Portal:Burung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


VKPortal banner.jpg
VKPortal bilderSmall.png
Portal Burung
Selamat datang di Portal Burung Wikipedia
Parus major 3 (Marek Szczepanek).jpg

Burung atau unggas adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Fosil tertua burung ditemukan di Jerman dan dikenal sebagai Archaeopteryx. Jenisnya begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil mungil hingga burung unta, yang lebih tinggi dari orang. Diperkirakan terdapat sekitar 8.800 – 10.200 spesies burung di seluruh dunia; sekitar 1.500 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia. Berbagai jenis burung ini secara ilmiah digolongkan ke dalam kelas Aves.

Featured article Artikel pilihan ♦ Tampilkan yang lainnya

Woodpecker.jpg

Pelatuk ialah burung dari ordo Piciformes. Ditemukan di seluruh dunia dan termasuk sejumlah spesies, biasanya berjumlah 218 (termasuk Pelatuk paruh gading).

Beberapa burung pelatuk dalam ordo Piciformes memiliki kaki zigodaktil, dengan 2 jari kaki mengarah ke depan, dan 2 lainnya ke belakang. Kaki-kaki itu, meski beradaptasi untuk berpegangan di permukaan vertikal, bisa digunakan untuk menggenggam atau bertengger. Beberapa spesies hanya memiliki 3 jari kaki. Lidah panjang yang ditemukan pada beberapa burung pelatuk dapat dijulurkan keluar untuk menangkap serangga.

Burung pelatuk mendapatkan namanya dari kebiasaan beberapa speiesnya menyadap dan mematuk batang pohon dengan paruhnya. Ini adalah alat komunikasi kepemilikan daerah melalui sinyal kepada saingan-saingannya, dan cara mencari dan menemukan larva serangga di bawah kulit kayu atau terowongan berliku nan panjang di pohon.

Mula-mula, burung pelatuk mencari terowongan dengan menyadap batang. Begitu terowongan itu ditemukan, burung pelatuk memahat kayu sampai menciptakan pembukaan ke terowongan. Lalu menjulurkan lidahnya ke terowongan untuk mencoba mencari tempayak. Lidah burung pelatuk panjang dan berujung kait. Dengan lidahnya burung pelatuk menusuk tempayak dan menariknya keluar batang.

Featured pictureGambar pilihan ♦ Tampilkan yang lainnya

Sarcoramphus papa (Königsgeier - King Vulture) - Weltvogelpark Walsrode 2013-01.jpg
Hering Raja (Sarcoramphus papa) di Weltvogelpark Walsrode (Taman Burung Walsrode, Jerman).

Arsip

Did You Know? Tahukah anda

  • "... bahwa albatros meminum air laut? Burung ini mempunyai alat khusus di dalam tubuhnya yang dapat memisahkan garam dan kemudian mengeluarkannya dari tubuhnya?
  • "... bahwa burung hantu adalah satu-satunya burung yang menurunkan kelopak mata bagian atasnya untuk berkedip? Burung-burung lainnya mengangkat kelopak mata bagian bawahnya."
  • "... bahwa burung mengunyah dengan perutnya? Karena kebanyakan burung tidak bergigi, mereka secara teratur menelan kerikil yang berfungsi menggiling makanannya."
  • "... bahwa cinenen kamboja (Orthotomus chaktomuk) baru ditemukan pada tahun 2009 selama pemeriksaan flu burung di Phnom Penh, Kamboja?"
  • "...bahwa albatros dapat tidur sambil terbang?"
  • "... bahwa mata burung unta lebih besar daripada otaknya?"
  • "... bahwa burung elang dapat menyerang, membunuh, dan membawa mangsanya hingga sebesar rusa muda? Sementara makanan elang Harpy dari Amerika Selatan adalah kera."
  • " ... bahwa burung pelatuk dapat mematuk 20 kali dalam satu detik?"

Wikimedia

Burung di Commons
Media dan gambar
Burung di Wikiespecies
Taksonomi

ProyekWiki

Proyekwikibiologi.jpg

Bergabunglah bersama kami dalam ProyekWiki Biologi di Wikipedia Bahasa Indonesia

List-Class article Daftar Artikel

Berikut adalah keseluruhan artikel yang bertopik burung yang diklasifikasikan berdasarkan kualitas
Fairytale bookmark gold.svg Artikel pilihan : AlbatrosAnatomi burungJalak surenPenglihatan burungHering raja
Symbol a class.svg Artikel kelas A: KakapoPelatuk Paruh Gading
Fairytale bookmark silver.svg Artikel bagus: Anatomi burungKecerdasan burung

Lihat berbagai macam portal di Wikipedia Bahasa Indonesia Disini

Hapus singgahan