Tempat Ziarah Bunda dari Eropa (Italia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Patung Madonna d'Europa dalam kabut.

Tempat Ziarah Bunda dari Eropa (bahasa Italia: Santuario di Nostra Signora d'Europa; bahasa Lombard Barat: Santüari se la Madòna d'Europa) adalah sebuah tempat ziarah Katolik yang terletak di Campodolcino, Lombardia, Italia. Tempat suci ini didekisasikan untuk Bunda dari Eropa (bahasa Italia: Madonna d'Europa; bahasa Lombard Barat: Madòna d'Europa) dan saat ini markas besar Pusat Perdamaian Ekumenis Eropa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Selama akhir 1950-an, sektor-sektor Katolik merasa bahwa gerakan Eropa akan membutuhkan dimensi Katolik dan pemikiran untuk menempatkan Eropa di bawah perlindungan Santa Perawan Maria. Namun, mereka tidak menyadari bahwa devosi semacam itu sudah ada, meskipun pada tingkat lokal, di wilayah Gibraltar Inggris (di mana tempat ziarah asli yang dikhususkan untuk Bunda Maria masih ada hingga hari ini) dan pada tingkat lebih rendah di beberapa lokasi tetangga di Spanyol. Gerakan yang didukung oleh Uskup Agung Milan, memutuskan untuk menempatkan sebuah patung di wilayah Pegunungan Alpen Italia, yang menandai pusat hidrologi Eropa, karena itu adalah DAS yang memisahkan hulu dari sungai Rhine, Danube dan Po.

Monumen ini diberkati oleh Uskup Agung Milan Giovanni Montini (kemudian Paus Paulus VI) pada tanggal 14 September 1958.

Patung[sunting | sunting sumber]

Sebuah patung setinggi 13 meter (43 ft) untuk menghormati Bunda Maria dari Eropa didirikan di 1.925 meter (6.316 ft) di atas permukaan laut[1] di Motta, sebuah frazione dari comune Campodolcino di lereng barat Valle Spluga di utara Chiavenna. Patung ini merupakan patung berbahan dasar perunggu emas, yang dipahat oleh Egidio Casagrande mengambil inspirasi dari Kain Kafan Turin. Patung itu bertumpu pada struktur melingkar di atas tempat suci dengan altar di bawahnya. Strukturnya berbobot 4 ton (8.800 pon).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Map – Skiarea Valchiavenna".