The Lucky One

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Lucky One
The Lucky One Poster.jpg
Poster Film The Lucky One
SutradaraScott Hicks
ProduserDenise Di Novi
Kevin McCormick
SkenarioWill Fetters
BerdasarkanThe Lucky One
oleh Nicholas Sparks
PemeranZac Efron
Taylor Schilling
Blythe Danner
Jay R. Ferguson
MusikMark Isham
SinematografiAlar Kivilo
PenyuntingScott Gray
Perusahaan
produksi
Village Roadshow Pictures
Di Novi Pictures
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 19 April 2012 (2012-04-19)
Durasi
100 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$25 juta[2]
Pendapatan kotor$99,357,138[3]

The Lucky One adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2012 yang disutradarai oleh Scott Hicks dan diproduseri oleh Denise Di Novi dan Kevin McCormick. Berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Nicholas Sparks tahun 2008, film ini dibintangi oleh Zac Efron, Taylor Schilling, Blythe Danner, dan Jay R. Ferguson.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Keputusan Logan Thibault (Zac Efron) saat memungut sebuah foto yang menyilaukan matanya kala disinari matahari tak disangka membawa keberuntungan di medan perang. Hanya selang beberapa detik setelah ia memungut foto tersebut, bekas tempatnya berdiri tadi meledak. Tiga rekannya sesama prajurit Angkatan Laut Amerika Serikat tewas seketika. Logan sendiri pingsan. Begitu terbangun, ia mendapati dirinya berada di bangsal rumah sakit. Prajurit yang merawatnya menyerahkan foto wanita yang menyebabkannya luput dari bom. Lelaki itu menyarankan agar Logan mencari wanita di foto itu sekadar untuk mengucapkan terima kasih ketika kembali ke Amerika Serikat nanti. Lalu, Logan melanjutkan tugasnya sebagai prajurit. Ia kini berpatroli sambil mengendarai tank baja bersama rekannya yang lain. Sambil patroli, rekannya berseloroh agar Logan segera mencari dan mendapatkan wanita di foto itu. Saat bercanda itu, bom kembali meledak dan lagi-lagi Logan selamat.

Setelah bertugas di medan perang, Logan kembali ke Colorado, Amerika Serikat. Namun ia tak berlama-lama di rumah, karena ia ingin menyusuri keberadaan wanita misterius di foto itu. Salah satu petunjuk yang ia dapat, hanya lokasi mercusuar tempat si wanita berfoto. Logan menemukan mercusuar itu dengan berjalan kaki dari Colorado ke Louisiana dan akhirnya menemukan lokasi di mana wanita dalam foto itu tinggal.

Logan tiba di sebuah tempat pelatihan anjing. Kehadiran Logan langsung disambut baik oleh Beth Green (Taylor Schilling), yang ternyata adalah wanita yang di dalam foto, karena dikiranya Logan akan menyerahkan anjingnya, Zeus, untuk dilatih. Logan hanya mengikut saja ketika dibawa masuk. Sementara Beth tetap terus berbicara, tidak menyediakan ruang bagi Logan untuk berbicara dan membuat Logan bingung. Kebingungan Logan diartikan oleh Beth kalau Logan sedang mencari pekerjaan, dan kebetulan ia memang membutuhkan seorang pelatih anjing. Namun saat Logan mengatakan ia berjalan kaki dari Colorado ke Louisiana, Beth mengira ia gila. Hal itu segera ia beritahukan pada neneknya, Ellie (Blythe Danner). Dugaan Beth menurut neneknya tak mendasar, dan Logan pun diterima sebagai pelatih anjing di tempat Beth.

Sejak saat itu, Logan resmi tinggal di sebuah rumah yang tak terpakai. Logan langsung membersihkan rumah, memperbaiki atap yang lepas pakunya, memperbaiki mobil, dan lain-lain. Keahlian yang dimilikinya itu membuat Ellie simpatik. Keakraban di antara mereka berdua berjalan baik, tetapi Beth masih tetap menjaga jarak dengan Logan. Sampai suatu hari, Beth bertemu dengan mantan suaminya, Keith Clayton (Jay R. Ferguson), yang bekerja sebagai polisi. Sebagai seorang polisi, ia berlagak di depan Logan yang dikiranya adalah seorang pengacau di rumah mantan istrinya. Setelah melihat tanda pengenal Logan yang rupanya adalah seorang prajurit Angkatan Laut, ia pun pergi dengan masih mengancam.

Waktu berlalu, dan Logan kini akrab dengan putra tunggal Beth, Ben (Riley Thomas Stewart). Kepandaian Logan bermain piano dan kepandaian Ben bermain biola membuat mereka berdua tampil kompak di acara kebaktian gereja. Keakraban itu membuat Logan makin akrab dengan Beth, dan hubungan terlarang pun terjadi di antara keduanya. Keith mencium gelagat itu dan rasa cemburu membakar hatinya. Ia makin kesal karena Beth tak mau rujuk dengannya. Ia pun mengancam akan mengambil hak asuh Ben darinya. Lantas Beth bingung antara harus melepaskan Logan, pria yang kini dicintainya atau berpisah dengan putranya.

Ketika Beth pergi ke rumah Keith untuk mengantarkan Ben, Beth mengatakan pada Keith bahwa ia tak peduli dengan ancaman Keith. Segera setelah itu, ia pergi ke rumah Logan dan melakukan hubungan terlarang. Sementara Keith berupaya mencari cara agar Logan dan Beth berpisah. Beberapa hari kemudian, selama Logan dan Beth bersama, Keith mengobrak-abrik rumah Logan dan ia menemukan foto Beth yang disembunyikan di bawah buku di meja. Malam harinya, ia mengunjungi Beth dan memberitahukan bahwa saudara Beth, Drake "Aces" Green (Kendal Tuttle), meninggal karena Logan dan Logan memiliki foto Beth. Hal ini membuat Beth sangat sedih dan kecewa pada Logan. Sementara Logan, yang pulang ke rumahnya, melihat rumahnya berantakan dan mengetahui foto Beth hilang, sehingga Logan bergegas ke rumah Beth, tetapi Beth sedih dan kecewa karena Logan berbohong padanya tentang Drake dan meminta Logan untuk pergi.

Keesokan harinya, Keith, yang masih berulah, berkelahi dengan Logan saat Logan membeli buah di pasar. Puncaknya ketika Keith datang ke rumah Beth dalam keadaan tak stabil di malam harinya. Keith meminta Beth untuk rujuk kembali, tetapi Beth menolaknya, sehingga Keith melampiaskan kemarahannya pada Beth, dan pertengkaran mereka membuat Ben takut dan ia lari ke rumah pohon. Hujan lebat yang mengguyur malam itu membuat arus sungai yang memisahkan rumah Beth dengan rumah pohon menjadi deras dan memutuskan satu-satunya jembatan gantung yang ada di sana. Keith, yang melihat Ben tersangkut di jembatan gantung, segera lari dan mendapati Ben hampir terseret arus sungai yang deras. Ia berhasil memegangi Ben, sementara rumah pohon akan tumbang. Logan yang datang segera berenang dan berhasil memegangi Ben, lalu membawanya ke tepi, sementara Beth berteriak dan menangis memanggil Ben. Malang bagi Keith, rumah pohon jatuh tepat di atas kepalanya dan terseret arus sungai.

Kembali ke rumah, Beth berterima kasih kepada Logan untuk menyelamatkan putranya. Logan memberitahukan ia ada di medan perang dan tahu apa yang terjadi pada saudaranya. Ia mengatakan Beth bahwa ia melihat salah satu dari rekan Drake yang terluka, dan Drake menyelamatkannya, membayarnya dengan nyawanya. Logan meyakinkan Beth bahwa saudaranya tidak mati sia-sia. Logan berjalan keluar, Beth berlari dan meminta Logan untuk tinggal bersamanya. Adegan terakhir menunjukkan Logan, Beth, Zeus, dan Ben, pada hari ulang tahun Ben yang kesembilan, Ben mengemudikan kapal melalui keindahan delta Louisiana.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Zac Efron sebagai Logan Thibault
  • Taylor Schilling sebagai Beth Green
  • Blythe Danner sebagai Ellie
  • Jay R. Ferguson sebagai Keith Clayton
  • Riley Thomas Stewart sebagai Ben Clayton
  • Adam LeFevre sebagai Hakim Clayton
  • Ann McKenzie sebagai Charlotte Clayton
  • Joe Chrest sebagai Deputi Moore
  • Jillian Batherson sebagai Amanda
  • Whitney Forsythe sebagai kakak Logan
  • Russell Durham Comegys sebagai Roger Lyle
  • Robert Hayes sebagai Victor Miles
  • Cameron Banfield sebagai Younger Marine
  • Kendal Tuttle sebagai Drake "Aces" Green
  • Sharon Morris sebagai kepala sekolah Miller

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Website Rotten Tomatoes menilai negatif The Lucky One dengan rating 20% berdasarkan 134 review dan nilai rata-rata 4.2/10. Konsensus kritik menyatakan bahwa ketika memberikan beberapa unsur utama dari melodrama yang "lari dari kenyataan", The Lucky One mengandalkan terlalu banyak klise yang sentimental untuk menarik siapa pun yang tidak akrab dengan kisah Nicholas Sparks.[4] Metacritic memberikan nilai 39 berdasarkan 35 review, menunjukkan review yang "tidak baik pada umumnya".[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

The Lucky One mendapatkan USD 22,515,358 dalam pembukaan akhir pekan, menempati posisi kedua box office di belakang film Think Like a Man pada tanggal 8 Juli 2012. Film ini mendapatkan USD 60,4 juta di Amerika Utara dan USD 38,9 juta di negara lain, sehingga total pendapatan yang dihasilkan di seluruh dunia mencapai USD 99,357,138.[3]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil
2012 Golden Trailer Awards Best Romance "Find You" Nominasi
Best Romance Poster "One Sheet" Menang
Best Romance TV Spot "Reveal" Nominasi
Teen Choice Awards[6] Choice Movie Actor: Drama Zac Efron Menang
Choice Movie Actor: Romance Zac Efron Menang
Choice Movie Actress: Romance Taylor Schilling Nominasi
Choice Movie: Drama The Lucky One Menang
Choice Movie: Liplock Zac Efron/Taylor Schilling Nominasi
Choice Movie: Romance The Lucky One Nominasi
2013 People's Choice Awards Favorite Dramatic Movie The Lucky One Nominasi
Favorite Dramatic Movie Actor Zac Efron Menang
Young Artist Awards[7] Best Performance in a Feature Film - Leading Young Actor Ten and Under Riley Thomas Stewart Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "THE LUCKY ONE". British Board of Film Classification. Diakses tanggal April 24, 2012. 
  2. ^ Kaufman, Amy (April 19, 2012). "Movie Projector: Zac Efron or Steve Harvey will beat 'The Hunger Games'". Los Angeles Times. Diakses tanggal April 24, 2012. 
  3. ^ a b "The Lucky One (2012)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal May 26, 2012. 
  4. ^ "The Lucky One". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal May 24, 2012. 
  5. ^ "The Lucky One". Metacritic. Diakses tanggal May 24, 2012. 
  6. ^ "Teen Choice Award Nominees 2012". The Huffington Post. May 18, 2012. Diakses tanggal May 19, 2012. 
  7. ^ "34th Annual Young Artist Awards". YoungArtistAwards.org. Diakses tanggal 2013-03-31. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]