Tata Janeeta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tata Janeeta
LahirShinta Dewi
18 September 1982 (umur 39)
Bendera Indonesia Bandung, Indonesia
Nama lainShinta Janeeta
Tata Janeeta
PekerjaanPenyanyi, model
Suami/istriEfran Fitrianto (bercerai 21 Maret 2013)
Mehdi Zati (2018-2019)
Brotoseno (k. 2020)
Anak3
Karier musik
GenrePop, rok
Tahun aktif2005 - sekarang
Label2007-2008: EMI Music Indonesia
2009-sekarang: Swara Dewanaga
Artis terkaitMahadewi, Duo Maia
Mantan anggotaDewi Dewi (2007–2008)
Mahadewi (2008–2012)

Tata Janeeta (lahir 18 September 1982) adalah seorang penyanyi dan model Indonesia. Ia merupakan mantan anggota grup vokal wanita Dewi Dewi dan Mahadewi. Dan ia pernah berduet dengan Maia Estianty yang dikabarkan menjadi penggantinya Mey Chan di Duo Maia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Awal karier[sunting | sunting sumber]

Sejak kecil Tata telah memiliki cita-cita ingin menjadi penyanyi karena terinspirasi dari kakak perempuannya yang sudah mempunyai penghasilan sendiri sebagai penyanyi café.[1] Tata mulai serius menekuni bidang musik sejak lulus dari bangku SMA dengan membentuk grup musik Tequilla Band bersama teman-temannya. Tata juga mengikuti jejak sang kakak dengan menjadi penyanyi café.

Pada tahun 2005, Tata mulai mencoba mewujudkan obesesinya menjadi penyanyi terkenal dengan mengikuti audisi Indonesian Idol 2. Pada ajang yang ditayangkan di RCTI ini Tata berhasil menyingkirkan ribuan peserta, hingga akhirnya harus tersenggol pada 24 besar.

Tata tidak putus asa, 2 tahun kemudian ia kembali mencoba peruntungan dengan mengikuti audisi bertajuk "Obsesi Dewa 19 Mencari Dewi Dewi" pada bulan Februari 2007. Kontes menyanyi ini digagas oleh pentolan Dewa 19, Ahmad Dhani, untuk mencari 3 orang wanita yang akan menjadi personel grup Dewi Dewi. Audisi ini diselenggarakan di Jakarta dan Bandung ditayangkan oleh SCTV. Dewi keberuntungan akhirnya menghampiri Tata. Suaranya yang khas dan ngerock berhasil menarik simpati Ahmad Dhani hingga akhirnya Tata terpilih bersama Ina dan Purie, mengalahkan ribuan peserta yang ingin menjadi bintang. Tata juga dikontrak Republik Cinta Management selama 5 tahun, terhitung 2007 hingga 2012.

Dewi Dewi[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Mei 2007, Tata merilis album pertamanya bersama Dewi Dewi bertajuk Recycle +. Album ini melejitkan 2 buah hits berjudul "Dokter Cinta" dan "Begitu Salah Begitu Benar". Setelah setahun berkolaborasi, Ina kemudian memutuskan hengkang dari Dewi Dewi pada 1 Juni 2008. Tata pun masih mengibarkan bendera Dewi Dewi berdua saja dengan Purie dan sempat merilis single berjudul "Sakit Bukan Main" bersama Mulan Jameela pada Agustus 2008. Dewi Dewi akhirnya resmi dibubarkan Ahmad Dhani pada Desember 2008 akibat tidak adanya kejelasan pengganti Ina.

Mahadewi[sunting | sunting sumber]

Sepekan pasca pembubaran Dewi Dewi, Tata bersama Purie akhirnya sepakat membentuk grup baru berformat duo dengan nama Mahadewi. Dengan grup baru ini Tata juga merasa lebih nyaman dan tidak terikat konsep Dewi Dewi. Tata dan Purie mengeluarkan single duet pertama mereka di awal Januari 2009 berjudul "Sumpah I Love You". Album perdana Mahadewi berjudul Dewi Cinta dirilis resmi pada 27 Februari 2009.

Dikabarkan akan menjadi vokalis Duo Maia[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2017 Tata pernah dikabarkan menjadi vokalis Duo Maia. Semenjak grup itu ditinggal oleh salah satu vokalisnya, Meychan. Kemudian ia menjelaskan, sampai saat ini masih belum ada kejelasan dari Maia Estianty yang akan mengangkat dirinya menjadi vokalis di grup tersebut.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ketika diberondong pertanyaan oleh wartawan, artis bersuara nge-rock dan berambut panjang yang akrab dipanggil Tata ini membenarkan kabar tentang pernikahannya dengan Efran Fitrianto. Menurut Tata, pernikahannya itu tidak dilakukan diam-diam atau disembunyikan. Ia sengaja tidak mengumbar kabar bahagianya itu kepada publik karena menginginkan pernikahan yang sakral.

Tata juga mengatakan bahwa pernikahannya itu dilangsungkan di Jakarta, bukan di luar negeri sebagaimana kabar yang beredar. Sang suami bekerja di dunia yang sama dengan dia. Hanya saja, Efran juga punya usaha lain di luar dunia entertainment.

Setelah berumah tangga, Tata tetap bekerja seperti biasa, manggung bareng Purie. Semua pekerjaan dan aktivitasnya tak berbeda dengan sebelum dia menikah.

Pasangan Tata dan Efran resmi bercerai pada tanggal 21 Maret 2013 di Pengadilan Agama Cibinong dengan putusan verstek (tanpa dihadiri Efran). Hak Asuh Anak dan juga Talak Satu diputuskan diberikan kepada Tata.[2]

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Produksi
2018 Menembus Mata Bathin The Series (Bintang Tamu) Hanifah (Eps 95) Verona Pictures
2019 Firasat (Bintang Tamu) (Eps 33)

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]