Tentara Pemberontak Revolusioner Ukraina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Tentara Pemberontak Revolusioner Ukraina (Ukraina: Революційна Повстанська Армія України) juga dikenal sebagai Tentara Hitam atau hanya sebagai Makhnovshchyna (Ukraina: Махновщина), adalah sebuah pasukan yang sebagian besar pekerja dari pemerintah Ukraina dan sebagian besar dari bangsawan Ukraina bekerja di bawah komando pasukan Ukraina dan anarkis yang terkenal Nestor Makhno selama Perang Saudara Rusia 1917 - 1922. Mereka melindungi operasi "Soviet bebas" dan Komune Libertarian di Wilayah Bebas, upaya untuk membentuk masyarakat komunis libertarian tanpa kewarnegaraan dari 1908 hingga 1921 selama Revolusi Ukraina.

Tentara Pemberontak Revolusioner Ukraina
Terlibat dalam Perang Saudara Rusia dan Perang Kemerdekaan Ukraina
Bendera yang digunakan oleh Resimen Infanteri ke-2 Konsolidasi RIAU.
Bendera yang digunakan oleh Resimen Infanteri ke-2 Konsolidasi RIAU.
Aktif1918–1921
IdeologiAnarkisme
Anarkisme kolektivis
Anarko-komunisme
Makhnovisme
Posisi politikFar-left
Mematuhi kepada Wilayah Bebas
PemimpinNestor Makhno
Simon Karetnik
Fedir Shchus
Viktor Belash
PusatGulaipolye
Wilayah operasiDaerah selatan modern Ukraina dan beberapa Rusia
Kekuatan103,000 di Desember 1919
Berasal dariPengawal Hitam
SekutuPerjanjian sementara dengan:

Bolshevik

Tentara Hijau Tambov

Gencatan Senjata sementara:

Direktorat Ukraina
MusuhKekuatan Sentral

Gerakan Putih

Bolshevik

Direktorat Ukraina
Tentara Hijau Terplyo
Perang dan pertempuranPertempuran Donbass (1919)
Pertempuran Peregonovka (1919)
Operasi Taurida Utara
Pengepungan Perekop (1920)
Konflik Bolshevik-Makhnovist

Kelompok gerilya Ukraina aktif selama periode Perang Saudara. Beberapa mengaku setia kepada negara Ukraina, tetapi yang lain mengaku tidak ada kesetiaan, dan semua berjuang Rusia Merah dan Putih dengan keganasan yang sama. Setelah 1920 mereka membentuk satu-satunya pasukan Ukraina yang tersisa di Soviet Ukraina. Pada tanggal itu mereka dikatakan berjumlah 40.000; beberapa dari mereka berjuang sampai 1924.

Yang paling terkenal dari kelompok-kelompok ini adalah pemimpin anarkis Nestor Makhno, yang mulai beroperasi di Ukraina tenggara melawan rezim Hetmanate pada juli 1918. Pada bulan September ia membentuk Tentara Pemberontak Revolusioner Ukraina dengan senjata dan peralatan yang diperoleh dari mundur pasukan Austro-Jerman. Dia bertarung melawan Putih Denikin sampai mereka mundur pada akhir 1919, kemudian terus berperang melawan Merah sampai pasukannya dikalahkan dan dibubarkan pada Agustus 1921. Makhno sendiri berhasil menyelinap melintasi perbatasan Rumania.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kelompok gerilya anarkis Ukraina aktif selama Perang Saudara Rusia. Beberapa mengaku setia kepada negara Ukraina, tetapi yang lain tidak mengakui kesetiaan; semua berperang baik Tentara Merah dan Putih dengan keganasan yang sama di tahap pembukaan Perang Sipil. Dari semua kelompok anarkis, yang paling terkenal dan sukses adalah pemimpin tani anarkis Nestor Makhno, alias Batko ("Ayah"), yang memulai operasi di Ukraina tenggara melawan rezim Hetmanate pada Juli 1918. Pada bulan September, ia membentuk Tentara Pemberontak Revolusioner Ukraina, atau Tentara Hitam Anarkis, dengan senjata dan peralatan sebagian besar diperoleh dari pasukan Austria-Hungaria dan Jerman yang mundur. Selama Perang Saudara, Tentara Hitam berjumlah antara 15.000 dan 110.000 orang dan diorganisir pada jalur konvensional, dengan unit infantri, kavaleri, dan artileri; Baterai artileri dipasang pada setiap brigade infanteri. Kavaleri Makhno menggabungkan pasukan berkuda yang teratur dan tidak teratur (gerilya), dan dianggap sebagai yang paling terlatih dan paling mampu di antara unit kavaleri mana pun yang dikerahkan oleh pihak mana pun dalam Perang Saudara Rusia. Pemerintah Bolshevik dan komandan Tentara Merah sering menyebut Tentara Hitam sebagai "pasukan Makhnovis", karena mereka dengan tegas menolak memberikan kepada kaum anarkis Ukraina status memiliki tentara atau gerakan politik yang sah. Volin menggambarkan Tentara Hitam Pemberontak saat itu (kurang kavaleri, yang biasanya berada jauh sekali) sebagai berikut: Infantri, ketika tidak bertempur, memimpin pawai pasukan ... [Tentara Hitam juga menggunakan kereta kuda kereta atau] tachankas. Masing-masing kendaraan, yang ditarik oleh dua kuda, membawa pengemudi di kursi depan dan dua tentara di belakang mereka. Di beberapa bagian senapan mesin dipasang di kursi di antara mereka. Artileri membawa bagian belakang. Bendera hitam besar melayang di atas gerbong pertama. Slogan-slogan Kebebasan atau Kematian dan Tanah bagi Para Petani, Pabrik-Pabrik untuk Para Pekerja disulam dengan perak di kedua sisinya. Hambatan utama bagi tentara anarkis, dan yang tidak pernah dapat diatasi selama keberadaannya, adalah kurangnya akses ke sumber daya industri manufaktur primer, khususnya pabrik yang mampu menghasilkan sejumlah besar senjata dan amunisi. Ditolak pengiriman senjata besar-besaran dari pemerintah Bolshevik di Moskow, dan tanpa pusat-pusat manufaktur arsenal sendiri, Tentara Hitam terpaksa mengandalkan tangkapan dari depot amunisi dan pasokan dari pasukan musuh, dan untuk mendapatkan makanan dan kuda dari warga sipil setempat.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Pada pertengahan 1919, Tentara Pemberontak Revolusioner Ukraina memiliki kekuatan sekitar 15.000 pasukan yang diorganisir menjadi 1 kavaleri dan 4 Brigade Infantri, sebuah resimen senapan mesin dengan 5.000 senjata, dan sebuah detasemen artileri. Pada puncaknya pada Bulan Desember 1919, ia memiliki sekitar 83.00 Infanteri, 20.135 kavaleri, 1.435 senapan mesin, dan 118 senjata, serta 7 kereta lapis baja dan beberapa mobil lapis baja. Itu diorganisir menjadi 4 Korps dan cadangan strategis. Setiap Korps memiliki 1 Infanteri dan 1 Brigade kavaleri; setiap Brigade memiliki 3 - 4 Resimen dengan tipe yang sesuai.

Komandan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Revolutionary Insurrectionary Army of Ukraine". Anarchy Wiki (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-04.