Thank God (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Thank God
SutradaraIndra Kumar
Produser
Ditulis oleh
  • Aakash Kaushik
  • Madhur Sharma
Berdasarkan
Sorte kugler (2009)
Pemeran
Penata musikSkor:
Amar Mohile
Lagu:
Tanishk Bagchi
Rochak Kohli
Chamath Sangeeth
SinematograferAseem Bajaj
PenyuntingDharmendra Sharma
Perusahaan
produksi
  • T-Series Films
  • Maruti International
  • Soham Rockstar
  • Anand Pandit Motion Pictures
DistributorAA Films
Tanggal rilis
  • 25 Oktober 2022 (2022-10-25)
Durasi121 menit[1]
NegaraIndia
BahasaHindi
Anggaran50–98 crore[2][3]
Pendapatan
kotor
per. 49.55 crore[4]

Thank God[5] adalah sebuah film drama komedi fantasi bahasa India 2022 yang disutradarai oleh Indra Kumar.[6][7] Ini adalah pembuatan ulang resmi dari film tahun 2009 Bahasa Denmark Sorte kugler (Bahasa Indonesia: Apa yang terjadi di sekitar, 2009).[8][9] Dibintangi oleh Ajay Devgn, Sidharth Malhotra dan Rakul Preet Singh.[10][11]

Thank God dirilis secara teatrikal pada 25 Oktober 2022 selama perayaan Diwali. Film ini menerima tinjauan yang beragam dari para kritikus dan merupakan kegagalan komersial.[4][12][13]

Plot[sunting | sunting sumber]

Ayaan Kapoor adalah seorang pengusaha real estat yang terlilit utang sebesar 16 crores. Dia memiliki bisnis real estate yang sedang berkembang, namun terlilit hutang karena keterlibatannya dalam uang gelap dan demonetisasi berikutnya. Dia ingin menjual rumahnya untuk membayar utangnya tetapi tidak dapat menemukan pembeli dan mulai tinggal di rumah istrinya bersama istrinya – Inspektur Ruhi – dan putrinya Pihu.

Suatu hari, Ayaan terlibat dalam kecelakaan lalu lintas, dan sadar kembali di Surga, di mana para dewa Yamaduta dan Chitragupta memberinya kesempatan untuk mengirimnya kembali ke Bumi dengan memintanya bermain. sebuah permainan yang disebut Game Kehidupan. Ada dua wadah, satu berisi bola putih yang melambangkan sisi positifnya, dan satu lagi berisi bola hitam yang melambangkan dosa dan kelemahannya. Posisi awal Ayaan sangat sulit karena ia memulai dengan banyak bola hitam. Ayaan terbukti cemburu pada istrinya Ruhi karena dia seorang inspektur sedangkan Ayaan gagal menjadi inspektur. Chitragupta menempatkannya dalam skenario di mana dia adalah seorang inspektur yang bertugas menyelamatkan sandera. Namun, kegagalannya untuk melakukan hal tersebut menunjukkan kepadanya bahwa kenyataannya dia tidak bisa menjadi inspektur yang lebih baik jika dibandingkan dengan Ruhi. Ayaan ditampilkan sebagai orang yang beriman kepada Tuhan namun ia tetap mendapat bola hitam karena kurangnya rasa kemanusiaannya.

Belakangan, permainan berubah ketika Ayaan akhirnya mendapat bola putih untuk mengendalikan amarahnya. Tantangannya juga termasuk meminta maaf kepada kakak perempuannya karena telah menyalahkannya secara salah selama masa kecil mereka atas pembakaran rumah ayah mereka. Di surga, Ayaan dipukuli oleh ayahnya karena itu dia meminta maaf kepada saudara perempuannya. Dia menang dengan mendapatkan bola putih karena Chitragupta memberinya cek sebesar 18 crores untuk penjualan rumah, sesuatu yang bahkan Ayaan tidak bisa lakukan. Namun, Chitragupta melihat tato wanita lain di siku Ayaan, memberinya banyak bola hitam. Chitragupta menunjukkan kepadanya kenyataan, dimana istri dan kerabatnya berencana membelikannya mobil baru setelah mendengar bahwa mobilnya akan diderek karena pinjaman banknya. Namun mobil yang bertabrakan dengan mobil Ayaan adalah mobil baru yang dibelikan Ruhi untuk Ayaan.

Dia kembali ke bumi di mana Dokter memberitahunya bahwa ginjal Pihu rusak dan salah satu ginjal Ruhi terpengaruh. Ayaan mendapatkan reputasi di bidang real estat tetapi akan kehilangan keluarganya. Ayaan menandatangani formulir donor sebelum pingsan lagi karena overdosis beberapa pil. Kemudian, dia kembali lagi ke surga dimana Chitragupta dan ayahnya bangga padanya. Chitragupta memberkati Ayaan dan keluarganya dengan kehidupan baru. Para Dokter memberi kabar kepada Ayaan bahwa seorang pria membeli tubuh kerabatnya yang sudah meninggal namun tidak mengungkapkan namanya. Namun, terungkap bahwa pria tersebut mengenakan liontin yang bertuliskan CG. Setelah diberkati dengan kehidupan baru, Ayaan memperbaiki rumah leluhurnya dan juga mengadopsi seorang anak. Kali ini, dia adalah pria yang berubah dan kini lebih mementingkan keluarganya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengumuman resmi film tersebut dilakukan pada 7 Januari 2021.[17] Fotografi utama dimulai di Mumbai pada tanggal 21 Januari,[18][19][20] dan dibungkus pada 11 Januari 2022.[21]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Thank God
Lagu tema karya Tanishk Bagchi, Rochak Kohli dan Chamath Sangeeth
Dirilis22 Oktober 2022[22]
Direkam2021-2022
StudioT-Series Studios, Sound of Bombay
GenreLagu tema film unggulan
Durasi15:34
BahasaHindi
LabelT-Series
ProduserBhushan Kumar
Official audio
Thank God - Full Album di YouTube

Lagu-lagu tersebut disusun oleh Tanishk Bagchi, Rochak Kohli dan Chamath Sangeeth. Liriknya ditulis oleh Manoj Muntashir, Rashmi Virag, Sameer, Dulan ARX dan Mellow D. Skor film disusun oleh Amar Mohile.[22]

Lagu pertama "Manike" merupakan remake dari "Manike Mage Hithe", yang dinyanyikan oleh penyanyi yang sama Yohani.[23][24]

Daftar lagu
No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Manike"Rashmi Virag, Dulan ARX, Mellow DTanishk Bagchi, Chamath SangeethYohani, Jubin Nautiyal, Surya Ragunnathan3:17
2."Haaniya Ve"Rashmi ViragTanishk BagchiJubin Nautiyal3:37
3."Dil De Diya"Rashmi ViragRochak KohliAnand Raaj Anand4:34
4."Thank God - Title Track"Manoj MuntashirRochak KohliArijit Singh, Eklavya4:06
Durasi total:15:34

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Thank God menerima tinjauan beragam dari para kritikus.[25][26]

Bollywood Hungama memberi peringkat film tersebut 3,5 dari 5 bintang dan menulis "Thank God adalah film yang menghibur dan mencerahkan, penghibur keluarga yang sempurna di Diwali ini".[27] Ganesh Aaglave dari Firstpost menilai film tersebut 3,5 dari 5 bintang dan menulis "Sutradara Indra Kumar dengan sempurna memadukan komedi dan drama untuk memberi kita penghibur Diwali dengan bintang utama Ajay Devgn, Sidharth Malhotra dan Rakul Preet Singh Thank God".[28] Dhaval Roy dari The Times of India menilai film tersebut 3 dari 5 bintang dan menulis "Film ini memiliki satu atau dua pesan tentang melupakan kesengsaraan, bersikap manusiawi, dan pentingnya keluarga".[29] Devesh Sharma dari Filmfare memberi peringkat film tersebut 3 dari 5 bintang dan menulis "Tonton Thank God atas momen-momen menyenangkannya".[30] Rohit Bhatnagar dari The Free Press Journal menilai film tersebut 3 dari 5 bintang dan menulis "Thank God adalah apa yang disebut sebagai penghibur keluarga yang terjebak di tahun 90-an. Tonton jika Anda boleh saja mengharapkan kisah sedih daripada komedi murni".[31] Sonil Dedhia of News 18 memberi peringkat film tersebut 3 dari 5 bintang dan menulis "Thank God adalah seorang penghibur dengan banyak momen lucu".[32] Pratikshya Mishra dari The Quint menilai film tersebut 2,5 dari 5 bintang dan menulis "Film ini beralih dari komedi ke kesedihan ke introspeksi dengan cepat. Meskipun semua emosi ini disebarkan dengan baik secara individu, secara keseluruhan, film ini menderita perubahan nada yang konstan ini".[33] Tushar Joshi dari India Today menilai film tersebut 2 dari 5 bintang dan menulis "Meskipun kekuatan bintang Ajay dan pesona Siddharth, film tersebut gagal menarik minat penonton.".[34]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Thank God". British Board of Film Classification. Diakses tanggal 18 October 2022. 
  2. ^ "Ajay Devgn-Sidharth Malhotra movie, Thank God: Opening weekend gets lukewarm response". The Economic Times. 26 October 2022. Diakses tanggal 26 October 2022. 
  3. ^ "Thank God (2022)- Box Office India". Box Office India. Diakses tanggal 10 December 2022. 
  4. ^ a b "Thank God Box Office". Bollywood Hungama. Diakses tanggal 3 November 2022. 
  5. ^ "Thank God". British Board of Film Classification. Diakses tanggal 18 October 2022. 
  6. ^ "Ajay Devgn, Sidharth Malhotra, Rakul Preet Singh to star in Indra Kumar's Thank God". India TV. 7 January 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 February 2021. Diakses tanggal 16 February 2021. 
  7. ^ "Ajay Devgn, Rakul Preet Singh and Sidharth Malhotra to star in Thank God". The Indian Express. 7 January 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 January 2021. Diakses tanggal 16 February 2021. 
  8. ^ Hungama, Bollywood (2022-11-25). "Box office Business Talk | BIZ TALK: Bollywood's resurrection has just commenced with DRISHYAM 2, but the industry needs several DRISHYAM 2s for its achche din". Bollywood Hungama (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-01-10. 
  9. ^ "'Thank God' trailer: Sidharth Malhotra, Ajay Devgn, Rakul Preet Singh in comedy about second chances". Scroll.in. 9 September 2022. Indra Kumar's remake of the Norwegian film 'Sorte Kugler' will be released on October 25. 
  10. ^ "Vimal Ajay Devgn announces Thank God with Sidharth Malhotra and Rakul Preet Singh". India Today. 7 January 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 January 2021. Diakses tanggal 16 February 2021. 
  11. ^ "Ajay Devgn, Sidharth Malhotra and Rakul Preet Singh to star in 'Thank God'". The Hindu. 7 January 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 February 2021. Diakses tanggal 16 February 2021. 
  12. ^ "Ajay Devgn, Sidharth Malhotra, Rakul Preet Singh starrer Thank God to release on Diwali 2022". Bollywood Hungama. 17 June 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 June 2022. Diakses tanggal 17 June 2022. 
  13. ^ "Box Office Report: 'Thank God' or 'Ram Setu', which film will rock this Diwali?". Asianet News. Diakses tanggal 24 October 2022. 
  14. ^ "Thank God poster: Ajay Devgn's first look as Chitragupt revealed". Hindustan Times. 8 September 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 September 2022. Diakses tanggal 8 September 2022. 
  15. ^ "Nora Fatehi and Sidharth Malhotra to dance to Yohani's Manike Mage Hithe song". The Times of India. 19 October 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 October 2022. Diakses tanggal 20 October 2021. 
  16. ^ "Nora Fatehi and Sidharth Malhotra to feature in the Hindi version of 'Manike Mage Hithe' in Thank God". Bollywood Hungama. 20 October 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 October 2021. Diakses tanggal 20 October 2021. 
  17. ^ "Ajay Devgn, Sidharth Malhotra, Rakul Preet announce their new film Thank God". Filmfare. 7 January 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 January 2021. Diakses tanggal 16 February 2021. 
  18. ^ "'Thank God': Ajay Devgn, Sidharth Malhotra and Rakul Preet Singh's film goes on the floor in Mumbai". The Times of India. 21 January 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 March 2021. Diakses tanggal 16 February 2021. 
  19. ^ "Thank God: Shoot begins for Ajay Devgn, Rakul Preet Singh, Sidharth Malhotra's comedy film". The Free Press Journal. 21 January 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 March 2021. Diakses tanggal 16 February 2021. 
  20. ^ "After Mayday, Ajay Devgn and Rakul Preet Singh team up for Indra Kumar's Thank God". Zoom. 7 January 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 January 2021. Diakses tanggal 16 February 2021. 
  21. ^ "Ajay Devgn finishes patchwork of Thank God; shoot of Sidharth Malhotra co-starrer now complete". Bollywood Hungama. 11 January 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 January 2022. Diakses tanggal 11 January 2022. 
  22. ^ a b "Thank God – Original Motion Picture Soundtrack". Jiosaavn. 22 October 2022. 
  23. ^ "Sri Lankan sensation Yohani's blockbuster song 'Manike Mage Hithe' to have its Bollywood debut in Bhushan Kumar-Indra Kumar's Thank God". Bollywood Hungama. 19 October 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 October 2021. Diakses tanggal 19 October 2021. 
  24. ^ "Manike Mage Hithe singer Yohani to make Bollywood debut with a song in Thank God". India Today. 19 October 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 October 2021. Diakses tanggal 19 October 2021. 
  25. ^ "Thank God box office collection Day 1: Sidharth Malhotra-Ajay Devgn film off to a decent start". India Today. Diakses tanggal 26 October 2022. 
  26. ^ "Thank God Box Office Day 1: Ajay Devgn And Sidharth Malhotra Film Off to Slow Start, Earns Rs 9 Cr". News 18. 26 October 2022. Diakses tanggal 26 October 2022. 
  27. ^ "Thank God Movie Review: THANK GOD is a perfect family entertainer this Diwali that enlightens". Bollywood Hungama. Diakses tanggal 25 October 2022. 
  28. ^ "Thank God movie review: Ajay Devgn-Sidharth Malhotra's 'game of life' is perfect Diwali entertainer". Firstpost. 25 October 2022. Diakses tanggal 25 October 2022. 
  29. ^ "Thank God Movie Review : A family entertainer that is stuck in the 90s". The Times of India. Diakses tanggal 25 October 2022. 
  30. ^ "Thank God Review". Filmfare. Diakses tanggal 25 October 2022. 
  31. ^ "Thank God Review: Sidharth Malhotra's fantasy comedy is a formula film that is enjoyable in parts". The Free Press Journal. Diakses tanggal 25 October 2022. 
  32. ^ "Thank God Review: Ajay Devgn-Sidharth Malhotra Starrer is a Decent Watch". News 18. 25 October 2022. Diakses tanggal 25 October 2022. 
  33. ^ "'Thank God' Review: Tough To Subscribe to the Film's Outdated Idea of Morality". The Quint. 25 October 2022. Diakses tanggal 25 October 2022. 
  34. ^ "Thank God Movie Review : Sidharth Malhotra, Ajay Devgn's film needs divine intervention to save itself". India Today. Diakses tanggal 25 October 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]