Tangga nada kromatis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nada kromatik: setiap tuts satu oktaf pada keyboard piano

Tangga nada kromatik (atau tangga nada dua belas nada ) adalah sekumpulan dua belas nada (lebih lengkapnya, kelas nada ) yang digunakan dalam musik nada, dengan nada-nada yang dipisahkan oleh interval seminada . Instrumen kromatik, seperti piano, dibuat untuk menghasilkan tangga nada kromatik, sementara instrumen lain yang mampu menghasilkan nada yang bervariasi secara berlanjut, seperti trombon dan biola, juga dapat menghasilkan nada mikro, atau nada di antara nada yang tersedia pada piano.

Kebanyakan musik menggunakan subset tangga nada kromatik seperti tangga nada diatonis . Meskipun tangga nada kromatik merupakan hal mendasar dalam teori musik barat, tangga nada kromatik jarang digunakan secara langsung secara keseluruhan dalam komposisi atau improvisasi musik .

Definisi[sunting | sunting sumber]

Tangga nada kromatik adalah tangga nada musik dengan dua belas nada, masing-masing merupakan seminada, juga dikenal sebagai setengah langkah, di atas atau di bawah nada-nada yang berdekatan. Hasilnya, dalam temperamen setara 12 nada (penyetelan paling umum dalam musik Barat), tangga nada kromatik mencakup 12 nada yang tersedia. Jadi, hanya ada satu skala kromatik. [a] Rasio frekuensi satu nada dalam tangga nada dengan nada sebelumnya diberikan oleh .[1]

Dalam temperamen yang sama, semua seminada memiliki ukuran yang sama (100 sen ), dan ada dua belas seminada dalam satu oktaf (1200 sen). Hasilnya, nada-nada pada tangga nada kromatik dengan temper yang sama memiliki jarak yang sama.

The chromatic scale...is a series of half steps which comprises all the pitches of our [12-tone] equal-tempered system.

— Allen Forte (1979)[2]

All of the pitches in common use, considered together, constitute the chromatic scale. It is made up entirely of successive half steps, the smallest interval in Western music....Counting by half steps, an octave includes twelve different pitches, white and black keys together. The chromatic scale, then, is a collection of all the available pitches in order upward or downward, one octave's worth after another.

— Walter Piston (1987)[3]

A chromatic scale is a nondiatonic scale consisting entirely of half-step intervals. Since each tone of the scale is equidistant from the next [symmetry] it has no tonic [key].[4] ...
Chromaticism [is t]he introduction of some pitches of the chromatic scale into music that is basically diatonic in orientation, or music that is based on the chromatic scale instead of the diatonic scales.[5]

— Benward & Saker (2003)

Tangga nada kromatik naik dan turun ditunjukkan di bawah ini.

 {
\override Score.TimeSignature #'stencil = ##f
\relative c' {
 \clef treble \time 12/4
 c4^\markup { Ascending } cis d dis e f fis g gis a ais b
 c^\markup { Descending } b bes a aes g ges f e es d des c
 }
}
Skala kromatik digambar sebagai lingkaran
Nada-nada tangga nada diatonis (atas) dan nada-nada kromatik non-skala (bawah)

The twelve notes of the octave—all the black and white keys in one octave on the piano—form the chromatic scale. The tones of the chromatic scale (unlike those of the major or minor scale) are all the same distance apart, one half step. The word chromatic comes from the Greek chroma, color; and the traditional function of the chromatic scale is to color or embellish the tones of the major and minor scales. It does not define a key, but it gives a sense of motion and tension. It has long been used to evoke grief, loss, or sorrow. In the twentieth century it has also become independent of major and minor scales and is used as the basis for entire compositions.

— Roger Kamien (1976)[6]

Notasi[sunting | sunting sumber]

Lingkaran seperlima digambar dalam lingkaran berwarna sebagai dodekagram bintang .[7]

Skala kromatik tidak mempunyai ejaan enharmonik tetap yang selalu digunakan. Namun, ejaannya sering kali bergantung pada tanda kunci mayor atau minor dan apakah tangga nadanya menaik atau menurun. Pada umumnya tangga nada kromatik biasanya dinotasikan dengan tanda kres pada saat naik dan tanda mol pada saat turun. Hal ini juga dinotasikan agar tidak ada derajat skala yang digunakan lebih dari dua kali berturut-turut (misalnya, G  – G  – G ).

Demikian pula, beberapa nada tangga nada kromatik memiliki padanan enharmonik dalam solfege . Skala menaik adalah Do, Di, Re, Ri, Mi, Fa, Fi, Sol, Si, La, Li, Ti dan skala menurun adalah Ti, Te/Ta, La, Le/Lo, Sol, Se, Fa, Mi, Me/Ma, Re, Ra, Do, Namun, setelah 0 diberikan pada sebuah nada, karena kesetaraan oktaf, tangga nada kromatik dapat ditunjukkan secara jelas dengan angka 0-11 mod dua belas . Jadi dua perlima sempurna adalah 0-7-2. Baris nada, urutan yang digunakan dalam teknik dua belas nada, sering dianggap seperti ini karena semakin mudahnya membandingkan interval dan bentuk invers ( kesetaraan inversi ).

Penyetelan tala-rasional[sunting | sunting sumber]

Pythagoras[sunting | sunting sumber]

Konsepsi tangga nada kromatik yang paling umum sebelum abad ke-13 adalah tangga nada kromatik Pythagoras ( Play ). Karena teknik penyetelan yang berbeda, dua belas seminada dalam skala ini memiliki dua ukuran yang sedikit berbeda. Jadi, skalanya tidak simetris sempurna. Banyak sistem penyeteman lainnya, yang dikembangkan pada abad-abad berikutnya, memiliki asimetri serupa.

Dalam penyetelan Pythagoras (yaitu intonasi 3 batas saja ) tangga nada kromatik disetel sebagai berikut, dalam seperlima sempurna dari G hingga A berpusat pada D (dicetak tebal) (G –D –A –E –B –F–C–G– D –A–E–B–F –C –G –D –A ), dengan angka tajam lebih tinggi daripada angka enharmoniknya (sen dibulatkan menjadi satu desimal):

Di mana256⁄243 adalah seminada diatonis ( limma Pythagoras ) dan2187⁄2048 adalah seminada kromatik ( apotome Pythagoras ).

Skala kromatik dalam penyetelan Pythagoras dapat disesuaikan dengan penyetelan 17-EDO (P5 = 10 langkah = 705,88 sen).

Hanya intonasi[sunting | sunting sumber]

Dalam intonasi 5 batas saja tangga nada kromatik, tangga nada kromatik intens Ptolemy[butuh rujukan], adalah sebagai berikut, dengan nada datar lebih tinggi dari nada tajam enharmoniknya, dan nada baru antara E–F dan B–C (sen dibulatkan menjadi satu desimal):

Pecahan9⁄8 dan10⁄9 ,6⁄5 dan32⁄275⁄4 dan81⁄644⁄3 dan27⁄20, dan banyak pasangan lainnya yang dapat dipertukarkan, seperti81⁄80 ( koma sintonik ) dihilangkan.[butuh klarifikasi][ diperlukan klarifikasi ]

Tangga nada kromatik Tiongkok kuno disebut Shí-èr-lǜ . Namun, "tidak boleh dibayangkan bahwa gamut ini pernah berfungsi sebagai tangga nada, dan merujuk pada 'tangga nada kromatik Cina' adalah hal yang keliru, seperti yang dilakukan beberapa penulis Barat. Rangkaian dua belas nada yang dikenal sebagai dua belas hanyalah serangkaian catatan mendasar dari mana skala dapat dibangun." [8] Namun, "dari sudut pandang musik nada [tangga nada kromatik] bukanlah tangga nada yang berdiri sendiri, melainkan berasal dari tangga nada diatonis", menjadikan tangga nada kromatik Barat sebagai keseluruhan nada dasar yang dapat digunakan untuk menyusun tangga nada. demikian juga.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Ketan-nadaan
  • Kromatisme
  • Teknik dua belas nada
  • Musik abad ke-20#Klasik
  • "Sepanjang Malam" (lagu Cole Porter)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ As every chromatic scale is identical under transposition, inversion, and retrograde to every other.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jeans, James (1923). Science and Music. Cambridge University Press. hlm. 24–25 – via Internet Archive. 
  2. ^ Forte, Allen, Tonal Harmony, third edition (S.l.: Holt, Rinehart, and Wilson, 1979): pp. 4–5. ISBN 0-03-020756-8.
  3. ^ Piston, Walter (1987/1941). Harmony, p. 5. 5th ed. revised by DeVoto, Mark. W. W. Norton, New York/London. ISBN 0-393-95480-3.
  4. ^ Benward, Bruce; Saker, Marilyn Nadine (2003). Music in Theory and Practice. I (edisi ke-7th). hlm. 37. ISBN 978-0-07-294262-0. 
  5. ^ Benward & Saker (2003). "Glossary", p. 359.
  6. ^ Kamien, Roger (1990). Music: An Appreciation, p. 44. Brief edition. McGraw-Hill. ISBN 0-07-033568-0.
  7. ^ McCartin, Brian J. (November 1998). "Prelude to Musical Geometry". The College Mathematics Journal. 29 (5): 354–370 (364). doi:10.1080/07468342.1998.11973971. JSTOR 2687250. 
  8. ^ Needham, Joseph (1962/2004). Science and Civilization in China, Vol. IV: Physics and Physical Technology, pp. 170–171. ISBN 978-0-521-05802-5.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]