Theresia Ebenna Ezeria Pardede

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Theresia Ebenna Ezeria Pardede
Latar belakang
Nama lahir Theresia Ebenna Ezeria Pardede
Lahir 2 September 1979 (umur 37)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Tempat tinggal Menteng, Jakarta Pusat
Kota sekarang Menteng, Jakarta Pusat
Tempat tinggal Menteng, Jakarta Pusat
Jenis musik Pop
Pekerjaan Penyanyi
Politikus
Tahun aktif 1998–sekarang
Perusahaan rekaman Aquarius Musikindo
Pasangan Eka Nugraha (2000-2012) [1]
Orang tua T.M Pardede (ayah)
Lersiana Purba† (ibu)
Agama Islam
Anggota
Thinkerbelle

Theresia Ebenna Ezeria Pardede (kadang-kadang disingkat Theresia EE Pardede atau lebih dikenal dengan Tere - lahir di Jakarta, 1 September 1979; umur 37 tahun) adalah penyanyi dan politikus Indonesia. Dia adalah anggota DPR periode 2009—2014 dari Partai Demokrat untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat II, tetapi pada tanggal 21 Mei 2012 telah mengajukan pengunduran diri dari DPR dengan alasan kepentingan keluarga untuk menjaga ayahnya yang sedang sakit.[2] Ia juga menyatakan pengunduran dirinya dari Partai Demokrat. Tere selama di DPR berada di Komisi X yang membawahi olah raga.[3]

Tere adalah anak pasangan Tombang Mulia (TM) Pardede (ayah) dan Lersiana Purba (ibu). Sebagai penyanyi, dia dikenal memiliki karakter vokal yang kuat. Ia juga mampu menulis lirik lagu yang berani. Kalimat "Belajar dari banyak hal" dan "I believe everything happens for a reason" menjadi filosofi dalam hidupnya.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Tere memulai pendidikan di SD Charitas St Stefanus, Jakarta (19851991), SMP Charitas St Stefanus, Jakarta (19911994), dan SMUN 70 Bulungan, Jakarta (19941997). Setamat pendidikan awal, dia melanjutkan studi di University of Indonesia, Diploma in Social and Political Sciences, Department of Communication Science (1998-2001) dan University of Indonesia, Bachelor in Social and Political Sciences, Department of Communication Science (20012005).

Sementara, pendidikan non-formal dijalani dengan cara Private Vocal Course with Ms Bertha (2000), Private Vocal Course with Mrs Chaterine J Leimena (2004), English Course at The British Institute (TBI) Kuningan (Jakarta) dengan meraih sertifikat (2005), dan ESQ Profesional Training for Members of House of Representative (2009) serta sejumlah kegiatan seminar. Semuanya dijalani demi menambah wawasan dan pengetahuannya.

Karier[sunting | sunting sumber]

Dia mengawali karier di dunia tarik suara dari hobby menyanyi dan sebagai penyanyi latar di berbagai grup musik. Saat masih sekolah di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), dia sudah mulai senang dengan dunia band. Bahkan, dia sudah beberapa kali memiliki grup band.

Tanpa disadarinya, bakatnya kemidian ditemukan oleh musikus Ahmad Dhani. Berkat bantuan Dhani, ia memperoleh kontrak kerja sama dengan Aquarius Musikindo pada pertengahan tahun 1998. Pada tahun 2000, dia berkolaborasi (featuring) bersama Pas Band dalam lagu Kesepian Kita yang diproduksi Aquarius Musikindo. Dhani kemudian memproduseri album solo perdana Tere bertajuk Awal Yang Indah yang dirilis Oktober 2002.[4] Aquarius Musikindo kembali memproduksi album keduanya yang berjudul Sebuah Harapan pada Oktober 2003 dan Begitu Berharga untuk album ketiganya (September 2005). Tere menggamit Denny Chasmala sebagai produser album ketiganya, sedangkan dirinya berkonsentrasi sebagai ko-produser. Dalam album ini ada satu lagu lama karya Ian Antono dan Taufik Ismail yang berjudul Panggung Sandiwara diproduksi kembali. Pada Desember 2008, dia merilis tREretorial Hits untuk album keempatnya. Pada 2009, dia merilis lagu Di Hadapan-Mu; Original Soundtrack of Kata Maaf Terakhir yang diproduksi teretya production.

Ahir-akhir ini disela kesibukannya sebagai anggota DPR ia menjadi seorang Fashion Designer dimana ia sejak kecil gemar menggambar dan membuat kerajinan.[5]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Sejumlah kegiatan organisasi juga tak luput dari perhatiannya. Periode 1995-1996, dia tampil sebagai Leader of Bulungan Art Club (an eztracurricular program in SMUN 70 Bulungan), Vice President of KOMIKA (Komunitas Mahasiswa D-III Periklanan FISIP-UI Student) pada pariode 1999-2000, Public Relations Departement of PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Rekaman Indonesia/Association of Indonesian Recording Singers, Composers, and Arrangers) sejak tahun 2007, Palang Merah Indonesia (Indonesian Red Cross) sejak 2007, Event Department for Homecoming Day UI 2008, a reunion for Universitas Indonesia alumnae from all faculties (21 Juli-27 Juli 2008), Member of Forum Seniman Perempuan, non structural organization under Democratic Party (sejak 24 April 2008), dan Vice President Secretary of Fraction Democratic Party (sejak 12 Oktober 2009) serta beberapa kegiatan penjurian pada event musik.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • Juara Kedua Kompetisi Debat untuk SMU Negeri 70 Jakarta pada perayaan yang ke-13 tahun 1996
  • One of the Best Graduate in Diploma-3 Program, FISIP-UI, Depok (2001)
  • Cum laude in accomplish Diploma Program, University of Indonesia, Depok (2001)
  • Platinum Award for tERe debute album Awal Yang Indah produced by PT Aquarius Musikindo, Jakarta (2002)
  • Ambassador of Axa Champion Club 2007, Jakarta (2007)
  • Ambassador of Axa Champion Ckub 2008, Jakarta (2008).

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Meskipun Tere dibesarkan dalam keluarga non-Islam yang kuat, pada 2 September 2000, dia memutuskan untuk memilih Islam sebagai pegangan hidupnya. Pada 6 Desember 2003, Tere menikah dengan Eka Nugraha. Eka adalah pria berdarah Sunda yang juga pencipta lagu Awal Yang Indah yang dinyanyikannya. Pada tanggal 3 Januari 2012, Tere telah melayangkan gugat cerai terhadap suaminya. [1]

Album[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]