flemmi, sementara di Prancis di pakai nama Poussifeu, kombinasi dari Poussin (ayam) dan feu (api).

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Dalam serial animasi Pokémon Advanced Generation, May memilih Torchic sebagai Pokémon starternya setelah melihat kapasitasnya yang bagus untuk dipakai dalam kontes. Torchic yang May miliki kemudian berevolusi menjadi Combusken dalam episode AG082: A Shroomish Skirmish, dan kemudian berevolusi lagi menjadi Blaziken dalam episode AG191: Once More with Reeling.

Dan inilah satu-satunya Pokémon jenis api yang tidak pernah dimiliki oleh Ash Ketchum. Walaupun dalam episode Beautifly in Having a Wailord of a Time, Ash sempat ditugasi untuk mengurus trio Pokémon starter Hoenn oleh Suster Joy. Torchic salah satunya, dan ia malah sempat merepotkan Ash, Max, dan Brock, dimana Torchic tersebut kemudian berubah menjadi Combusken.

Manga[sunting | sunting sumber]

Dalam manga yang dirilis sebagai pendamping serial anime, Sapphire menerima seekor Torchic dari Professor Birch. Tetapi berbeda dengan Torchic yang dimiliki May, Torchic milik Sapphire yang dinamai Toro bukanlah seekor Torchic yang cengeng, ia sangat menikmati pertarungan seperti pelatihnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]