The Spectacular Now

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Spectacular Now
The Spectacular Now film.jpg
Poster film The Spectacular Now
SutradaraJames Ponsoldt
ProduserTom McNulty
Shawn Levy
Michelle Krumm
Andrew Lauren
SkenarioScott Neustadter
Michael H. Weber
BerdasarkanThe Spectacular Now
oleh Tim Tharp
PemeranMiles Teller
Shailene Woodley
Brie Larson
Mary Elizabeth Winstead
Bob Odenkirk
Jennifer Jason Leigh
Kyle Chandler
MusikRob Simonsen
SinematografiJess Hall
PenyuntingDarrin Navarro
Perusahaan
produksi
Andrew Lauren Productions
21 Laps Entertainment
Global Produce
DistributorA24[1]
Tanggal rilis
  • 18 Januari 2013 (2013-1-18) (Festival Film Sundance)
  • 2 Agustus 2013 (2013-8-2) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 13 September 2013 (2013-9-13) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
95 menit[2]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$2.5 juta[3]
Pendapatan kotor$6,916,951[4][3]

The Spectacular Now adalah film drama komedi romantis Amerika Serikat tahun 2013 yang disutradarai oleh James Ponsoldt dan diproduseri oleh Tom McNulty, Shawn Levy, Michelle Krumm dan Andrew Lauren. Naskah film ini ditulis oleh Scott Neustadter dan Michael H. Weber berdasarkan novel The Spectacular Now karya Tim Tharp. Film ini dibintangi oleh Miles Teller, Shailene Woodley, Brie Larson, Mary Elizabeth Winstead, Bob Odenkirk, Jennifer Jason Leigh dan Kyle Chandler.

Film The Spectacular Now ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 18 Januari 2013[5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 2 Agustus 2013 secara terbatas dan 13 September 2013 secara luas.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Sutter Keely (Miles Teller) adalah seorang pemuda berusia 18 tahun yang tampan dan terkenal, namun ia suka berpesta dan minum sepanjang tahun seniornya di sekolah menengah. Ketika kekasihnya, Cassidy (Brie Larson), mengetahui bahwa Sutter kehilangan arah dan putus dengannya, Cassidy mulai berkencan dengan Marcus (Dayo Okeniyi), ketua OSIS dan bintang atletik. Sutter kemudian keluar dan mabuk.

Keesokan harinya, Sutter bangun di halaman depan rumah Aimee Finicky (Shailene Woodley), seorang gadis seumurannya yang tidak dikenalnya. Aimee akan berkeliling menjual koran untuk ibunya karena ia juga tidur larut malam sebelumnya. Sutter membantunya dan mereka bersenang-senang. Sutter duduk bersamanya saat makan siang dan memintanya untuk mengajarinya pelajaran geometri di mana ia mendapatkan nilai buruk dari pelajaran itu dan mengetahui bahwa Aimee cerdas, humoris dan menyukai fiksi ilmiah dan komik. Sutter mengajak Aimee ke pesta di mana ia memperkenalkannya kepada beberapa penggemar fiksi ilmiah dan kemudian meminta Cassidy untuk minum bersamanya, namun Marcus tiba menjemput Cassidy. Sutter dan Aimee berjalan-jalan dan mabuk karena botol minum Sutter. Aimee mengaku bahwa ia tidak pernah mabuk sebelumnya, tidak pernah punya kekasih dan tidak berpikir ia bisa kuliah karena ia harus merawat ibunya yang tidak bertanggung jawab. Sutter memberitahu Aimee bahwa ia tidak perlu bertanggung jawab atas ibunya, ia cantik dan para pemuda di pesta menyukainya. Sutter lalu mencium Aimee.

Keesokan harinya, Sutter bangun dan menyadari bahwa ia meminta Aimee untuk datang ke pesta malam sebelumnya. Menghindari pendaftaran kuliahnya, Sutter menghubungi Cassidy, yang mengundangnya. Mereka mabuk di kamar Cassidy, bernostalgia dan Sutter memberitahu bahwa ia senang dengan kehidupannya sendiri yang hidup pada saat itu. Cassidy memberitahu bahwa ia membutuhkan lebih dari itu, ia membutuhkan masa depan yang tidak dapat dilakukan oleh Sutter. Marcus, yang cemburu dengan cara Sutter dan Cassidy bersenang-senang, berseteru dengan Sutter, yang meyakinkan Marcus bahwa Cassidy tidak menginginkan Sutter lagi, namun mungkin Marcus bisa sedikit lebih lunak.

Sutter telah menghindari Aimee, lalu sahabat Aimee, Krystal (Kaitlyn Dever), memperingatkannya untuk tidak menyakiti Aimme. Sutter menjemput Aimee untuk makan malam di rumah kakaknya, Holly (Mary Elizabeth Winstead), yang menikahi seorang pengacara kaya dan menjadi seorang ibu rumah tangga. Saat makan malam, Aimee berbicara terus terang tentang kematian ayahnya akibat overdosis dan impiannya tentang pernikahan yang sempurna. Sutter dan Aimee menjadi lebih serius. Aimee mengajak Sutter untuk melakukan hubungan intim di kamar Aimee. Setelah itu, Sutter mengaku bahwa ibunya mengusir ayahnya ketika ia masih kecil dan melarangnya bertemu dengan ayahnya. Mereka membuat kesepakatan untuk melawan ibu mereka. Sutter membelikan botol minum untuk Aimee sebagai hadiah di pesta sehingga mereka bisa minum bersama. Aimee terlalu malu untuk berdansa sehingga Sutter berdansa dulu dengan Cassidy dan mereka adalah pusat perhatian, namun kemudian Sutter mengajak Aimee untuk berdansa. Malam berjalan dengan baik dan Aimee memberitahu Sutter bahwa ia akan kuliah di Philadelphia di mana kakak Aimee tinggal di sana dan dapat membantunya menemukan apartemen dan pekerjaan di toko buku. Aimee meminta Sutter untuk ikut dengannya dan pergi ke universitas di sana.

Sutter mendapatkan nomor telepon ayahnya, Tommy (Kyle Chandler), dari Holly dan mengatur pertemuan untuk melihat pertandingan bisbol seperti dulu dengan membawa Aimee. Tommy telah lupa tentang rencana mereka dan malah membawa mereka ke kedai lokal, lalu Tommy mengusir mereka ketika ia menjemput seorang wanita di kedai. Tommy meminta mereka untuk membayarnya dan menemuinya kembali di motel, namun ketika Tommy tidak muncul, mereka menemukan Tommy masih di kedai dan minum bersama teman-temannya sehingga mereka pulang ke rumah. Aimee mencoba untuk menenangkan Sutter dan memberitahu bahwa Aimee mencintainya, namun Sutter yang marah dan mabuk membentak Aimee. Setelah nyaris menyebabkan kecelakaan, Sutter memberitahu Aimee bahwa ia tidak baik untuk Aimee dan memaksa Aimee keluar dari mobil di mana Aimee diserempet oleh sebuah mobil yang lewat. Untungnya, lengan Aimee patah dan ia memaafkan Sutter atas insiden itu.

Setelah lulus, Sutter menolak tawaran Aimee untuk minum. Cassidy memberitahu Sutter bahwa ia akan pergi ke California bersama Marcus. Sutter menyarankan bahwa ia mungkin mengunjunginya, namun Cassidy memberitahu bahwa itu adalah ide yang buruk. Cassidy memeluknya, mengucapkan selamat tinggal dan memberitahu Sutter bahwa Sutter akan selalu menjadi mantan kekasih favoritnya. Atasan Sutter, Dan (Bob Odenkirk) memberitahunya bahwa Dan harus mengeluarkan beberapa staf. Dan sebenarnya ingin mempertahankan Sutter karena ia dapat berhubungan baik dengan para pelanggannya, namun hanya jika Sutter berhenti mabuk. Sutter memberitahu bahwa ia tidak bisa menjanjikan hal itu dan keluar dari pekerjaannya. Sutter kemudian melewati Aimee, yang menunggunya dengan bis ke Philadelphia, meninggalkan Aimee yang patah hati. Sutter menuju ke kedai dan menjelaskan kepada sesama pengunjung bahwa Sutter melakukannya demi kebaikan Aimee sendiri. Sutter pulang ke rumah dalam kondisi mabuk, menabrak kotak surat rumahnya dan berseteru dengan ibunya (Jennifer Jason Leigh). Sutter memberitahu ibunya bahwa ia melihat ayahnya dan ia mirip seperti ayahnya. Ibunya memberitahu Sutter bahwa ia tidak seperti ayahnya sama sekali karena Sutter memiliki hati yang baik. Sutter menilai kembali dirinya dan akhirnya menyelesaikan riwayat pribadi untuk pendaftaran kuliahnya meskipun ia mengetahui bahwa sudah terlambat untuk mendaftarkan kuliahnya. Sutter mengaku bahwa masalah terbesarnya adalah dirinya sendiri, takut gagal dan terluka. Sutter akhirnya pergi ke Philadelphia dan menemukan Aimee ketika Aimee meninggalkan kelas. Sutter menatap Aimee dengan penuh harap, lalu Aimee menahan senyum ketika ia melihat Sutter.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Spectacular Now mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 92%, berdasarkan 156 ulasan, dengan rating rata-rata 7.8/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 82 dari 100, berdasarkan 42 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[8]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film The Spectacular Now mendapatkan $6,852,971 di Amerika Utara dan $63,980 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $6,916,951, melebihi anggaran produksi film $2.5 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $197,415, menempati posisi ke-30 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $704,950, menempati posisi ke-17 di box office.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fleming, Mike (January 21, 2013). "Sundance: A24 Buys 'The Spectacular Now'". Deadline.com. Diakses tanggal July 17, 2013. 
  2. ^ "The Spectacular Now (2013)". Australian Government Department of Communications and the Arts. Diakses tanggal May 23, 2018. 
  3. ^ a b c "The Spectacular Now (2013)". The Numbers. Diakses tanggal March 7, 2014. 
  4. ^ a b "The Spectacular Now (2013)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 7, 2014. 
  5. ^ Gibbs, Ed (January 29, 2013). "Sundance film festival 2013: The Spectacular Now – first look review". The Guardian. Diakses tanggal May 23, 2018. 
  6. ^ Hamaker, Christian (August 9, 2013). "Spectacular Now Reboots Teen Romance Genre with Strong Acting, Message". Crosswalk.com. Diakses tanggal May 23, 2018. 
  7. ^ "The Spectacular Now (2013)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  8. ^ "The Spectacular Now reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]