T-14 Armata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Танк «Армата» Т-14.JPG

T-14 Armata adalah kendaraan tank tempur utama canggih generasi kelima Rusia. Tank ini didesain Ural Design Bureau of Transport Machine-Building, Uralvagonzavod dan dibuat oleh Uralvagonzavodserta digunakan Angkatan Darat Rusia. Panjang kendaraan ini 10.8 m (35 ft).

Kubah tank juga dilengkapi senapan sub-kaliber 30 mm untuk menembak berbagai sasaran, termasuk target yang terbang rendah seperti pesawat atau helikopter. Senapan mesin 12.5 mm pada kubah disebut mampu menghadang senjata musuh, seperti rudal anti-tank. Senjata ini mampu menahan serangan dari rudal yang melesat hingga kecepatan 3.000 meter per detik. Tank ini terkomputerisasi penuh sehingga hanya perlu dua awak untuk mengendalikannya. Kedua awak ini terlindung dengan sempurna di kapsul berlapis yang terpisah dari tempat amunisi. Setiap awak mampu menembakkan sistem senjata tank. Tenaga tank ini berasal dari mesin diesel berkekuatan 1.200 HP. Dalam cetak birunya, Armata berpotensi dikembangkan menjadi kendaraan tempur robotik. Armata akan digunakan sebagai kendaraan tempur infanteri, mendukung kendaraan pembawa pasukan dan artileri.

Tank T-14 Armata memiliki perlindungan lapisan baja terkuat dari tank lainnya yang pernah dibuat, memberikan kemampuan untuk menahan ledakan langsung dari tembakan peluru meriam 120 mm, rudal anti tank 100-150 mm dan peluncur granat.

Dengan diperkenalkannya Explosive Reactive Armor (ERA), yang pada dasarnya merupakan lempengan bahan peledak yang mendorong pelat baja untuk menahan penetrasi hulu ledak proyektil sehingga tidakmerusak lempengan baja dan mencegah penetrasi lebih lanjut, lapisan baja bahkan bisa menahan rudal anti tank dan tembakan dari meriam dengan amunisi 120 mm uranium M829 seperti milik Amerika kata seorang ahli terkemuka di Institute of Steel and Alloys pada Sabtu, 6 Juni, 2015.

Menampilkan sejumlah karakteristik inovatif, T-14 merupakan generasi baru dari tank tempur utama Rusia. Fitur baru yang paling signifikan adalah penggunaan turret tanpa awak sedangkan tiga awaknya duduk di kapsul lapis baja di bagian depan lambung.

Persenjataan utama dari Tank T-14 adalah meriam smoothbore 125 mm, desain baru dibandingkan dengan yang digunakan pada tank Rusia sebelumnya. Meriam bahkan dapat diganti dengan kaliber yang lebih besar, 152 mm. Persenjataan kedua dari T-14 Armata satu senapan mesin 7.62mm RWS yang dipasang di atas turret. T-14 Armata dilengkapi dengan Active Protection System (APS) Afghanit yang tampaknya mirip dengan Trophy milik Israel. Active Protection System (APS 0) dirancang untuk menghadang semua jenis rudal anti tank dan roket, termasuk rocket propelled grenades (RPG).

Tank baru ini dilengkapi dengan menara yang bisa digerakkan dengan pengendali jarak jauh dan sistem pengisian peluru ulang secara otomatis. T-14 Armata adalah produk dari program yang menghabiskan biaya 254 miliar poundsterling atau sekitar Rp 5.000 triliun selama 10 tahun terakhir untuk menciptakan berbagai persenjataan baru.

Tank ini juga merupakan tank pertama yang memiliki kapsul persenjataan internal yang memberikan perlindungan tambahan bagi tiga orang kru di dalamnya. Sejumlah pakar militer Rusia dan Barat memprediksi T-14 Armata dalam waktu singkat akan jauh melampaui kemampuan berbagai jenis tank buatan negara-negara Barat.

Salah satu kelebihan produk baru ini adalah pada menara meriam (turet). Menara meriam T-14 Armata ternyata bisa digunakan untuk mesin perang lainnya, termasuk kendaraan lapis baja infanteri berat, meriam howitzer, dan kendaraan pendukung tempur lainnya. Fleksibilitas ini bisa memangkas biaya produksi serta pemeliharaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]