Meriam otomatis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
QF 1 pounder Mk II "pom-pom" 1903
Meriam otomatis RCWS-30  digunakan di Czezh Pandur II CZ, 2011

Meriam otomatis adalah senjata proyektil tembakan cepat dan berbeda dengan sistem kerja peluru yang ditembakkan oleh senapan mesin. Meriam otomatis seringkali memiliki kaliber lebih besar dari senapan mesin ( misalnya , 20 mm atau lebih besar ), tetapi biasanya lebih kecil dari senapan lapangan atau artileri lainnya. Meriam otomatis modern biasanya tidak mudah dibawa manusia atau berdiri sendiri, Biasanya berupa kendaraan-gunungt atau bahkan dioperasikan di angkatan laut. Amunisi terangkai seperti sabuk untuk mengurangi pengisian atau untuk tingkat tembakan yang lebih cepat, tetapi magazin tetap menjadi pilihan. Meriam otomatis dapat menggunakan berbagai amunisi: Ledak tinggi jenis dual-purpose ( HEDP ) , berbagai jenis armor-piercing ( AP ), seperti komposit kaku ( APCR ) atau Jenis sabot ( APDS ).

Meskipun mampu menghasilkan tembakan tingkat tinggi, meriam otomatis cepat panas jika digunakan untuk tembakan berkelanjutan, dan dibatasi oleh jumlah amunisi yang dapat dilakukan oleh sistem senjata. Baik 25 mm Bushmaster Amerika dan 30 mm Rarden Inggris memiliki rentang tembak relatif lambat agar tidak menggunakan amunisi terlalu cepat . Tingkat tembakan dari rentang meriam otomatis modern dari 90 putaran per menit ( dalam kasus Rarden Inggris), 2.500 putaran per menit dengan GIAT 30. Sistem dengan barel ganda dapat memiliki rentang tembakan lebih dari 10.000 putaran per menit, ( Rusia GSH- 23/6 misalnya)[1]. Seperti tingkat tembakan yang sangat tinggi secara efektif digunakan oleh pesawat pada pertempuran di udara-ke-udara, di mana target waktu sempit dan senjata dioperasikan dalam semburan singkat.

Definisi[sunting | sunting sumber]

Definisi yang tepat dari sebuah meriam otomatis sering membingungkan, karena ada senjata lain yang memenuhi banyak kriteria untuk mendefinisikannya; Namun, definisi yang digunakan adalah meriam otomatis merupakan senjata otomatis besar yang mampu menembak armor-piercing, ledakan penuh, atau jenis selongsong lainnya, sedangkan senapan mesin mengeluarkan peluru padat saja.

Ketika digunakan, kata "meriam otomatis " menunjukkan senjata barel tunggal. Ketika beberapa barel berputar, kata "berputar" ditambahkan, dan senjata seperti itu disebut sebagai "meriam otomatis berputar" . 

Senjata lain yang mirip dengan meriam adalah peluncur granat otomatis. Hal ini biasanya dipasang pada tripod atau pada sebuah kendaraan dan mampu menembakkan peluru peledak dengan tembakan tingkat tinggi. Perbedaan utama adalah bahwa kecepatan tembak amunisi sangat rendah.

Galleri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The GSh-6-30K, a six-barreled Russian rotary autocannon, has a ROF of 6,000 rounds per minute.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • Department of the Army. Ballistic Data Performance of Ammunition, TM 9-1907. Washington, D.C.: Government Printing Office, 1948.
  • Williams, Anthony G. Rapid Fire. Shrewsbury: Airlife Publishing Ltd., 2000. ISBN 1-84037-435-7.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]