Tanjung Harapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tanjung Harapan Baik)
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk kegunaan lain dari Tanjung Harapan, lihat Tanjung Harapan (disambiguasi).

Penemuan Amerika, dan bahwa suatu bagian ke Hindia Timur oleh Tanjung Harapan, adalah dua peristiwa terbesar dan terpenting yang tercatat dalam sejarah umat manusia.

- Adam Smith (1776), Wealth of Nations[1]

Peta yang menunjukkan lokasi dari Tanjung Harapan Baik dan Tanjung Agulhas.

Tanjung Harapan (disebut juga Tanjung Harapan Baik; bahasa Inggris: Cape of Good Hope, bahasa Afrikaans: Kaap van Goeie Hoop, bahasa Belanda: Kaap de Goede Hoop [ˌkaːb də ˌɣudə ˈɦoːp]  ( dengarkan),[2] bahasa Portugis: Cabo da Boa Esperança [ˈkabu dɐ ˈboɐ ʃpɨˈɾɐ̃sɐ]) adalah sebuah tanjung bebatuan yang terletak di pantai yang menghadap Samudera Atlantik di Afrika Selatan. Banyak salah paham yang menyatakan bahwa Tanjung Harapan adalah ujung paling selatan dari Benua Afrika, namun sebenarnya ujung selatan dari Benua Afrika ada pada tempat yang berada 150 km ke arah tenggara bernama Tanjung Agulhas.[3] Kesalah pahaman tersebut diyakini bermula karena Tanjung Harapan merupakan titik geografi penting bagi para pelayar Portugis yang ingin berlayar menuju belahan dunia timur.

Ketika mengikuti sisi barat garis pantai Afrika dari khatulistiwa, Tanjung Harapan menandai titik di mana sebuah kapal mulai bergerak lebih ke arah timur daripada ke selatan. Dengan demikian, pembulatan nilon modern pertama di tahun 1488 oleh penjelajah Portugis Bartolomeu Dias merupakan tonggak sejarah dalam upaya orang Portugis untuk membangun hubungan perdagangan langsung dengan Timur Jauh (mskipun Herodotus menyebutkan sebuah klaim bahwa Phoenicia telah melakukannya jauh sebelumnya).[4] Dias menyebut tanjung ini Cabo das Tormentas ("Tanjung Badai"; bahasa Belanda: Stormkaap), yang merupakan nama asal dari "Tanjung Harapan".[5]

Sebagai salah satu tanjung besar di Laut Atlantik Selatan, Tanjung Harapan telah lama sangat penting bagi para pelaut, banyak di antaranya merujuknya hanya sebagai "the Cape".[6] Ini adalah titik jalan menuju Cape Route dan rute penjepit yang diikuti oleh kapal penjepit menuju Timur Jauh dan Australia, dan masih diikuti oleh beberapa yacht lepas pantai.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Penanda pada Tanjung Harapan

Tanjung Harapan adalah ujung paling selatan dari Cape Peninsula, sekitar 2.3 kilometer (1.4 mi) disebelah barat dan agak selatan dari Cape Point pada sudut arah tenggara. Cape Town berada sekitar 50 kilometer sebelah utara Tanjung, di Table Bay di ujung utara Peninsula. Peninsula membentuk batas barat False Bay. Secara geologis, bebatuan ditemukan di dua tanjung, dan memang di sebagian besar semenanjung, merupakan bagian dari Cape Supergroup, dan terbentuk dari jenis batupasir yang sama dengan Table Mountain sendiri. Baik Tanjung Harapan dan Cape Point menawarkan pemandangan spektakuler; seluruh bagian selatan Cape Peninsula adalah taman nasional yang liar, kasar, indah dan umumnya belum terjamah.

Istilah the Cape juga telah digunakan dalam pengertian yang lebih luas, untuk menunjukkan wilayah koloni Eropa yang berpusat di Cape Town, dan kemudian Provinsi di Afrika. Sejak tahun 1994, telah dipecah menjadi tiga provinsi yang lebih kecil: Western Cape, Eastern Cape dan Northern Cape; bagian dari provinsi ini juga diserap ke North West.

Legenda[sunting | sunting sumber]

Tanjung Harapan; terlihat ke arah barat, dari tebing di atas pantai Cape Point.
  • Tanjung Harapan merupakan rumah bagi legenda The Flying Dutchman. Diawaki oleh pelaut hantu yang tersiksa dan terkutuk, kapal tersebut ditakdirkan selamanya untuk mengalahkan jalan melalui perairan yang berdekatan tanpa pernah berhasil mengelilingi Tanjung.
  • Adamastor adalah karakter mitologis Yunani yang ditemukan oleh penyair Portugis Luís de Camões dalam puisi epiknya Os Lusíadas (dicetak pertama kali pada tahun 1572), sebagai simbol kekuatan alam yang harus diatasi oleh navigator Portugis selama penemuan mereka dan lebih khusus lagi tentang bahaya yang dihadapi pelaut Portugis saat mencoba mengelilingi Tanjung Badai.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smith, Adam (1776), Wealth of Naitons, Penn State Electronic Classics edition, republished 2005, p.508
  2. ^ Pembacaan [ˌkaːp də ˌɣudə ˈɦoːp].
  3. ^ "Cape of Good Hope, South Africa - 360° Aerial Panoramas". 
  4. ^ The first circumnavigation of Africa. livius.org
  5. ^ Sarah Mytton Maury (1848). Englishwoman In America. p. 33. 
  6. ^ Along the Clipper Way, Francis Chichester; page 78. Hodder & Stoughton, 1966. ISBN 0-340-00191-7

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 34°21′24,63″LU 18°28′26,36″BT / 34,35°LS 18,46667°BT / -34.35000; 18.46667 (Cape of Good Hope)