Herodotos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Herodotus)

Herodotos
Salinan Romawi (abad ke-2 M) dari Herodotos Yunani dari paruh pertama abad ke-4 SM
Nama asalἩρόδοτος
Lahirc. 484 SM
Halikarnasos, Karia, Anatolia, Kekaisaran Persia
Meninggalc. 425 SM (sekitar umur 60)
Thurii, Calabria atau Pella, Makedonia
PekerjaanSejarawan
Karya terkenalHistoria
Orang tua
  • Lyxes (ayah)
  • Dryotus (ibu)
Kerabat
  • Theodorus (saudara)
  • Panyassis (paman atau sepupu)

Herodotos (bahasa Yunani: Ἡρόδοτος, Hēródotos; Latin: Herodotus) adalah sejarawan Yunani Kuno yang lahir di Halikarnasos, Karia (Bodrum, Turki modern) dan hidup pada abad ke-5 SM (sekitar 484 SM - 425 SM). Dia disebut sebagai "Bapak Sejarah" karena ia adalah sejarawan pertama yang diketahui mengumpulkan bahan-bahannya secara sistematis, menguji akurasinya sampai batas tertentu, dan menyusunnya dalam bentuk narasi yang terstruktur secara jelas.[1] Historia - mahakarya sekaligus satu-satunya karyanya yang diketahui - merupakan catatan "penyelidikan"-nya tentang sejarah Perang Yunani-Persia. Catatannya meliputi informasi geografi dan etnografi. Meski beberapa tulisannya tidak akurat, dia mengklaim bahwa dia hanya menuliskan apa yang telah diceritakan kepadanya. Tidak banyak yang diketahui mengenai kehidupannya.

Perjalanan hidup[sunting | sunting sumber]

Kunjungan ke Memphis[sunting | sunting sumber]

Heodotos mengunjungi Memphis di Mesir sekitar tahun 485 SM. Kunjungannya ini untuk mengamati patung-patung raja yang disimpan di ruang bawah tanah. Patung-patung ini diletakkan pada posisi sejajar satu sama lain. Selama di ruang bawah tanah, Herodotos bersama dengan seorang pendeta dan berdiskusi dengannya tentang ukiran kayu berukuran kolosal yang ada di dalam ruang bawah tanah. Ukiran kayu ini merupakan serangkaian ukiran yang jumlahnya sebanyak 345 ukiran. Sosok yang diukir di dalam ukiran-ukiran tersebut diyakini oleh penduduk Memphis sebagai makhluk lain yang memerintah Memphis sebelum masa pemerintahan Menes.[2]

Tempat dalam sejarah[sunting | sunting sumber]

Fragmen dari Historia buku VIII pada Papirus Oxyrhynchus 2099, awal abad ke-2 M

Herodotus mengumumkan ukuran dan lingkup karyanya pada permulaan tulisannya Historia:[3]

Catatannya atas prestasi orang-orang lain merupakan suatu prestasi tersendiri, meskipun masih diperdebatkan nilainya. Tempatnya pada sejarah dan nilai pentingnya dapat dipahami menurut tradisi masa kerjanya. Karyanya merupakan salah satu prosa Yunani tertua yang terlestarikan utuh. Namun, Dionysius dari Halicarnassus, seorang kritikus sastra dari Augustan Rome, menulis daftar tujuh pendahulu Herodotus, menggambarkan karya-karya mereka sebagai kisah yang sederhana, tanpa bumbu, yang unik termasuk kota-kota serta orang-orang, baik Yunani atau asing, termasuk legenda populer, kadang kala melodramatik dan naif, sering kali mengesankan yang dapat ditemui dalam karya Herodotus sendiri.[4] Sejarawan modern menganggap kronologinya tidak pasti. Menurut kisah kuno, para pendahulunya ini termasuk Dionysius dari Miletus, Charon dari Lampsacus, Hellanicus dari Lesbos, Xanthus dari Lydia dan, yang paling dapat dibuktikan dari semuanya, Hecataeus dari Miletus. Dari semua ini hanya sejumlah fragmen karya Hecataeus yang terlestarikan (dan keasliannya masih diperdebatkan)[5] tetapi memberikan sedikit gambaran tradisi pada masa Herodotus menulis Historia, sebagaimana pada kata pengantar karya Hecataeus, Genealogia:[6]

Historia[sunting | sunting sumber]

Historia merupakan mahakarya Herodotus yang ditulis pada paruh kedua pada abad ke-5 SM. Karya ini merupakan literatur sejarah pertama di dunia yang lengkap, detail, tersistematis dan komprehensif. Historia mendeskripsikan mengenai kultur masyarakat Yunani Kuno, mulai dari dinamika politiknya hingga fenomena budaya di daratan Asia dan Mediterania.[7]

Historia, juga dikenal sebagai "Penelitian" atau "Pertanyaan", oleh editor Aleksandria dibagi menjadi sembilan buku, dinamai "Sembilan Muse" - di mana "Muse Sejarah," Clio, mewakili buku pertama, diikuti oleh Euterpe, Thaleia, Melpomene, Terpsichore, Erato, Polymnia, Ourania dan Calliope masing-masing merupakan buku 2-9. Pada tingkat yang paling sederhana dan makna luas, Historia ini disusun sebagai sejarah dinasti dari empat raja-raja Persia:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ New Oxford American Dictionary, "Herodotus", Oxford University Press
  2. ^ Black, Jonathan (2015). Wiyati, Nunung, ed. Sejarah Dunia yang Disembunyikan [The Secret History of the World]. Diterjemahkan oleh Soekato, I. B., dan Toha, A. Jakarta: PT Pustaka Alvabet. hlm. 74. ISBN 978-602-9193-67-1. 
  3. ^ Dalam bahasa Yunani: Ἡροδότου Ἁλικαρνησσέος ἱστορίης ἀπόδεξις ἥδε, ὡς μήτε τὰ γενόμενα ἐξ ἀνθρώπων τῷ χρόνῳ ἐξίτηλα γένηται, μήτε ἔργα μεγάλα τε καὶ θωμαστά, τὰ μὲν Ἕλλησι, τὰ δὲ βαρβάροισι ἀποδεχθέντα, ἀκλεᾶ γένηται, τὰ τε ἄλλα καὶ δι 'ἣν αἰτίην ἐπολέμησαν ἀλλήλοισι.
  4. ^ A.R. Burn, Herodotus: The Histories, Penguin Classics, 1972, page 23, citing Dionysius On Thucydides
  5. ^ A.R. Burn, Herodotus: The Histories, Penguin Classics, 1972, page 27
  6. ^ FGH I, F.I
  7. ^ Mawardi, Rafi Aufa. "Mengenal Herodotus, Bapak Sejarah Dunia asal Yunani Kuno". detikedu. Diakses tanggal 2024-03-13. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]