The House of the Rising Sun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

"The House of the Rising Sun" adalah sebuah lagu rakyat, yang kadang-kadang disebut "Rising Sun Blues". Lagu ini bercerita tentang kehidupan yang menjadi kacau di New Orleans; banyak versi juga berisi anjuran seseorang kepada saudaranya agar menghindari nasib yang sama. Versi komersial yang paling sukses, tercatat pada tahun 1964 oleh grup rock Britania The Animals, yang menduduki tempat nomor satu di UK Singles Chart dan juga di Amerika Serikat dan Prancis.[1] Sebagai lagu rakyat tradisional yang direkam oleh band rock elektrik, lagu ini digambarkan sebagai "hit folk-rock pertama".

Asal usul dan versi awal[sunting | sunting sumber]

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Seperti banyak balada klasik rakyat, "The House of the Rising Sun" tidak diketahui siapa penulis aslinya. Para musikolog mengatakan bahwa lagu itu didasarkan pada tradisi balada yang luas, dan secara tematis ia memiliki beberapa kemiripan dengan balada The Unfortunate Rake abad ke-16 .[2] Menurut Alan Lomax, "Rising Sun" digunakan sebagai nama rumah bordil tradisional dalam dua lagu bahasa Inggris, dan juga merupakan nama untuk sebuah rumah minum Inggris. Lebih lanjut Ia mengemukakan bahwa melodinya mungkin terkait dengan lagu rakyat abad ke-17, "Lord Barnard and Little Musgrave", yang juga dikenal sebagai "Matty Groves", namun sebuah survei yang dilakukan oleh Bertrand Bronson menunjukkan tidak ada hubungan yang jelas antara kedua lagu itu.[3] Lomax mengusulkan bahwa lokasi rumah itu kemudian dipindahkan dari Inggris ke New Orleans oleh para artis kulit putih selatan. Namun, Vance Randolph mengusulkan sebuah alternatif asal Prancis, "rising sun" mengacu pada penggunaan dekoratif dari lambang semburan sinar matahari yang berasal dari masa Louis XIV, yang dibawa ke Amerika Utara oleh para imigran Prancis.

"House of Rising Sun" konon sudah dikenal oleh para buruh tambang pada tahun 1905. Versi tertua yang diterbitkan dari lirik ini adalah yang dicetak oleh Robert Winslow Gordon pada tahun 1925, dalam sebah kolom "Lagu-lagu Lama yang telah Dinyanyikan Orang" dalam Adventure Magazine.[4] Lirik lagu versinya dimulai demikian:[5]

There is a house in New Orleans, it's called the Rising Sun

It's been the ruin of many a poor girl
Great God, and I for one

Rekaman tertua lagu ini yang dikenal, dengan judul "Rising Sun Blues", dibawakan oleh artis Appalachia Clarence "Tom" Ashley dan Gwen Foster, yang direkam untuk Vocalion Records pada 6 September 1933.[6] Ashley mengatakan ia telah belajar dari kakeknya, Enoch Ashley. Roy Acuff, "seorang teman di masa awal dan seorang karyawan magang" dari Ashley, belajar dari dia dan merekamnya sebagai "Rising Sun" pada 3 November 1938. Beberapa rekaman lagu blues yang lebih tua dengan judul serupa yang tidak berhubungan, misalnya, "Rising Sun Blues" oleh Ivy Smith (1927) dan "The Risin' Sun" oleh Texas Alexander (1928).[7]

Lagu itu termasuk lagu-lagu yang dikumpulkan oleh pakar cerita rakyat Alan Lomax, yang, bersama dengan ayahnya, adalah seorang kurator Arsip Lagu Rakyat Amerika untuk Library of Congress. Dalam sebuah ekspedisi dengan istrinya ke kawasan timur Kentucky, Lomax menyiapkan peralatan rekamannya di Middlesboro, Kentucky, di rumah penyanyi dan aktivis Tilman Cadle. Pada tahun 1937 ia mencatat sebuah pertunjukan oleh Georgia Turner, putri seorang penambang lokal yang berusia 16 tahun. Ia menyebutnya The Rising Sun Blues. Lomax kemudian merekam versi yang berbeda yang dinyanyikan oleh Bert Martin dan yang ketiga dinyanyikan oleh Daw Henson, keduanya penyanyi dari Kentucky timur. Pada tahun 1941 buku nyanyian Our Singing Country, Lomax menyebutkan bahwa liriknya dibuat oleh Turner, dengan mengacu kepada versi Martin.

Versi Awal Folk dan Blues[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1941, Woody Guthrie merekam versinya. Rekaman yang dibuat pada tahun 1947 oleh Josh White, yang juga dikreditkan sebagai penulis kata-kata dan musik baru yang kemudian telah dipopulerkan dalam versi yang dibuat oleh banyak seniman kemudian, dirilis oleh Mercury Records pada tahun 1950. White belajar lagu itu dari "penyanyi kulit putih pedesaan", mungkin di Ashley, di North Carolina di 1923-1924. Lead Belly merekam dua versi dari lagu ini, di bulan Februari 1944, dan pada bulan Oktober 1948, yang disebut "New Orleans" dan "House of the Rising Sun", masing-masing; yang terakhir direkam dalam sesi yang kemudian digunakan pada album Lead Belly's Last Session (1994, Smithsonian Folkways).

Pada tahun 1957 Glenn Yarbrough merekam lagu ini untuk Elektra Records. Lagu ini menyebutkan Ronnie Gilbert sebagai sumbernya pada album oleh The Weavers yang dirilis pada akhir tahun 1940-an atau awal 1950-an. Pete Seeger merilis sebuah versinya pada Folkways Records pada tahun 1958, yang dirilis ulang oleh Smithsonian Folkways pada tahun 2009. Andy Griffith merekam lagu ini pada album tahun 1959 Andy Griffith Shouts the Blues and Old Timey Songs. Pada tahun 1960 Miriam Makeba merekam lagu ini dalam album RCA yang diberi nama sesuai nama penyanyinya sendiri.

Joan Baez merekamnya pada tahun 1960 pada album debutnya dengan judul namany sendiri; dia sering membawakan lagu ini pada konser sepanjang kariernya. Nina Simone merekam versi pertamanya untuk album Nina at the Village Gate pada tahun 1962. Tim Hardin menyanyikannya pada This is Tim Hardin, direkam pada tahun 1964 tapi baru dirilis pada tahun 1967.[8] The Chambers Brothers merekam sebuah versinya pada Feelin' the Blues, yang dirilis oleh Vault records (1970).

Aransemen Van Ronk[sunting | sunting sumber]

Pada akhir 1961, Bob Dylan merekam lagu ini untuk album debutnya, yang dirilis pada bulan Maret 1962. Rilis yang tidak memiliki kredit penulisan lagu, tapi sebuah catatan menunjukkan bahwa Dylan belajar versi lagu dari Dave Van Ronk. Dalam sebuah wawancara untuk film dokumenter No Direction Home, Van Ronk mengatakan bahwa ia berniat untuk merekam lagu dan bahwa Dylan menyalin versinya. Van Ronk merekamnya segera setelah itu untuk album Just Dave Van Ronk.

Saya telah mempelajarinya di suatu waktu pada tahun 1950-an, dari sebuah rekaman oleh Hally Wood, penyanyi dan kolektor Texas, yang mendapatkannya dari sebuah rekaman lapangan dari Alan Lomax oleh seorang perempuan Kentucky yang bernama Georgia Turner. Saya mengubahnya dengan mengganti akornya dan menggunakan sebuah dasar bas yang menurun dalam setengah langkah—sebuah progresi yang cukup lazim dalam jazz, tapi tidak biasa di antara para penyanyi rakyat. Pada awal 1960an, lagunya menjadi salah satu lagu saya yang paling terkenal, dan saya hampir tidak bisa turun dari panggung bila tidak membawakannya.[9]

— Saya telah mempelajarinya di suatu waktu pada tahun 1950-an, dari sebuah rekaman oleh Hally Wood, penyanyi dan kolektor Texas, yang mendapatkannya dari sebuah rekaman lapangan dari Alan Lomax oleh seorang perempuan Kentucky yang bernama Georgia Turner. Saya mengubahnya dengan mengganti akornya dan menggunakan sebuah dasar bas yang menurun dalam setengah langkah—sebuah progresi yang cukup lazim dalam jazz, tapi tidak biasa di antara para penyanyi rakyat. Pada awal 1960an, lagunya menjadi salah satu lagu saya yang paling terkenal, dan saya hampir tidak bisa turun dari panggung bila tidak membawakannya.

Versi The Animals[sunting | sunting sumber]

"The House of the Rising Sun"
Berkas:Rising sun animals US.jpg
Singel oleh The Animals
dari album The Animals
Sisi-B "Talkin' 'bout You"
Dirilis 19 Juni 1964 (1964-06-19) (UK) Agustus 1964 (USA)
Format 7-inch single
Direkam 18 Mei 1964
Genre Folk rock
Panjang 2:59, 4:29
Label Columbia Graphophone
Pencipta Tradisional, aransemen oleh Alan Price
Produser Mickie Most
Kronologi singel The Animals

"Baby Let Me Take You Home"
(1964)
"House of the Rising Sun"
(1964)
"I'm Crying"
(1964)

Wawancara dengan Eric Burdon mengungkapkan bahwa ia pertama kali mendengar lagu ini di sebuah klub di Newcastle, Inggris; lagu itu dinyanyikan oleh penyanyi folk Northumbria Johnny Handle. The Animals sedang mengadakan tur bersama Chuck Berry dan memilih lagu itu karena mereka ingin sesuatu yang khas untuk dinyanyikan.

Versi The Animals mengubah penuturan lagu itu dari sudut pandang seorang wanita yang hidupnya mengalami kehancuran kepada sebuah kehidupan seorang laki-laki yang memiliki ayah yang kini menjadi penjudi dan pemabuk, jadi bukn seorang kekasih seperti dalam versi sebelumnya.

The Animals telah mulai menampilkan aransemen mereka atas "House of the Rising Sun" selama sebuah tur konser bersama dengan Chuck Berry, menggunakannya sebagai nomor penutupan untuk membedakan diri dari pertunjukan lainnya yang selalu ditutup dengan rockers straight.[10] Hal ini mendapat reaksi yang luar biasa dari penonton, yang meyakinkan produser Mickie Most, yang sebelumnya ragu, bahwa lagu ini memiliki potensi, dan dalam salah satu waktu istirahatnya, grup itu pergi ke sebuah studio rekaman kecil di Kingsway di London untuk merekamnya.

Rekaman dan rilis[sunting | sunting sumber]

Lagu itu direkam di salah satu mengambil pada 18 Mei 1964,[11] dan itu dimulai dengan sekarang terkenal gitar listrik akord minor arpeggio oleh Hilton Valentine. Menurut Valentine, ia hanya mengambil Dylan urutan akord dan bermain sebagai sebuah arpeggio.[12] kinerja mengambil off dengan Burdon ini memimpin vokal, yang telah digambarkan sebagai "melolong," "soulful,"[13] dan sebagai "...dalam dan serak seperti utara-timur inggris batubara kota Newcastle yang melahirkan dia." Akhirnya, Alan Price's berdenyut organ bagian (dimainkan pada Vox Continental) melengkapi suara. Burdon kemudian mengatakan, "Kami sedang mencari untuk sebuah lagu yang akan menarik perhatian orang."[14]

Sesuai rekamannya, "House of the Rising Sun" berlansung empat setengah menit, dan itu dianggap terlalu lama untuk sebuah single pop pada waktu itu. Produser Most, yang awalnya tidak benar-benar ingin merekam lagu, mengatakan bahwa pada kesempatan ini – "Semuanya berada di tempat yang tepat ... Hanya butuh waktu 15 menit untuk membuatnya sehingga saya tidak bisa mengambil banyak kredit untuk produksinya"[15] – namun sekarang saya menjadi yakin dan menyatakan bahwa ini adalah sebuah rekaman tunggal dalam ukurannya yang penuh, dan mengatakan "Kita berada di dunia microgroove sekarang, kita akan melepaskannya."

Namun di Amerika Serikat, rekaman tunggal aslinya (MGM 13264) adalah versi 2:58. MGM Golden Circle menerbitkan ulang (KGC 179) sebuah versi tanpa diedit yang panjangnya 4:29 menit, meskipun label rekamannya menulis waktu mainnya 2:58 menit. Versi suntingan dimasukkan dalam album debut kelompok di AS pada 1964 The Animals, sedangkan versi lengkapnya kemudian dimasukkan dalam album terlaris AS mereka pada tahun, The Best of the Animals. Namun, rilis Amerika pertama versi lengkapnya muncul dalam album 1965 album dari berbagai kelompok yang berjudul Mickie Most Presents British Go-Go (MGM SE-4306), yang versinya, dengan judul "House of the Rising Sun" menggambarkannya sebagai "Versi asli tanpa potongan." Orang Amerika juga bisa mendengar versi lengkapnya dalam film Go Go Mania pada musim semi tahun 1965.

"House of the Rising Sun" tidak disertakan pada setiap album kelompok Britania ini, tapi ia diterbitkan kembali sebagai singel dua kali dalam beberapa dasawarsa berikutnya, mencatat rekor nomor 25 tahun 1972 dan nomor 11 pada tahun 1982.

Versi The Animals dimainkan dengan ketukan 6/8, bukan 4/4 seperti kebanyakan versi sebelumnya. Kredit aransemennya hanya diberikan kepada Alan Price. Menurut Burdon, ini semata-mata karena tidak ada cukup ruang untuk kelima anggota band itu di label rekamannya, dan Alan Price adalah nama pertama dalam abjad. Namun, ini berarti bahwa hanya Price yang menerima royalti penulis lagu untuk hitnya, sebuah kenyataan yang telah menyebabkan kepahitan sejak itu, terutama dengan Valentine.[16]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

"House of the Rising Sun" menjadi hit trans-Atlantik: setelah mencapai puncak UK pop singles chart pada bulan Juli tahun 1964, ia menduduki grafik AS single pop dua bulan kemudian, pada tanggal 5 September 1964, dan bertahan selama tiga minggu,[17] ia menjadi British Invasion nomor satu yang pertama yang tidak berhubungan dengan The Beatles.[18] Ini adalah hit terobosan kelompok di kedua negara dan menjadi lagu khas mereka.[19] Lagu ini juga sukses di sejumlah negara lain, termasuk Irlandia; di sana mencapai Nomor 10 dan turun dari tangga lagu-lagu satu minggu kemudian.

Bob Dylan mengatakan ia pertama kali mendengar versi The Animals pada radio mobilnya dan "melompat keluar dari kursi mobil" karena dia sangat menyukainya, tetapi ia berhenti memainkan lagu itu setelah rekaman The Animals menjadi hit karena penggemarnya menuduhnya melakukkan plagiarisme.[butuh rujukan] Dave Van Ronk mengatakan bahwa versi The Animals—seperti versi Dylan sebelumnya—didasarkan pada aransemen lagu tersebut.[20]

Dave Marsh menggambarkan versi The Animals dalam "House of the Rising Sun" sebagai "...hit folk-rock pertama," yang kedengaran "...seolah-olah mereka menghubungkan lagu kuno itu dengan sebuah kabel hidup."[21] Penulis Ralph McLean dari BBC setuju bahwa "Itu bisa dibilang folk rock tune pertama," menyebutnya "revolusioner tunggal", setelah itu "wajah musik modern telah berubah selamanya."[22]

Versi The Animals atas lagu ini diakui sebagai salah satu klasik dari musik pop Inggris. Penulis Lester Bangs memberikannya label "aransemen ulang yang brilian" dan "penafsiran standar baru atas komposisi lagu lama."[23] Ia menduduki peringkat nomor 122 di majalah Rolling Stone dalam daftar "500 Greatest Songs of All Time". Ia juga menjadi salah satu dari Rock and Roll Hall of Fame "500 Lagu Yang Membentuk Rock and Roll". RIAA memberinya peringkat nomor 240 pada daftar mereka dari "Songs of the Century". Pada tahun 1999 lagu ini menerima Grammy Hall of Fame Award. Lagu ini sejak lama menjadi pokok dari format radio oldies dan klasik rock. Sebuah jajak pendapat oleh Channel Five pada 2005 menempatkannya sebagai lagu favorit nomor satu Britania.

Versi Frijid Pink[sunting | sunting sumber]

"House of the Rising Sun"
Berkas:The House of the Rising Sun Frijid.png
Singel oleh Frijid Pink
dari album Frijid PinkFrijid Pink
Sisi-B "Drivin' Blues"
Dirilis Maret 1970 (1970-03)
Format 7-inch single
Genre Psychedelic rock
Panjang 4:44 (album)
3:23 (single)
Label Parrot Records
Pencipta Tradisional, aransemen oleh Alan Price
Produser Michael Valvano
Kronologi singel Frijid Pink

"House of the Rising Sun"
(1970)
"Sing a Song for Freedom"
(1970)

Pada tahun 1969, band Detroit Frijid Pink merekam versi psikedelik "House of the Rising Sun", yang menjadi hit internasional pada tahun 1970. Versi mereka menggunakan waktu 4/4 (seperti versi Van Ronk dan sebagian besar versi sebelumnya, bukannya 6/8 yang digunakan oleh the Animals) dan didorong oleh gitar Gary Ray Thompson yang terdistorsi dengan efek fuzz and wah-wah, yang dipasang dengan latar dentaman drum Richard Stevers.[24]

Menurut Stevers, rekaman Frijid Pink "House of the Rising Sun" itu dilakukan dadakan ketika ada waktu yang tersisa pada sesi rekaman yang dipesan untuk kelompok itu di Studio Rekaman Tera Shirma. Stevers kemudian memainkan potongan dari sesi ini lagu untuk Paul Cannon, direktur musik dari stasiun radio rock utama Detroit, WKNR; keduanya saling kenal, karena Cannon adalah ayah dari pacar Stevers. Stevers ingat, "Kami meninjau keseluruhannya dan [dan Cannon] tidak banyak bicara. Kemudian 'House [of the Rising Sun]' mulai dan aku segera mematikannya karena saya tidak ingin dia mendengarnya." Namun, Cannon tertarik dan meminta Stevers memainkan tracknya yang lengkap untuk dia, kemudian menasihati Stevers, "Katakan Parrot [Frijid Pink label] untuk melepaskan God Gave Me You [singel grup itu saat itu] dan memakai yang satu ini saja."[25]

"House of the Rising Sun" Frijid Pink menempati no. 29 di parade hit WKNR pada tanggal 6 Januari 1970 dan merebak secara nasional setelah tujuh minggu—selama itu pula lagu tersebut tiga kali muncul di radio —dengan debut ke-73 di Hot 100 di Billboard tanggal 27 Debruari 1970 (nomor 97 di Kanada pada 31 Januari 1970) dan berikutnya selama tiga minggu mendaki ke Top 30 ke puncak Hot 100 dari nomor 7 pada tanggal 4 April 1970. Sertifikasi Frijid Pink single "House of the Rising Sun" sebagai rekaman emas untuk penjualan domestik yang mencapai satu juta unit dilaporkan dalam edisi Billboard tanggal 30 Mei 1970.

Singel Frijid Pink atas "House of the Rising Sun" memberikan lagu itu sukses internasional yang paling luas, dengan status Top Ten di Austria (nomor 3), Belgia (wilayah Flemish, nomor 6), Kanada (nomor 3), Denmark (nomor 3), Jerman (dua minggu di nomor 1), Yunani, Irlandia (nomor 7), Israel (nomor 4), Belanda (nomor 3), Norwegia (tujuh minggu di nomor 1), Polandia (nomor 2), Swedia (nomor 6), Swiss (nomor 2) dan INGGRIS (nomor 4). Singel ini juga mencetak rekor di Australia (nomor 14), Perancis (nomor 36), dan Italia (nomor 54).

Grafik Country Billboard[sunting | sunting sumber]

"The House of the Rising Sun"
Berkas:The House of the Rising Sun - Dolly Parton.jpg
Singel oleh Dolly Parton
dari album 9 to 5 and Odd Jobs
Sisi-B "Workin' Girl"
Dirilis September 1981 (1981-09)
Format 7-inch single
Direkam November 1980
Genre Country pop
Panjang 4:02
Label RCA
Pencipta Traditional
Produser Mike Post
Kronologi singel Dolly Parton

"But You Know I Love You"
(1981)
"House of the Rising Sun"
(1981)
"Single Women"
(1982)

Lagu ini telah dua kali menjadi rekor hit di grafik country Billboard.

Versi Jody Miller[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1973, versi Jody Miller mencapai nomor 29 pada grafik country dan nomor 41 pada grafik adult contemporary.

Versi Dolly Parton[sunting | sunting sumber]

Pada bulan September 1981, Dolly Parton merilis sebuah cover dari lagu ini sebagai single ketiga dari albumnya 9 to 5 and Odd Jobs. Seperti hit country Miller sebelumnya, Parton membuat ulang lagu aslinya dengan lirik tentang seorang wanita yang jatuh. Versi Parton membuatnya cukup terus terang, dengan beberapa baru baris liriknya yang ditulis oleh Parton. Buatan ulang Parton mencapai nomor 14 di grafik country singel AS dan mencapai grafik pop; di sana mencapai nomor 77 di Billboard Hot 100, ia juga mencapai angka 30 pada grafik adult contemporary AS. Parton pernah sesekali membawakan lagu ini secara langsung, yang paling terkenal pada acara televisi 1987-88, dalam sebuah episode yang direkam langsung di New Orleans.

Versi Five Finger Death Punch[sunting | sunting sumber]

"House of the Rising Sun"
Singel oleh Five Finger Death Punch
dari album The Wrong Side of Heaven and the Righteous Side of Hell, Volume 2
Dirilis 3 Februari 2014 (2014-2-3)
Direkam November 2013
Genre Hard rock
Panjang 4:07
Label Prospect Park
Pencipta Traditional
Kronologi singel Five Finger Death Punch

"Battle Born"
(2013)
"House of the Rising Sun"
(2014)
"Mama Said Knock You Out"
(2014)

Band heavy metal Amerika Five Finger Death Punch merilis sebuah cover dari "House of the Rising Sun" pada studio album kelima mereka, The Wrong Side of Heaven and the Righteous Side of Hell, Volume 2, yang kemudian dirilis sebagai album single kedua dan ketiga band ini dari era Wrong Side. Referensi untuk New Orleans telah berubah ke Sin City, sebuah rujukan untuk efek negatif dari perjudian di Las Vegas. Lagu ini menduduki hit sepuluh terbesar di mainstream rock radio di Amerika Serikat.|US Hot Rock Songs (Billboard)[26]

|style="text-align:center;"|26|US Mainstream Rock (Billboard)[27] |style="text-align:center;"|7

Grafik (2013) Posisi puncak
scope="row"
scope="row"
US Rock Digital Songs (Billboard)[28] 35
US Rock Airplay (Billboard)[29] 29

Versi Prancis[sunting | sunting sumber]

Di Prancis, versi Johnny Hallyday Le pénitencier, dirilis pada bulan Oktober 1964, berhasil mencapai Top 10 Billboard Prancis, dan dia membawakan lagu dalam tur AS 2014.[30]

Kemungkinan lokasi sesungguhnya[sunting | sunting sumber]

Berbagai tempat di New Orleans telah diusulkan sebagai inspirasi untuk lagu ini, dengan berbagai kemunginan yang masuk akal. Frasa "House of the Rising Sun" sering dipahami sebagai eufemisme untuk sebuah rumah bordil, tetapi tidak diketahui apakah tempat itu dijelaskan dalam lirik yang sebenarnya atau fiktif. Satu teori adalah bahwa lagu ini adalah tentang seorang wanita yang membunuh ayahnya, seorang pecandu alkohol dan penjudi yang telah memukuli istrinya. Oleh karena itu, House of the Rising Sun mungkin sebuah penjara; dari situ seseorang akan menjadi orang pertama untuk melihat matahari terbit (sebuah ide yang didukung oleh lirik yang menyebutkan "bola dan rantai," meskipun kalimat itu telah menjadi bahasa slang untuk hubungan perkawinan setidaknya sejak lagu itu dicetak). Karena wanita sering menyanyikan lagu itu, teori lain adalah bahwa House of the Rising Sun adalah tempat pelacur ditahan sementara dirawat karena sifilis. Karena penyembuhan dengan merkuri tidak efektif, kesembuhan kembali adalah sangat tidak mungkin.

Hanya tiga calon yang menggunakan nama Rising Sun memiliki bukti-bukti sejarah dari direktori kota tua dan koran. Yang pertama adalah sebuah hotel kecil, berumur pendek , di Conti Street di French Quarter pada tahun 1820-an. Hotel itu terbakar pada tahun 1822. Penggalian dan pencarian dokumen di awal tahun 2005 menemukan bukti-bukti yang mendukung klaim ini, termasuk iklan dengan bahasa yang mungkin telah halus menunjukkan prostitusi. Arkeolog menemukan jumlah yang luar biasa besar dari pot rouge dan kosmetik di situs ini.[31][32]

Kemungkinan kedua adalah "Rising Sun Hall" yang tercantum direktori kota pada akhir abad ke-19 di bagian yang sekarang menjadi Cherokee Street, di tepi sungai di pusat kota di lingkungan Carrollton, yang tampaknya telah menjadi bangunan yang dimiliki dan digunakan untuk pertemuan Social Aid and Pleasure Club, yang biasa disewakan untuk dansa dan berbagai acara. Tempat ini juga tidak lagi ada. Yang pasti link ke perjudian atau prostitusi (jika ada) tidak terdokumentasikan untuk salah satu dari bangunan-bangunan ini.

Yang ketiga adalah "The Rising Sun", yang diiklankan di beberapa koran lokal pada tahun 1860-an, yang terletak di apa yang sekarang Lake Side dari blok 100 Decatur Street.[33] Dalam berbagai iklan ia digambarkan sebagai "Restoran," sebuah "salon Lager Bir," dan "Warung Kopi." Pada saat itu, usaha-usaha New Orleans yang terdaftar sebagai rumah kopi sering juga menjual minuman beralkohol.

Dave Van Ronk mengklaim dalam biografinya "Wali kota MacDougal Street" bahwa pada satu waktu ketika ia berada di New Orleans seseorang mendekatinya dengan sejumlah foto lama kota itu dari pergantian abad. Di antara mereka "sebuah gambar batu pintu larangan dengan ukiran pada ambang pintu bergaya matahari terbit... Itu adalah penjara perempuan Orleans Parish."[34]

Bizarre New Orleans, sebuah buku panduan di New Orleans, menegaskan bahwa sebenarnya rumah itu terletak di 1614 Esplanade Avenue antara tahun 1862 dan 1874 dan dikatakan dinamai sesuai germonya, Marianne LeSoleil Levant, yang nama keluarganya berarti "matahari terbit" dalam bahasa Prancis.

Sebuah buku panduan lainnya, Offbeat New Orleans, menegaskan bahwa House of the Rising Sun yang sesungguhnya terletak di 826-830 St. Louis St. antara tahun 1862 dan 1874, juga konon bernama Marianne LeSoleil Levant. Bangunan itu masih berdiri, dan Eric Burdon, setelah mengunjunginya atas permintaan pemiliknya, mengatakan, "rumah itu berbicara kepada saya."

Ada sebuah B&B kontemporer yang disebut the House of the Rising Sun, sebuah rumah yang dihiasi dengan gaya rumah bordil. Pemiliknya adalah penggemar lagu tersebut, tapi tidak ada hubungan dengan tempat asli.[35][36]

Tidak semua orang percaya bahwa rumah itu benar-benar ada. Pamela D. Arceneaux, pustakawan peneliti di Williams Research Center di New Orleans, mengatakan:

Saya sudah membuat penelitian sejarah pelacuran di New Orleans dan telah sering menghadapi pertanyaan abadi, "Di manakah House of the Rising Sun itu?" tanpa menemukan jawaban yang memuaskan. Meskipun umumnya diasumsikan bahwa si penyanyi merujuk kepada sebuah rumah bordil, pada kenyataannya tidak ada dalam lirik itu petunjuk yang menyatakan bahwa "rumah" itu adalah sebuah bordil. Banyak orang yang mengetahui telah menyimpulkan bahwa paling tepat rumah itu adalah sebuah rumah judi atau sebuah penjara; namun, untuk membuat parafrase atas Freud: kadang-kadang lirik hanyalah sekadar lirik.Kesalahan pengutipan: Tag <ref> harus ditutup oleh </ref> [37] [38]

  1. ^ York, Barry (2004-07-09). "House of worship". The Age. Diakses tanggal 2014-01-12. 
  2. ^ Anthony, Ted (2007). Chasing the Rising Sun: The Journey of an American Song. Simon & Schuster. hlm. 21. ISBN 9781416539308. Diakses tanggal 2016-02-23. 
  3. ^ Harvey, Todd (2001). The Formative Dylan: Transmission and Stylistic Influences 1961-1963. Scarecrow Press. hlm. 48–50. ISBN 978-0810841154. 
  4. ^ Steve Sullivan, Encyclopedia of Great Popular Song Recordings, Volume 1, Scarecrow Press (2013) ISBN 0810882965, 9780810882966, p. 98.
  5. ^ The same opening lyrics are in the first recorded version in 1933: Robert B. Waltz and David G. Engle, "House of the Rising Sun, The," The Traditional Ballad Index, 4.0, Fresno State University, (2016) (accessed 19 Oct. 2016)
  6. ^ Matteson, Jr., Richard L., Richard Matteson. Bluegrass Picker's Tune Book. Mel Bay Music. hlm. 111. ISBN 9781609745523. Diakses tanggal 2016-02-23. 
  7. ^ Sullivan, Steve (2013). Encyclopedia of Great Popular Song Recordings, Volume 2. Scarecrow Press. hlm. 97–98. ISBN 9780810882966. Diakses tanggal 2016-02-23. 
  8. ^ Unterberger, Richie. [(Inggris) The House of the Rising Sun di Allmusic "This is Tim Hardin"] Periksa nilai |url= (bantuan). Allmusic. Diakses tanggal February 6, 2017. 
  9. ^ The Mayor of MacDougal Street, ISBN 978-0-306-81479-2, p. 115
  10. ^ Eric Burdon, I Used to Be an Animal, but I'm All Right Now, Faber and Faber, 1986, pp. 60-62.
  11. ^ Ray Marshall, "The rise of supergroup", Newcastle Evening Chronicle, 17 August 2005.
  12. ^ Anthony, Ted (2007). Chasing the Rising Sun: The Journey of an American Song. Simon & Schuster. hlm. 146. ISBN 9781416539308. Diakses tanggal 2016-02-23. 
  13. ^ Gina Vivinetto, "More animal magnetism", St. Petersburg Times, 15 January 2004.
  14. ^ Error in webarchive template: Check |url= value. Empty. , Rolling Stone, posted 9 December 2004.
  15. ^ Jon Kutner, Spencer Leigh, 1000 UK Number One Hits, Omnibus Press, 2005.
  16. ^ Sullivan, S. (2013), Encyclopedia of Great Popular Song Recordings, Volume 2, Scarecrow Press, ISBN 978-0810882959, p.99.
  17. ^ Anthony, Ted (2007). Chasing the Rising Sun: The Journey of an American Song. Simon & Schuster. hlm. 149. ISBN 9781416539308. Diakses tanggal 2016-02-23. 
  18. ^ "The Animals", Rock and Roll Hall of Fame, 1994.
  19. ^ Muze article, "Best Of The Animals (Abkco)", Tower Records.
  20. ^ Dave Van Ronk: The Mayor of MacDougal Street.
  21. ^ Dave Marsh, The Heart of Rock & Soul: The 1001 Greatest Singles Ever Made, NAL, 1989.
  22. ^ McLean, Ralph. "Stories Behind the Song: 'House of the Rising Sun'". BBC. BBC. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-08. Diakses tanggal 2007-05-04. 
  23. ^ Lester Bangs, The British Invasion, in The Rolling Stone Illustrated History of Rock & Roll, 1980, p. 176.
  24. ^ [(Inggris) The House of the Rising Sun di Allmusic Frijid Pink entry], Allmusic.
  25. ^ David A. Carson.
  26. ^ Templat:BillboardID/F/Templat:BillboardEncode/F/chart?f=902 "Five Finger Death Punch – Chart history" Billboard Hot Rock Songs for Five Finger Death Punch.
  27. ^ Templat:BillboardID/F/Templat:BillboardEncode/F/chart?f=376 "Five Finger Death Punch – Chart history" Billboard Mainstream Rock Songs for Five Finger Death Punch.
  28. ^ "Five Finger Death Punch Album & Song Chart History" Billboard Rock Digital Songs for Five Finger Death Punch.
  29. ^ "Five Finger Death Punch Album & Song Chart History" Billboard Rock Airplay for Five Finger Death Punch.
  30. ^ Le Pénitencier — Wikipédia
  31. ^ "Unknown title". New Orleans Net (NOLA). Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 February 2009. Diakses tanggal 26 December 2009. 
  32. ^ New Digs For Old Things, 26 June 2007, New Orleans Net (NOLA), retrieved 11 December 2011.
  33. ^ "LEJ's Blog". 
  34. ^ Van Ronk, Dave and Wald, Elijah, "The Mayor of MacDougal Street" 2005, Da Capo Press, ISBN 978-0-306-82216-2
  35. ^ "In Search of the House of the Rising Sun". ABC News. Diakses tanggal 2016-02-23. 
  36. ^ B&B site, more theories
  37. ^ "House of the Rising Sun - the History and the Song". BBC h2g2. 28 Juli 2006. Diakses tanggal 26 December 2009. 
  38. ^ "Pete Seeger - American Favorite Ballads" (PDF). Volume 2 (pages 11–12). Smithsonian Folkways. 2009. hlm. 27–28. Diakses tanggal 4 December 2011.