The Deep End of the Ocean

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Deep End of the Ocean
Poster resmi
SutradaraUlu Grosbard
ProduserKate Guinzburg
Steve Nicolaides
SkenarioStephen Schiff
Berdasarkan
The Deep End of the Ocean oleh
Jacquelyn Mitchard
Pemeran
Penata musikElmer Bernstein
SinematograferStephen Goldblatt
PenyuntingJohn Bloom
Perusahaan
produksi
Columbia Pictures
Mandalay Entertainment
DistributorSony Pictures Releasing
Tanggal rilis
  • 12 Maret 1999 (1999-03-12)
Durasi108 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$38 juta[1]
Pendapatan
kotor
$28 juta

The Deep End of the Ocean adalah sebuah film drama Amerika Serikat tahun 1999 yang disutradarai oleh Ulu Grosbard, dan dibintangi oleh Michelle Pfeiffer, Treat Williams, Jonathan Jackson, John Kapelos dan Whoopi Goldberg. Film ini berdasarkan pada novel tahun 1996 berjudul sama karya Jacquelyn Mitchard, buku terlaris yang merupakan novel pertama yang dipilih oleh Oprah Winfrey untuk dibahas di Oprah's Book Club pada tahun 1996.[2] Film ini bercerita tentang reaksi sebuah keluarga ketika Ben, putra mereka, diculik dan kemudian ditemukan sembilan tahun kemudian, tinggal di kota yang sama tempat keluarganya yang baru saja pindah. Film ini dirilis di bioskop pada 12 Maret 1999 oleh Columbia Pictures, dan gagal secara box-office, meraup $28 juta di seluruh dunia.

Plot[sunting | sunting sumber]

Beth Cappadora menghadiri reuni sekolah menengahnya di lobi hotel yang ramai, putra Beth yang berusia 3 tahun, Ben, menghilang. Polisi dipanggil ke tempat kejadian saat pencarian, tetapi tidak berhasil. Tidak dapat mengatasi kehancurannya, Beth secara tidak sengaja mengabaikan kedua anaknya yang lain, Vincent dan Kerry. Setelah sembilan tahun, keluarga Cappadora tampaknya telah menerima bahwa Ben telah pergi selamanya, namun ketika seorang anak laki-laki yang tampak familier muncul di rumah baru mereka dan menawarkan untuk memotong rumput mereka. Anak tersebut memperkenalkan dirinya sebagai Sam Karras, tapi Beth menjadi yakin bahwa dia adalah Ben. Beth memberi tahu polisi dan penyelidikan dimulai.

Beth kemudian mengetahui Ben diculik di reuni oleh Cecil Lockhart, seorang wanita tidak stabil mental yang merupakan teman sekelas Beth. Cecil membesarkan Ben seperti anaknya sendiri sampai dia bunuh diri lima tahun kemudian. Ben, sekarang Sam, tinggal bersama suami Cecil yang mengadopsi Sam setelah mereka bertemu, yang percaya bahwa anak itu adalah milik Cecil. Sam dikembalikan ke keluarga Cappadora tetapi upaya reintegrasi membuahkan hasil yang menyakitkan bagi semua orang, hingga Beth dan suaminya Pat akhirnya memutuskan untuk mengembalikan Sam ke ayah angkatnya. Akibatnya, pernikahan mereka menderita seiring berjalannya waktu.

Suatu malam, Vincent, anak pertama mereka, meninggalkan rumah dan berakhir di penjara setelah insiden mengemudi dalam keadaan mabuk. Beth dan Pat mendiskusikan perilakunya yang tidak menentu. Mereka akhirnya merekonsiliasi hubungan mereka. Sam mengunjungi Vincent di penjara dan mengungkapkan bahwa dia mengingat sesuatu sebelum penculikannya; dia sedang bermain petak umpet dengan Vincent dan bersembunyi di kotak pakaian, tetapi Vincent menemukannya, yang membuat Sam merasa aman. Sam menyebut Vincent saudaranya dan bertanya apakah mereka bisa berteman.

Vincent kemudian dibebaskan dari penjara dan suatu malam, ia bermain basket di luar rumah bersama Sam. Vincent, yang merasa bersalah karena tidak menjaga Ben saat reuni, dimaafkan oleh Sam. Sam mengatakan kepadanya bahwa dia telah memutuskan untuk kembali tinggal bersama keluarga kandungnya. Mereka melanjutkan bermain bola basket. Beth dan Pat, berdamai, menonton dengan gembira dari jendela ruang tamu.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Michelle Pfeiffer sebagai Beth Cappadora
  • Treat Williams sebagai Pat Cappadora
  • Whoopi Goldberg sebagai Detective Candace "Candy" Bliss
  • Jonathan Jackson sebagai Vincent Cappadora – 16 tahun
    • Cory Buck sebagai Vincent Cappadora – 7 tahun
  • Ryan Merriman sebagai Benjamin Cappadora/Sam Karras – 12 tahun
    • Michael McElroy sebagai Benjamin Cappadora – 3 tahun
  • Alexa Vega sebagai Kerry Cappadora – 9 tahun
  • Michael McGrady sebagai Jimmy Daugherty
  • Brenda Strong sebagai Ellen
  • Tony Musante sebagai Angelo Cappadora
  • Rose Gregorio sebagai Rosie Cappadora
  • John Kapelos sebagai George Karras
  • Lucinda Jenney sebagai Laurie
  • John Roselius sebagai Chief Bastokovich
  • Robert Cicchini sebagai Uncle Joey

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

The Deep End of the Ocean mendapat peringkat persetujuan 42% di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, berdasarkan 36 ulasan, dengan peringkat rata-rata 5,8/10.[3] Film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 45 dari 100 di Metacritic, berdasarkan 28 kritikus, yang menunjukkan "ulasan campuran atau rata-rata".[4] Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberikan film ini nilai rata-rata "C+" pada skala A+ hingga F.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ * [1] at Box Office Mojo. Retrieved on 2007-08-27.
  2. ^ "Oprah Book Club books - 1996 to 1997". oprah.com. Diakses tanggal 2009-12-24. 
  3. ^ "The Deep End of the Ocean Movie Reviews, Pictures". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-07-26. Diakses tanggal 2023-05-24. 
  4. ^ "Deep End of the Ocean, The - reviews at Metacritic.com". Metacritic. Fandom, Inc. Diakses tanggal 2023-05-21. 
  5. ^ "Home". CinemaScore (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-05-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]