Televisi digital terintegrasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Televisi digital terintegrasi (disingkat IDTV atau iDTV) adalah perangkat televisi dengan tuner digital internal, baik untuk DVB-T2, DVB-S2, DVB-C, DMB-T/H, standar ATSC, atau ISDB. Sebagian besar dari mereka juga memungkinkan penerimaan sinyal analog (PAL, SECAM atau NTSC). Mereka tidak memerlukan dekoder untuk mengkonversi sinyal-sinyal tersebut untuk penerimaan di televisi.

Sebagian besar iDTV tidak memiliki dukungan bawaan untuk TV berbayar. Oleh karena itu, banyak iDTV yang dilengkapi dengan slot antarmuka umum untuk modul akses bersyarat. iDTV juga dapat menyertakan fitur lain dari platform televisi digital, seperti mesin televisi interaktif dan dukungan saluran kembali. Sejumlah kecil iDTV menyertakan perekam video digital, yang menggantikan kebutuhan akan PVR eksternal. Namun, untuk menggunakan perekam video digital, diperlukan dekoder digital tersendiri.

Tuner tertentu bervariasi di setiap negara. Sebagai contoh, di banyak negara Eropa seperti Jerman dan Swedia, DVB-C (kabel) adalah tuner TV digital yang paling umum di televisi, sedangkan di Britania Raya, sebagian besar televisi memiliki tuner DVB-T (terestrial).

Referensi[sunting | sunting sumber]