The Wonderful Story of Henry Sugar and Six More

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Wonderful Story of Henry Sugar and Six More
Sampul edisi pertama
PengarangRoald Dahl
Perancang sampulQuentin Blake
NegaraBritania Raya
BahasaInggris
GenrePetualangan
PenerbitJonathan Cape
Tanggal terbit
1977
Jenis mediaCetak
Halaman225
ISBNISBN 0-14-130470-7
Didahului olehDanny, the Champion of the World 
Diikuti olehThe Enormous Crocodile 

The Wonderful Story of Henry Sugar and Six More adalah kumpulan cerita pendek yang diterbitkan pada tahun 1977 oleh pengarang berkebangsaan Inggris Roald Dahl. Ketujuh cerita dalam kumpulan ini umumnya ditujukan untuk pembaca yang lebih tua dibandingkan dengan novel-novel anak-anak lainnya karya Dahl.[1]

Cerita-cerita ini ditulis pada periode yang berbeda selama hidup Dahl. Dua di antaranya bersifat autobiografi; satu menceritakan bagaimana Dahl memulai karier sebagai penulis, sementara yang lain menggambarkan pengalamannya sebagai pilot pesawat tempur selama Perang Dunia II. Salah satu karya lain dalam koleksi ini merupakan kisah non-fiksi tentang seorang petani Inggris yang menemukan harta karun Romawi kuno.

Bab[sunting | sunting sumber]

The Swan[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah kisah, Ernie, seorang pelajar yang terkenal sebagai pengganggu di sekolahnya, menerima sebuah senapan sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke-15. Bersama dengan seorang teman, ia menggunakan senapan tersebut untuk menembak burung-burung kecil. Kemudian, mereka mengarahkan senjata itu pada Peter Watson, seorang siswa lain yang dikenal sebagai jagoan sekolah. Di bawah ancaman senjata, Peter dipaksa berbaring di jalur kereta api yang sedang beroperasi. Ia berhasil selamat dengan cara menenggelamkan dirinya ke dalam rel saat kereta api melintas.

Setelah itu, para pengganggu membawa Peter ke kolam bebek dan memaksanya untuk bertindak sebagai "anjing pelacak" bagi mereka. Peter, yang memiliki kecintaan terhadap burung, menjadi marah ketika Ernie membunuh seekor angsa. Sebagai tanggapan, Ernie berjanji akan membuat Peter "terbang" lagi. Ia melakukannya dengan memotong sayap burung tersebut dan mengikatnya di lengan Peter, sebelum memaksanya naik ke atas pohon willow. Meskipun Peter menolak untuk melompat dari pohon, ia kehilangan keseimbangan ketika terkena tembakan dari senapan Ernie di kakinya.

Saat berjuang untuk tetap di atas pohon, Peter melihat cahaya terang yang seakan memanggilnya. Ia melepaskan diri dari pohon dan menyelam ke arah cahaya tersebut, menciptakan ilusi seperti angsa besar yang terbang di atas desa. Peter mendarat di taman rumahnya, di mana ibunya segera meminta pertolongan dan memotong sayap buatan yang terikat di lengan Peter.

Adaptasi Film[sunting | sunting sumber]

Pada Januari 2022, diumumkan bahwa Wes Anderson akan menyutradarai adaptasi film "The Wonderful Story of Henry Sugar" dengan Benedict Cumberbatch sebagai pemeran utama, didampingi oleh Dev Patel, Ben Kingsley, Richard Ayoade, dan Ralph Fiennes. Film ini didistribusikan oleh Netflix.[2][3] Anderson juga mengumumkan bahwa ia akan mengadaptasi "The Swan" untuk Netflix, yang dibintangi oleh Rupert Friend, serta dua cerita pendek lain karya Dahl, yaitu "Poison" dan "The Ratcatcher".[4]

Edisi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mangan, Lucy (16 September 2016). "Scrumdiddlyumptious! My Roald Dahl top 10". The Guardian. Diakses tanggal 10 October 2023. 
  2. ^ Leishman, Rachel (6 January 2022). "Wes Anderson to Direct Roald Dahl's 'The Wonderful Story of Henry Sugar,' Starring Benedict Cumberbatch". Collider. Diakses tanggal 7 January 2022. 
  3. ^ "Wes Anderson to Direct Roald Dahl's 'Wonderful Story of Henry Sugar' for Netflix with Benedict Cumberbatch". IndieWire. 7 January 2022. Diakses tanggal 7 January 2022. 
  4. ^ "Wes Anderson Speaks Out Against Roald Dahl Book Censorship in Venice". Rolling Stone. Diakses tanggal 3 September 2023. 

Templat:Roald Dahl