Ted Koppel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ted Koppel
Lahir 2 Agustus 1940 (umur 73)
Lancashire, Inggris
Pendidikan Universitas Syracuse, Universitas Stanford
Pekerjaan wartawan

Edward James "Ted" Koppel (lahir di Lancashire, Inggris, 8 Februari 1940; umur 74 tahun) adalah wartawan Amerika Serikat yang dikenal sebagai mantan presenter berita Nightline. Koppel telah memenangi berbagai penghargaan di bidang penyiaran, di antaranya 37 Penghargaan Emmy, 6 Penghargaan Peabody, 10 Penghargaan duPont-Columbia.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Ted Koppel dilahirkan di Lancashire, Inggris sebagai anak tunggal. Kedua orang tuanya adalah keturunan Yahudi-Jerman yang melarikan diri dari Jerman setelah Adolf Hitler mulai berkuasa. Keluarganya pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1953. Setelah lulus dengan gelar Bachelor of Science dari Universitas Syracuse, Koppel mendapat gelar Master of Arts di bidang riset komunikasi massa dan ilmu politik dari Universitas Stanford. Sewaktu mahasiswa, ia adalah anggota fraternitas Pi Kappa Alpha.

Ia memulai karier bidang penyiaran di radio WMCA New York. Pada tahun 1963, ia diterima bekerja sebagai koresponden ABC Radio News membawakan laporan harian yang disebut Flair Reports. Ted Koppel pindah kerja ke ABC Television pada tahun 1966 sebagai reporter Perang Vietnam.

Nama Ted Koppel mencuat sebagai jangkar program berita Nightline. Posisi jangkar dipegangnya selama 25 tahun sejak Nightline mulai mengudara pada 24 Maret 1980. Setelah 42 tahun bekerja untuk ABC, Koppel mengundurkan diri dari ABC dan Nightline sejak 22 November 2005.

Setelah itu, Ted Koppel mengisi berbagai jabatan di media massa, termasuk sebagai redaktur pengelola Discovery Channel, kolumnis The New York Times (sejak 19 Januari 2006),[2], dan komentator Morning Edition, All Things Considered, dan Day to Day di National Public Radio bersama analis senior Cokie Roberts dan Daniel Schorr.[3]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Koppel adalah seorang multilingual yang fasih bahasa Jerman, Rusia, dan Perancis selain bahasa ibunya bahasa Inggris.

Pada tahun 1963, ia menjadi warga negara Amerika Serikat melalui naturalisasi, dan menikah dengan Grace Anne Dorney pada bulan Mei tahun yang sama. Keduanya dikaruniai 4 orang anak: Andrea Koppel (wartawan spesialis Cina), Deirdre, Andrew, dan Tara.

Salah seorang teman lamanya adalah Henry Kissinger. Koppel dan Kissinger keduanya berasal dari keluarga Yahudi Eropa yang pindah ke Amerika Serikat sewaktu masih kecil. Sewaktu masih menjabat Menteri Luar Negeri, Kissinger menawarkan jabatan juru bicara kepada Koppel namun ditolaknya. Selain mantan Menteri Luar Negeri AS Alexander Haig, Kissinger adalah tamu yang paling sering hadir dalam Nightline.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ted Koppel Nightline's Longtime Anchor". ABC News. 5 Oktober 2004. Diakses 19 Oktober 2008. 
  2. ^ "Koppel Takes Posts at The Times and NPR". The New York Times. 13 Januari 2006. Diakses 18 Oktober 2008. 
  3. ^ "Ted Koppel to Join NPR as Senior News Analyst". NPR. 12 Januari 2006. Diakses 18 Oktober 2008. 
  4. ^ "Ted Koppel: 'Natural Fit' at NPR News and Longtime Booster of Henry Kissinger". Fairness & Accuracy in Reporting (FAIR). 16 Januari 2006. Diakses 18 Oktober 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Frank Reynolds
Presenter berita Nightline
24 Maret 1980-22 November 2005
Diteruskan oleh:
Terry Moran, Cynthia McFadden, dan Martin Bashir