Tlayuda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tlayuda
Tlayuda
JenisAntojito
Tempat asalMeksiko
DaerahOaxaca
Bahan utamaKacang polong yang mengalami proses penggorengan dua kali, asiento (lemak babi mentah), selada atau kubis, alpukat, daging (biasanya ayam suwir, daging sapi has dalam atau daging bagi), keju Oaksaka dan salsa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Tlayuda con falda, sebuah Tlayuda yang dilipat menjadi dua dan diisi dengan steak.

Tlayuda (pengucapan bahasa Spanyol: [tɬaˈʝuða]), terkadang disebut clayuda,[1] adalah hidangan buatan tangan yang berasal dari Oaksaka, Meksiko. Makanan ini terdiri dari tortilla besar, tipis, renyah yang digoreng atau dipanggang dan dilapisi oleh kacang polong yang mengalami proses penggorengan dua kali, asiento (lemak babi mentah), selada atau kubis, alpukat, daging (biasanya ayam suwir, daging sapi has dalam atau daging babi), keju Oaxaca dan salsa.[2][3][4]

Tlayuda merupakan ikon makanan lokal dan dapat dengan mudah ditemukan di kota Oaxaca. Selain itu, tlayuda juga tersedia di daerah pusat hingga selatan Meksiko seperti Kota Meksiko, Puebla dan Guadalaraja.[3]

Tlayuda seukuran piring makan disajikan dengan cara dibakar (biasanya di atas comal) atau di atas penggorengan. Kacang polong goreng bersama dengan lemak babi dan sayuran pun disajikan sebagai bahan utama. Aturan dalam taburan tlayuda tidak kaku. Oleh karena itu, restoran atau pedagang kaki lima sering menyediakan berbagai macam taburan, termasuk tasajo (potongan daging dari lembah tengah di Oaksaka), chorizo dan cecina enchilada (irisan tipis daging babi bertaburkan bubuk cabai). Tlayuda bisa disajikan dengan cara dilipat menjadi dua bagian ataupun tidak.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Tlayuda ditayangkan dalam serial Netflix Street Food volume 2 yang berfokus pada makanan kaki lima Amerika Latin.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mark Bittman (2009). Mark Bittman's Kitchen Express: 404 inspired seasonal dishes you can make in 20 minutes or less. Simon and Schuster. hlm. 43. ISBN 9781416578987. Diakses tanggal 26 Februari 2021. 
  2. ^ "Tlayudas". Oaxaca Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-08-18. Diakses tanggal 26 Februari 2021. 
  3. ^ a b Bittman, Mark (2008-09-05). "Recipe of the Day: Tlayuda With Black Bean Purée". New York Times. Diakses tanggal 26 Februari 2021. 
  4. ^ Bruce Geddes (2000). World Food Mexico. Hawthorn Victoria (Australia): Lonely Planet Publications PTY Ltd. hlm. 83. ISBN 1864500239. 
  5. ^ "The tlayuda wins Netflix street food championship". Mexico News Daily. Mexico News Daily. Diakses tanggal 26 Februari 2021.