Tarum laut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tarum laut
Sophora tomentosa

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN153759100
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladfabids
OrdoFabales
FamiliFabaceae
SubfamiliFaboideae
TribusSophoreae
GenusSophora
SpesiesSophora tomentosa
Linnaeus, 1753

Sophora tomentosa, juga dikenal sebagai tarum laut, adalah semak pantropis [1] atau pohon kecil dalam keluarga Fabaceae . Biasanya tingginya berkisar antara 4 hingga 10 kaki dan sering terjadi pada kondisi pesisir dan dekat lahan basah. [2]

Tarum laut adalah tanaman sari bunga untuk lebah, kupu-kupu, dan juga burung kolibri di beberapa bagian Amerika. Disarankan untuk digunakan oleh penggemar tanaman asli di Florida sebagai tanaman lanskap yang baik untuk tata bentang kering [3] tetapi hanya secara alami terjadi di daerah pesisir di bagian tengah dan selatan negara bagian, [2] sementara varietas yang terkait erat terjadi di Texas, dan Karibia .[4] Varietas tarum laut yang tumbuh di Australia dianggap sebagai spesies yang terancam punah di beberapa daerah karena pembukaan habitat pesisir dan perpindahan oleh spesies invasif.[5]

Di Sri Lanka tanaman ini dikenal dengan nama moodu murunga . Sejenis polong yang tidak dapat dimakan memiliki beberapa kesamaan dengan pohon kelor. Ini telah digunakan untuk membuat racun ikan, penolak serangga dan laba-laba dll, khususnya di Afrika.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sophora tomentosa". Germplasm Resources Information Network (GRIN). Agricultural Research Service (ARS), United States Department of Agriculture (USDA). Retrieved 2011-06-09.
  2. ^ a b Wunderlin, Richard; Bruce Hansen. "Atlas of Florida Vascular Plants". Institute for Systematic Botany, University of South Florida, Tampa. Diakses tanggal 24 March 2011. 
  3. ^ Gann, G.D. "Natives For Your Neighborhood". The Institute for Regional Conservation, Miami. Diakses tanggal 24 March 2011. 
  4. ^ "plants.usda.gov". US Department of Agriculture. Diakses tanggal 24 March 2011. 
  5. ^ "Sophora tomentosa (a shrub) - endangered species listing". New South Wales Department of Environment, Climate Change and Water. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 July 2008. Diakses tanggal 24 March 2011.