Tepekong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tepekong
Hemiprocne coronata
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Hemiprocnidae

Genus:
Hemiprocne

Nitzsch, 1829
Spesies[1]

Tepekong (Hemiprocnidae) adalah sebuah keluarga burung yang berkerabat dekat dengan burung walet dan kolibri yang sama-sama anggota dari ordo Apodiformes. Keluarga burung ini hanya berisi satu genus saja yakni Hemiprocne, yang didalamnya terdapat empat spesies burung tepekong. Mereka didistribusikan dari India ke Oseania melalui Indonesia ke Papua dan Kepulauan Solomon.

Ciri Fisik beserta Perilaku[sunting | sunting sumber]

Burung ini berukuran kecil hingga sedang, dengan panjang mulai dari 15 hingga 30 cm. Mereka memiliki sayap yang panjang, dengan sebagian besar panjangnya berasal dari panjang pendahuluan. Lengan mereka sebenarnya cukup pendek. Mereka tampak berbeda dari burung apodiformes lainnya, yakni bulunya lebih lembut, memiliki jambul atau hiasan wajah lainnya, dan ekornya panjang dan bercabang.[2] Secara anatomis mereka dipisahkan dari walet sebenarnya oleh detail kerangka di tengkorak dan langit-langit, anatomi tarsus, dan jari kaki belakang yang tidak dapat dibalik yang digunakan untuk bertengger di dahan. Pejantannya memiliki bulu mantel warna-warni. Mereka juga memiliki sayap diastataksik, yakni tidak memiliki bulu sekunder kelima.[3][4]

Tepekong menunjukkan berbagai preferensi habitat. Salah satu spesiesnya yakni Tepekong rangkang, merupakan spesies penghuni hutan primer. Spesies tersebut sangat mudah bermanuver, makan dekat dengan vegetasi di bawah kanopi, dan jarang menjelajah ke hutan atau perkebunan sekunder, tetapi tidak pernah melewati lahan terbuka. Spesies yang lain yakni Hemiprocne coronata memanfaatkan berbagai habitat termasuk hutan lembab dan hutan gugur, dan Tepekong jambul menempati hampir setiap tipe habitat yang tersedia dari hutan bakau hingga hutan perbukitan. Semua spesiesnya memakan serangga, meskipun detail pasti tentang mangsa apa yang diambil belum dipelajari secara detail.

Tanggung jawab membangun sarang dibagi antara pejantan dan betina. Mereka bertelur di dalam sarang yang direkatkan ke dahan pohon yang terbuka.[2] Warna telurnya bervariasi, mulai dari putih ke abu-abu. Sedikit informasi yang tersedia tentang waktu inkubasi, tetapi dianggap lebih lama untuk spesies yang lebih besar. Anaknya menetas dengan penutup berwarna abu-abu dan diberi makan muntahan makanan yang dimuntahkan oleh induknya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Comparison of IOC 8.1 with other world lists". IOC World Bird List. v8.1. Diakses tanggal 30 December 2017. 
  2. ^ a b Collins, Charles T. (1991). Forshaw, Joseph, ed. Encyclopaedia of Animals: Birds. London: Merehurst Press. hlm. 136. ISBN 978-1-85391-186-6. 
  3. ^ Miller, W. DeW. (1912). "Revision of the Classification of the Kingfishers" (PDF). Bull. Am. Mus. Nat. Hist. 30: 239–311. 
  4. ^ Bostwick, Kimberly S; Brady, Matthew J (2002). "Phylogenetic Analysis of Wing Feather Taxis in Birds: Macroevolutionary Patterns of Genetic Drift?". The Auk. 119 (4): 943. doi:10.1642/0004-8038(2002)119[0943:PAOWFT]2.0.CO;2.