Thomas J. Abercrombie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Thomas J. Abercrombie
Lahir13 Agustus 1930
Stillwater, Minnesota, Amerika Serikat
Meninggal3 April 2006(2006-04-03) (umur 75)
Baltimore, Maryland
PekerjaanStaf fotografer senior dan Penulis untuk National Geographic Magazine
PenghargaanNPPA National Newspaper Photographer of the Year (1954),
NPPA National Magazine Photographer of the Year (1959)
PasanganMarilyn "Lynn" Bruette Abercrombie

Thomas J. Abercrombie (13 Agustus, 1930 – 3 April, 2006) adalah seorang staf penulis senior dan fotografer untuk National Geographic. Terkenal karena kerjanya di negara-negara Timur Tengah. Selama masa jabatannya di majalah Geographic. Abercrombie berpetualang ke semua 7 benua, menjadi staf fotojurnalis pertama berpetualang ke Kutub selatan pada tahun 1956 sambil memberikan gambar untuk sampul Paul Siple di akhir musim dingin pertama tinggal di Stasiun Kutub Selatan.

Liputan terkenal lainnya termasuk foto-foto Jacques Cousteau dan kru-nya dalam kendaraan kapalnya Cousteau the Calypso dan perjalanan harimau putih pertama dari India ke Amerika Serikat. Abercrombie merupakan jurnalis Barat pertama yang meliput perjalanan ke Mekkah secara islami pada artikelnya Beyond the Sands of Mecca, yang dipublikasikan pada tahun 1966.

Awal kehidupan[sunting | sunting sumber]

Dilahirkan di Stillwater, Minnesota, Amerika Serikat, Abercrombie mengawali kariernya di Fargo Forum dan the Milwaukee journal. Ia merupakan seorang alumni Macalester College. Inovasi-nya dan foto-foto yang menakjubkan dengan cepat menarik perhatian dan pujian. Dengan merancang sebuah rumah bawah laut (secara komersial tidak tersedia pada saat itu), Abercrombie mendorong batas fotografi ketika Ia memotret sebuah kapal karam di bagian bawah Danau Michigan. Potret surealis istri, Lynn Abercrombie, terdistorsi oleh refleksi masak pada stainless steel dan perabotan rumah tangga diterbitkan di majalah Life. Fotografinya seekor burung robin yang berusaha untuk mencabut seekor cacing tanah secara dramatis dari sudut rendah menarik perhatian Melville Bell Grosvenor di National Geographic.

National Geographic[sunting | sunting sumber]

Ia diundang untuk bekerja di National Geographic, yang mana laporan pertamanya dari Libanon. Ia sebelumnya tidak pernah ke luar negeri.

Sebagai seorang staf National Geographic, Abercrombie terkenal untuk karyanya di negara-negara Arab, mengunjungi semua tujuh benua, dan merupakan salah satu yang pertama dari dua wartawan yang mencapai kutub Selatan di 1957 (yang lain adalah Rolla J. "bud" crick dari Oregon jurnal). Abercrombie adalah orang pertama yang memenangi keduanya the Newspaper Photographer of the year (1954) dan the magazine photographer of the year (1959). Ia menyelam dengan Jacques Cousteau yang mengatakan bahwa itu seperti berenang dengan seekor ikan.

Ia seorang pakar National Geographic tentang Timur Tengah dan melaporkan dari Mekkah, Ia meliput wilayah dari Maroko ke Afghanistan untuk lebih dari 3 dekade, hingga Ia pensiun pada tahun 1994. Selama 40 tahun di National Geographic, Ia mempublikasikan 40 cerita dari seluruh dunia.

Abercrombie yang bekerja dengan National Geographic hampir 40 tahun mengunjungi setiap sudut bumi, dari pantai pasir Sahara hingga ke dataran berangin Antartika. Pada tahun 1965 Ia menemukan wabar meteorite 6.000 pound (2,700-kilogram) di gurun Arab. Pada tahun 1974 Overseas Press Club menghargainya sebagai Best Overseas Reporting untuk sebuah majalah. Dan pada tahun 1978 Danish Royal Yacht Club menghadiahi padanya Baltic Cup.[1]

Satu dari beberapa karya fotografinya yang paling terkenal dipotret pada tahun 1965, di Mekah. Abercrombie memotret seperempat juta Muslim berkumpul di Kabba yang suci dari tampilan udara. Ia menggambarkan pijar biru dalam foto sebagai gambar kosmik gerak. Ia empat kali melakukan perjalanan ke Mekah, dan menjadi terpesona dengan Timur tengah dan Islam. Ia kemudian belajar membaca Al-Quran dan bahasa Arab dan menjadi seorang Muslim.[2]

Pengunduran diri[sunting | sunting sumber]

Setelah pensiun dari National Geographic pada tahun 1993, Abercrombie mengajar geografi di universitas George Washington. Ia menguasai 5 bahasa (Arab, Inggris, Jerman, Prancis dan Spanyol ).

Abercrombie wafat di usia 75 tahun di rumah sakit John Hopkins, Baltimore, Maryland disebabkan komplikasi dari operasi jantung terbuka. Ia bertahan hidup ditemani oleh, istrinya Lynn, dan anak Mary, direktur eksekutif dari Windover Art Center dan Bruce seorang Videografer.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Karier foto jurnalisme Abercrombie didokumentasi pada tahun 2004. film, White Tiger: The Adventures of Thomas J. Abercrombie, oleh pembuat film Patricia A. Leone, Blue Marlin Productions, Progressive IMG dan Gabriel Film Group dengan musik asli oleh Kevin Harkins. Film tersebut di pertunjukkan di New York International Independent Film and Video Festival.

Agustus 2006 isu National Geographic termasuk sebuah artikel penghormatan Abercrombie, A geographic life. Tambahan puncak Abercrombie Antartika dinamai untuk menghormatinya.

Abercrombie juga merupakan salah satu dari empat Pioner fotografer untuk dihormati di buku Odysseus and photographs yang dipublikasikan oleh komunitas National Geographic bersama dengan sebuah pameran di Museum National Geographic di Washington, D.C. dan di London.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]