Tikus Desa dan Tikus Kota

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fabel Aesop (1912), diilustrasikan oleh Arthur Rackham.

Tikus Desa dan Tikus Kota (Inggris: Town Mouse and the Country Mouse) adalah salah satu Fabel Aesop. Kisah tersebut bernomor 352 dalam Perry Index dan jenis 112 dalam indeks cerita rakyat Aarne–Thompson.[1] Seperti beberapa unsur lainnya dalam fabel Aesop, 'tikus kota dan tikus desa' telah menjadi idiom Inggris.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Dalam cerita asli, seekor tikus kota mengunjungi sepupunya di desa. Tikus desa menawari tikus kota dengan hidangan masakan desa yang sederhana. Tikus kota pun menawari dan mengundang tikus desa pergi ke kota untuk sebuah rasa dari "kehidupan sempurna" dan dua saudara sepupu tersebut dilayani seperti para kaisar. Namun, rasa metropolitan yang kaya dan lezat mereka dihadapkan dengan sepasang anjing yang memaksa kedua saudara sepupu tersebut meninggalkan hidangan mereka dan mencari keamanan. Setelah itu, tikus desa memutuskan untuk kembali ke rumah, karena dianggap lebih aman atau, sebagai yang pengkotbah abad ke-13 Odo dari Cheriton katakan, "Aku lebih baik mendapatkan sebiji kacang ketimbang meraih kelimpahan dengan kekhawatiran berkelanjutan".[2]

Cerita tersebut tersebar pada zaman Klasik dan terdapat sebuah versi Yunani awal karya Babrius (Fabel 108).[3] Horace mencantumkannya sebagai bagian dari salah satu satirnya (II.6), mengakhiri kisah tersebut dengan sebuah puisi yang membandingkan kehidupan kota tidaklah lebih enak ketimbang kehidupan di desa.[4] Marcus Aurelius menyinggungnya dalam Meditations buatannya, Buku 11.22; "Pikirkanlah tikus desa dan tikus kota, dan alarm dan kegentaran dari tikus kota".[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ D. L. Ashliman, Town Mouse and Country Mouse: fables of Aarne–Thompson type 112
  2. ^ John C.Jacobs: The Fables of Odo of Cheriton, New York, 1985, p. 87
  3. ^ Michael Gilleland (19 February 2005). "Laudator Temporis Acti: Country Mouse and City Mouse". Laudatortemporisacti.blogspot.com. Diakses tanggal 2013-04-14. 
  4. ^ An online translation. University of Chicago Press. 15 April 2002. Diakses tanggal 2013-04-14. 
  5. ^ "The Internet Classics Archive | The Meditations by Marcus Aurelius". classics.mit.edu. Diakses tanggal 2016-04-15. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait The Town Mouse and the Country Mouse di Wikimedia Commons