Tapakulo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tapakulo
Rhinocryptidae

Moustached turca (Pteroptochos megapodius)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliRhinocryptidae
Wetmore, 1930
Tata nama
Sinonim taksonPteroptochidae
Genera
Distribusi

Tapakulo atau tapakolo[1] [2] adalah famili, Rhinocryptidae, dari burung pengicau suboscine kecil, yang banyak ditemukan di Amerika Selatan dan dengan keanekaragaman tertinggi di kawasan Andes . Tiga spesies ( Chocó, Tacarcuna, dan muka-perak) ditemukan di Amerika Tengah bagian selatan.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Tapakulo adalah burung berukuran kecil hingga sedang, dengan panjang total berkisar antara 10–24 cm (4 – 9½ di dalam). Ini adalah spesies terestrial yang terbang buruk hanya dengan sayap pendeknya. Mereka mempunyai kaki yang kuat, cocok dengan habitatnya di padang rumput atau semak-semak hutan. Ekornya dimiringkan dan diarahkan ke kepala, dan nama tapaculo mungkin berasal dari bahasa Spanyol untuk cawat. Penjelasan lain yang mungkin adalah bahwa nama hewan ini berasal dari nama Chili untuk tapakulo leher-putih,yaitu tapaculo saja, yang merupakan referensi onomatopoeik untuk lagunya yang umum didengar.

Meskipun sebagian besar familinya adalah burung kecil berwarna kehitaman atau coklat, ada beberapa spesies yang lebih besar dan lebih berwarna. Semua tapakulo adalah burung yang mengintai yang sering tinggal rendah di vegetasi lebat, bahkan spesies yang lebih besar dan berwarna-warni, dan ini membuat mereka sulit untuk dilihat.

Mereka memakan serangga, biji-bijian dan bahan tanaman lunak lainnya dengan paruhnya yang runcing, dan akan mencakar tanah seperti burung pegar .

Sebagian besar spesies bertelur dua atau tiga telur putih di lokasi tertutup, baik di liang, lubang di pohon, atau sarang berbentuk kubah. [3]

Status dan konservasi[sunting | sunting sumber]

Beberapa spesies mempunyai distribusi yang sangat terlokalisasi dan, karena penerbang yang buruk, mereka dengan mudah terisolasi dalam populasi kecil. BirdLife International saat ini (2007) mempertimbangkan satu spesies rentan ( Scytalopus panamensis ), tiga spesies terancam punah ( S. iraiensis, S. rodriguezi dan S. robbinsi ), dan dua spesies terancam punah ( Eleoscytalopus psikopompus dan Merulaxis stresemanni ). Kedua spesies yang terancam punah ini hanya ditemukan di hutan Atlantik di Brasil bagian timur, dan baru ditemukan kembali setelah beberapa tahun tanpa catatan apa pun.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Pteroptochos – huet-huet dan turka kumis (3 species)

Scelorchilus – tapakulo (2 spesies)

Liosceles – tapakulo noda-karat

Psilorhamphus – cikrak-bambu totol

Acropternis – tapakulo bintik-putih

Rhinocrypta – Galito jambul

Teledromas – Galito coklat-pasir

Eleoscytalopus – Tapakulo (2 spesies)

Merulaxis – Dahi-kejur (2 spesies)

Myornis – tapakulo bulu-kelabu

Eugralla – tapakulo pinggang-kuning

Scytalopus – tapakulo (49 spesies)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "tapaculo". The Chambers Dictionary (edisi ke-9th). Chambers. 2003. ISBN 0-550-10105-5. 
  2. ^ "Tapacolo". Merriam-Webster Dictionary. 
  3. ^ Krabbe & Schulenberg 2003, hlm. 759-761.