Tarusan, Dusun Utara, Barito Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tarusan
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Tengah
Kabupaten BuntokBarito Selatan
KecamatanDusun Utara, Pendang
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Tarusan adalah salah satu desa kecil di kecamatan Dusun Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Indonesia. Mayoritas suku yang menghuni desa adalah orang Bakumpai sebagai Hakei disebut atau orang-orang muslim dominan dan sebagian lain adalah Kaharingan orang Dusun disebut untuk orang-orang yang non muslim. Desa Tarusan merupakan desa yang terletak di paling ujung kecamatan Dusun Utara, Kabupaten Barito Selatan sebelumnya ada Desa Reong dan Gunung Rantau bila ke hulu sungai Barito dari kabupaten Barito Selatan Buntok dan sesudah desa kecil Mampaing dan Malegoi juga kecamatan Montalat bila ke hilir sungai Barito dari kabupaten Barito Utara Muara Teweh. Letaknya di tengah-tengah sebut saja desa perbatasan selain Malegoi dan Mampaing antara Barito Selatan dan Barito Utara Kalimantan Tengah. Penghasilan penduduk sangat bergantung dengan alam sekitar, pekerjaan penduduk dominannya adalah seperti memagat ( Mencari rotan), menurih ( menyadap karet), Nelayan, dll.

Saat tulisan ini ditulis desa itu masih tidak terjangkau jalan darat sebab fasilitas tidak ada yang menghubungkan desa tersebut dengan desa sekitar, begitu pula fasilitas lain seperti listrik ( masih banyak yang pakai genset dan listrik lokal), signal jauh. Satu-satunya akses adalah jalan sungai.

Menurut cerita dari orang tua dahulu nama " Tarusan" konon nama tersebut di berikan oleh leluhur yang merupakan makhluk dari alam ghaib ketika awal mula ketika ditanya oleh orang tua dahulu yang mau menghuni desa itu. Kebenarannya bisa diuji dengan penelitian lebih lanjut bisa saja hanya sekadar mitos yang berkembang.