Bunda dari Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bunda dari Eropa
Plakat Gibraltar - Bunda dari Eropa, Gibraltar.[1]
Dihormati diGibraltar Gibraltar
Uni Eropa Eropa
Tempat ziarahTempat Ziarah Bunda dari Eropa
Pesta5 Mei (Hari Eropa) sejak 1979; sebelumnya dirayakan pada tanggal 30 Mei dan 15 Agustus
Pelindung

Bunda Maria dari Eropa (Spanyol: Nuestra Señora de Europa atau Virgen de Europa) adalah gelar yang diberikan kepada pelindung Santa Perawan Maria dari Gibraltar[2] dan pelindung Eropa.[3] Seluruh benua Eropa ditahbiskan di bawah perlindungan Bunda Maria dari Eropa pada awal abad ke-14 dari Tempat Ziarah di Gibraltar tempat pengabdian berlanjut hingga hari ini, lebih dari 700 tahun.[2][4]

Bersama dengan Santo Bernardus dari Clairvaux, Bunda Maria menjadi seorang santa pelindung Katolik Gibraltar, dan sebagai pelindung seluruh Benua Eropa.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Title origin". 
  2. ^ a b "Shrine Our Lady of Europe - Keuskupan Katolik Gibraltar". Gereja Katolik (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-05-02. 
  3. ^ .aspx "Gibraltar Our Lady of Europa 20p" Periksa nilai |archive-url= (bantuan). www.westminstercollection.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-03-03. 
  4. ^ Bon, Patrice (2019-04-28), Français: Informations sur le Sanctuaire marial de Notre-Dame de l'Europe, afficher dans une exposition au Sanctuaire de Lourdes, à l'accueil Jean-Paul II, diakses tanggal 2019-05-02