Takahē

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Takahē Pulau Selatan
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
P. hochstetteri
Nama binomial
Porphyrio hochstetteri
(A. B. Meyer, 1883)
Sinonim

Notornis mantelli Mantell, 1847
Porphyrio mantelli hochstetteri ,

Takahē (Porphyrio hochstetteri) adalah burung yang tidak bisa terbang asli Selandia Baru dari keluarga Rallidae. Burung ini sempat dianggap punah setelah empat spesimennya ditemukan tahun 1898. Namun, setelah dilakukan pencarian burung ini akhirnya ditemukan lagi oleh Geoffrey Orbell dekat Danau Te Anau di Pegunungan Murchison, Pulau Selatan, pada 20 November, 1948. Tatanama biologi dari burung ini memperingati geologis berkebangsaan Austria Ferdinand von Hochstetter.

Spesies yang berkerabat, Takahē Pulau Utara (P. mantelli) telah punah dan hanya diketahui dari sisa-sisa kerangkanya saja. Keduanya dianggap sebagai subspesies Mantelli dan ditempatkan dalam genus Notornis. Namun, telah diketahui bahwa perbedaan antara Porphyrio dan Notornis tidak cukup untuk memisahkan kedua spesies.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Takahē adalah anggota Rallidae yang terbesar, burung ini memiliki tinggi 63 cm dan memiliki berat sekitar 3 kg.[2] Burung ini besar, bersayap kecil, kaki yang kuat, dan paruh yang besar.

Takahē dewasa umumnya berwarna ungu-kebiruan, dengan punggung berwarna hijau.[2] Dan paruh berwarna kemerahan. Lutut berwarna merah muda. Burung jantan dan betina memiliki warna yang sama, walaupun Takahē betina berukuran lebih kecil, sedangkan anak Takahē berwarna cokelat pucat. Burung ini bersuara berisik dan keras.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2013). "Porphyrio hochstetteri". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ a b c Takahe

Pranala luar[sunting | sunting sumber]