The Danish Girl (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Danish Girl
The Danish Girl (film) poster.jpg
Poster film The Danish Girl
Sutradara Tom Hooper
Produser Tim Bevan
Eric Fellner
Anne Harrison
Tom Hooper
Gail Mutrux
Skenario Lucinda Coxon
Berdasarkan The Danish Girl 
oleh David Ebershoff
Pemeran Eddie Redmayne
Alicia Vikander
Matthias Schoenaerts
Ben Whishaw
Sebastian Koch
Amber Heard
Musik Alexandre Desplat
Sinematografi Danny Cohen
Penyunting Melanie Ann Oliver
Perusahaan
produksi
Working Title Films
Pretty Pictures
Revision Pictures
Senator Global Productions
Distributor Focus Features
(Amerika Serikat)
Universal Pictures
(internasional)
Tanggal rilis
  • 5 September 2015 (2015-9-5) (Festival Film Venesia)
  • 27 November 2015 (2015-11-27) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 22 Januari 2016 (2016-1-22) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
119 menit[1]
Negara Britania Raya
Amerika Serikat
Belgia
Bahasa Inggris
Anggaran $15 juta[2]
Pendapatan kotor $64,191,523[3]

The Danish Girl adalah film drama biografi Britania Raya-Amerika Serikat tahun 2015 yang disutradarai oleh Tom Hooper dan diproduseri oleh Tim Bevan, Eric Fellner, Anne Harrison, Tom Hooper dan Gail Mutrux. Naskah film ini ditulis oleh Lucinda Coxon berdasarkan novel fiksi The Danish Girl karya David Ebershoff dan kisah nyata sepasang suami-istri dan pelukis dari Denmark, Einar Wegener (yang memiliki nama perempuan Lili Elbe setelah operasi ganti kelamin dan menjadi transgender) dan Gerda Wegener.[4] Film ini dibintangi oleh Eddie Redmayne, Alicia Vikander, Matthias Schoenaerts, Ben Whishaw, Sebastian Koch dan Amber Heard.

Film The Danish Girl ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 5 September 2015 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 27 November 2015 secara terbatas dan 22 Januari 2016 secara luas.[5][6][7] Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan tahun 1920-an di Kopenhagen, seniman potret Gerda Wegener (Alicia Vikander) meminta suaminya, seniman pemandangan terkenal Einar Wegener (Eddie Redmayne), menjadi model wanita, karena model wanita sebelumnya terlambat datang ke apartemen mereka, untuk berpose dalam sebuah lukisan yang sedang Gerda lukis.

Tindakan menyamar sebagai model wanita membuka tabir identifikasi seumur hidup Einar sebagai wanita, yang mengganti namanya menjadi Lili Elbe. Hal ini memicu perkembangan, awalnya bersifat sementara, namun kemudian tidak dapat berubah lagi, meninggalkan identitas sebagai Einar, yang telah berjuang untuk mempertahankan hidupnya. Hal ini terjadi saat Lili dan Gerda pindah ke Paris. Gambaran Gerda tentang Lili dalam kondisi femininnya menarik perhatian serius dari pedagang seni dengan cara yang tidak sama sebelumnya. Di sanalah Gerda mengejar pedagang seni Hans Axgil (Matthias Schoenaerts), teman masa kecil Lili yang pernah dicium Lili saat mereka muda. Daya tarik Hans dan Gerda adalah sebuah tantangan, karena Gerda mengubah hubungannya dengan Lili. Namun, persahabatannya dengan Hans dan perhatiannya terhadap Lili membuat Hans mendukung Lili dan Gerda.

Seiring kehadiran Lili sebagai pria menjadi canggung, ia mulai mencari bantuan dari psikolog, namun tidak menghasilkan apapun, dan, dalam satu contoh, hampir membuatnya masuk ke rumah sakit jiwa. Akhirnya, atas saran Hans, Lili dan Gerda bertemu dengan Dr. Kurt Warnekros (Sebastian Koch). Dr. Kurt menjelaskan bahwa ia telah bertemu dengan beberapa orang seperti Lili, yang secara fisik laki-laki namun diidentifikasi sebagai perempuan dan mengajukan solusi baru yang inovatif dan kontroversial, yaitu operasi ganti kelamin dari laki-laki menjadi perempuan. Operasi ini memerlukan dua bagian prosedur, yaitu menyingkirkan genital eksternal Lili lebih dulu dan setelah masa pemulihan, membentuk vagina. Dr. Kurt memperingatkan Lili dan Gerda bahwa ini adalah operasi yang sangat berbahaya yang belum pernah dicoba sebelumnya, dan Lili akan menjadi orang pertama yang mengalaminya. Lili setuju dan segera setelah itu, ia melakukan perjalanan ke Jerman untuk memulai operasi. Sayangnya, Lili akhirnya meninggal karena komplikasi dari operasi tersebut. Film ini berakhir dengan Gerda dan Hans di puncak bukit di Denmark, di depan lima pohon yang dilukis Lili. Selendang yang awalnya diberikan oleh Lili kepada Gerda terbawa angin dan terbang.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Eddie Redmayne sebagai Einar Wegener/Lili Elbe
  • Alicia Vikander sebagai Gerda Wegener
  • Matthias Schoenaerts sebagai Hans Axgil
  • Ben Whishaw sebagai Henrik Sandahl
  • Amber Heard sebagai Ulla Paulson
  • Sebastian Koch sebagai Dr. Kurt Warnekros
  • Pip Torrens sebagai Dr. Jens Hexler
  • Nicholas Woodeson sebagai Dr. Buson
  • Emerald Fennell sebagai Elsa
  • Adrian Schiller sebagai Rasmussen
  • Henry Pettigrew sebagai Niels

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Danish Girl mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 68%, berdasarkan 218 ulasan, dengan rating rata-rata 6.6/10.[8] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 66 dari 100, berdasarkan 41 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[9]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Danish Girl mendapatkan $11,114,018 di Amerika Utara dan $53,077,505 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $64,191,523, melebihi anggaran produksi film $15 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $187,318, menempati posisi ke-26 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $526,374, menempati posisi ke-21 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "THE DANISH GIRL (15)". British Board of Film Classification. 3 December 2015. Diakses tanggal 3 December 2015. 
  2. ^ "How 'The Danish Girl' Made It to the Screen After a 15-Year Odyssey". Indiewire. December 7, 2015. Diakses tanggal December 10, 2015. 
  3. ^ a b c "The Danish Girl (2015)". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 17, 2016. 
  4. ^ "BOOKS OF THE TIMES; Radical Change and Enduring Love". The New York Times. February 14, 2000. Diakses tanggal December 11, 2015. 
  5. ^ "Venice Film Festival: Lido Lineup Builds Awards Season Buzz – Full List". Deadline. Diakses tanggal 29 July 2015. 
  6. ^ "Venice Fest Reveals Robust Lineup Featuring Hollywood Stars and International Auteurs". Variety. Diakses tanggal 29 July 2015. 
  7. ^ Hatchett, Keisha (2015-03-04). "'The Danish Girl' starring Eddie Redmayne gets awards season release date". EW.com. Diakses tanggal 2015-09-06. 
  8. ^ "The Danish Girl (2015)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 3, 2016. 
  9. ^ "The Danish Girl reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 3, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]