Tanjungharjo, Kapas, Bojonegoro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tanjungharjo
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenBojonegoro
KecamatanKapas
Kodepos
62181
Kode Kemendagri35.22.14.2007 Edit the value on Wikidata
Luas6.14 km²
Jumlah penduduk5.623 jiwa
Kepadatan91,580 jiwa/km²

Tanjungharjo adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia. Kepala Desanya bernama Suyono.

Di desa Tanjungharjo terdapat tiga dukuh, yakni Karang, Tandingoro dan Ngitik . Konon katanya, dalam penamaan desa ini ada sejarahnya. (1) Karang artinya Tempat mengarang atau menyusun strategi penyerangan, (2) Tandingoro artinya: Tanding Neng or-Oro (berperang di lahan tandus yang luas) yang sekarang merupakan lahan pertanian yang subur dan (3) Ngitik atau Nitik (Jawa) artinya meninjau, memeriksa kembali keadaan setelah peperangan.

Kemudian dari ketiga dukuh tersebut oleh Bupati Bojonegoro yang bernama Raden Sumantri (Raden Adipati Ario Kusumo Adi Negoro) digabung menjadi desa Tanjungharjo yang artinya desa yang kuat, berwibawa dalam kemakmuran dan kesejahteraan.[1]

Masyarakatnya agraris dengan komoditas pertanian utamanya tanaman pangan, padi dan palawija. Kelembagaan Petani yang ada di Desa Tanjungharjo terdiri dari satu Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) dan tiga Kelompok Tani yaitu Ngudi Karyo, Ngestu Tani dan Ngudi Tirto Tani yang di bina oleh THL TB Penyuluh Pertanian bernama Didik Rudianto

Perbatasan[sunting | sunting sumber]

Utara Desa Sembung dan Wedi
Timur Kecamatan Sukosewu
Selatan Desa Tapelan, Padang Mentoyo, dan Kumpulrejo
Barat Desa Tapelan dan Padang Mentoyo


  1. ^ Lilik Rif'atin, Legenda Desa Tanjungharjo, (Bojonegoro: Praktik Mandiri, 2018), hlm. 51. Dan dikutip oleh Nur Mu'minatin.