Tomat hias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tomat hias
Solanum pseudocapsicum

Fruiting plant
Tumbuhan
Jenis buahBuah beri
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
Kladlamiids
OrdoSolanales
FamiliSolanaceae
SubfamiliSolanoideae
TribusSolaneae
GenusSolanum
SpesiesSolanum pseudocapsicum
Linnaeus, 1753
Buah-buahan kering dengan biji Solanum pseudocapsicum .

Solanum pseudocapsicum merupakan spesies nightshade dengan buah yang agak beracun.[1] Umumnya dikenal sebagai tomat hias, [2] ceri musim dingin Madeira, atau ceri Yerusalem (meskipun bukan merupakan keluarga ceri).Tanaman keras ini dapat ditanam sebagai tanaman hias sebagai tanaman rumah, tetapi di beberapa wilayah di Afrika Selatan, India, Australia, dan Selandia Baru, tanaman ini dianggap sebagai gulma .

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Tanaman ini abadi di zona hingga USDA 8. Berasal dari Peru dan Ekuador, mereka dapat bertahan hidup di cuaca beku dan dingin. Mereka umumnya hidup hingga 10 tahun, biasanya menghasilkan buah pada tahun kedua atau ketiga, dan setiap tahun setelahnya. Mereka adalah kerabat dekat dari tomat dan buahnya sangat mirip dengan tomat ceri dalam hal rasa dan tekstur, sehingga mudah tertukar dengan tomat tersebut.

Tanaman ini mengandung racun yang pada dasarnya adalah solanocapsine, yang mirip dengan alkaloid lain yang ditemukan dalam genusnya, seperti solanine . Meskipun racunnya beracun, namun umumnya tidak mengancam jiwa manusia. Hal ini dapat menyebabkan masalah lambung, termasuk muntah dan gastroenteritis sebagaimana dirujuk dalam nama ilmiah S. ipecacuanha (kira-kira " bunga racun ipecac).[3]

Tomat hias mungkin beracun bagi kucing [4] dan beberapa burung.[5] Meskipun tomat hias disebarkan oleh burung-burung tertentu di alam liar – baik burung asli maupun burung introduksi, misalnya di Australia oleh burung gagak-bentet belang ( Strepera graculina ) – sebagian besar burung peliharaan yang populer, yaitu bayan dan kerabatnya, tidak kebal terhadap racunnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Medicinal and Poisonous Plants of Southern and Eastern Africa" - Watt & Brandwijk (E&S Livingstone, 1962)
  2. ^ "Solanum pseudocapsicum". Natural Resources Conservation Service PLANTS Database. USDA. Diakses tanggal 17 November 2015. 
  3. ^ D. G. Spoerke & S. C. Smolinske (1990). Toxicity of Houseplants. Boca Raton, Florida: CRC Press. 
  4. ^ "Plants and your cat". Cat Fanciers' Association. December 1997. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 26, 2010. Diakses tanggal September 29, 2008. 
  5. ^ "Bird safety: poisonous and safe plants for birds". Peteducation.com. 1997. Diakses tanggal September 29, 2008.