Taman Wisata Perairan Gili Matra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Taman Wisata Perairan Gili Matra (TWP Gili Matra) adalah taman wisata perairan di Nusa Tenggara Barat. Nama lengkapnya adalah Taman Wisata Perairan Gili Meno, Gili Ayer dan Gili Trawangan. Nama lain dari TWP Gili Matra adalah TWP Gili Indah. Dalam pembagian administratif Indonesia, TWP Gili Matra terletak di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. TWP Gili Matra berbatasan dengan Laut Jawa di bagian utara dan barat. Bagian selatan berbatasan dengan Selat Lombok. Sedangkan di bagian timur berbatasan dengan Tanjung Sire. Dalam sistem koordinat geografi, TWP Gili Matra terletak pada 8o20’ – 8o23’ Lintang Selatan dan 116o00’ – 116o08’ Bujur Timur. Kawasan TWP Gili Matra seluas 2.954 hektare. Kawasannya terbagi menjadi tiga pulau yaitu Gili Air (± 175 ha dengan keliling pulau ± 5 km), Gili Meno (± 150 ha dengan keliling pulau ± 4 km) dan Gili Trawangan (± 340 ha dengan keliling pulau ± 7,5 km). Sisa kawasan merupakan perairan laut. TWP Gili Matra awalnya merupakan kawasan perlindungan sejak tahun 1993. Statusnya diubah menjadi taman wisata perairan pada bulan Maret tahun 2009. Di bulan September 2009, namanya diubah menjadi Taman Wisata Perairan berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. KEP.67/MEN/2009.[1] Ekosistem di TWP Gili Matra terdiri dari padang lamun dan hutan bakau. Ekosistem hutan bakau berpusat di Gili Meno dengan jenis api-api. Sedangkan ekosistem padang lamun tersebar dengan 8 jenis lamun. Pengelolaan TWP Gili Matra dibagi menjadi 7 zona dengan 2 zona perikanan berkelanjutan. Masing-masing zona ialah zona inti, zona pemanfaatan, zona pelabuhan, zona rehabilitasi dan zona perlindungan. Sedangkan zona perikanan berkelanjutan terbagi dua menjadi zona perikanan berkelanjutan tradisional dan zona perikanan berkelanjutan modern.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang. "Profil TWP. Gili Matra dan Laut Sekitarnya". kkp.go.id. Diakses tanggal 11 Juli 2021. 
  2. ^ Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang (2018). "Profil, Kondisi Kawasan dan Potensi TWP. Gili Matra (Gili Meno, Gili Trawangan, Gili Ayer)" (PDF). kkp.go.id. Diakses tanggal 11 Juli 2021.