Syldavia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Краљевина Зылдaвыa
Kraljevina Zyldavja
Kingdom of Syldavia

Kerajaan Syldavia
Tintin country
Flag of Syldavia Coat of arms of Syldavia
Flag Coat of arms
Motto
Eih bennek, eih blavek.
(Indonesia: Disini aku, Disini aku tinggal.)
Anthem
Syldavians unite! Praise our King's might: The Sceptre his right!
Location of Syldavia

Lokasi umum dari Syldavia

Sumber The Adventures of Tintin
Kreator Hergé
Genre Komik
Ibu kota Klow
Bahasa resmi Syldavian
Kelompok etnis Syldavian
Pemerintahan Monarki konstitusional
 - Raja Muskar XII
Populasi 642,000 (1939)
Mata uang Khôr

Syldavia adalah sebuah negara fiksi di Balkan yang muncul di serial petualangan Tintin yang ditulis oleh Hergé yang beribukota di Klow, sebelumnya adalah Zileheroum, di tempat sungai Moltus dan Wladir bersatu. Bahasa yang dipertuturkan adalah bahasa Syldavia. Kemungkinan besar negara ini terletak di sekitar Celje sebelah utara Slovenia. Penduduk Syldavia berjumlah 642.000 di mana 122.000 jiwa tinggal di Klow. Bendera negara ini mirip Albania.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Lukisan Muskar VII (Ottokar I) nengusir Borduria dari Syldavia.

Syldavia adalah sebuah monarki, memerintah pada saat cerita Tongkat Raja Ottokar yang oleh Raja Muskar XII. Ibukotanya adalah Klow, sebelumnya Zileheroum, terletak pada pertemuan dari Moltus fiksi dan Sungai Wladir (setelah Praha, yang pada Moldau / Sungai Vltava). Kota-kota lain yang disebutkan dalam buku-buku Niedzdrow, Istow, Dbrnouk, Douma dan Zlip. Penduduk Syldavia adalah 642.000 dengan 122.000 yang tinggal di Klow. Maskapai nasional Syldair dan mata uang resmi adalah yang Khor (Зилдaв хор).

Syldavia juga disebut "Kerajaan dari Pelican Hitam" dan bendera berwarna kuning dengan pelikan hitam di tengah. Ini agak menyerupai bendera Kekaisaran Romawi Suci, Basque Arrano beltza, serta bendera Albania. Namun, segel kerajaan di dinding Tongkat Raja Ottokar memiliki kemiripan yang mencolok dengan Lambang Montenegro.

Orang-orang berbicara Syldavian, sebuah Slavia yang terdengar bahasa Jermanik Barat yang ditulis dalam Cyrillic. Anehnya, alfabet Latin yang digunakan dalam dokumen abad pertengahan, dan huruf Cyrillic yang digunakan adalah transkripsi langsung dari huruf latin (misalnya, "sh" ditulis "сз" daripada "ш").

Motto kerajaan adalah "Eih bennek, eih blavek!" Hergé yang diterjemahkan sebagai "Qui s'y frotte s'y kekesalan" "Siapa menggosok dirinya di sana mendapat sengatan" (pada kenyataannya, moto Nancy, dari bahasa Latin premor inultus rokok, mengacu pada lambang nya, duri itu, di Inggris edisi, para penerjemah diberikan motto "Jika Anda mengumpulkan thistle, berharap duri"). Moto ini juga dapat diartikan sebagai rendering dialek Brussels frasa Belanda "Hier ben ik, ik hier blijf" ("Aku di sini, di sini saya tinggal").

Syldavians tampaknya menyukai air mineral, yang tidak turun baik dengan wiski-minum Kapten Haddock, salah satu sahabat Tintin bepergian.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lukisan wajah Raja Ottokar.

Wilayah Syldavia dihuni oleh suku-suku nomaden asal tidak diketahui sampai abad ke-6, saat itu dikuasai oleh Slavia. Ini ditaklukkan pada abad 10 oleh orang Turki, yang menduduki dataran memaksa Slavia ke pegunungan (suatu ketidaktepatan historis, karena Balkan ditaklukkan pada abad 14). Para Syldavia modern dibentuk pada 1127 ketika seorang kepala suku bernama Hveghi melaju pergi penakluk Turki dikalahkan di pertempuran Zileheroum dan mengambil nama yang berkuasa sampai 1168 Muskar. Dia memerintah dengan baik, tetapi anaknya Muskar II tidak sebaik dia. Borduria menaklukkan negeri selama pemerintahan Muskar II di 1195 sampai Ottokar I (nama sebenarnya dan judul yang baron Almaszout) mengusir mereka pada 1275.

Raja Ottokar IV menjadi Raja di 1360. Dia mengambil kekuasaan bangsawan banyak pemula. Ketika musuh, Baron Staszrvitch, mengklaim takhta dan menyerang dia dengan pedang, Ottokar memukul ke tanah dengan tongkatnya. Raja kemudian berkata moto dan menetapkan bahwa penguasa Syldavia harus memiliki tongkat itu berpegang pada, kalau tidak, ia akan kehilangan kekuasaannya, seperti yang telah menyelamatkan hidupnya. Kebiasaan ini memiliki kekuatan hukum sebagai sebagai akhir 1939.

Pada tahun 1939 Syldavia hampir diserbu oleh Borduria tetangganya, bagian dari itu adalah sebuah plot untuk menggulingkan Raja Muskar XII. Tongkat itu telah dicuri, dengan harapan akan melepaskan Muskar. Tintin memiliki tangan dalam meredakan situasi dengan mengembalikan tongkat hanya sebelum hari St Vladmir itu. Para Bordurians kemudian mengumumkan mereka menarik pasukan 15 mil dari perbatasan. (Situasi ini sangat mirip dengan Anschluss di Austria pada tahun 1938 meskipun kesimpulannya adalah tidak sama).

Raja Muskar XII adalah seorang pengendara motor yang tajam yang bahkan memiliki senjatanya sendiri untuk perlindungan. Dia adalah penguasa sebenarnya daripada monarki konstitusional (lihat absolutisme tercerahkan). Dia sendiri memerintahkan menteri dan jenderal untuk membuat bergerak diperlukan untuk mencegah kudeta dan invasi. Namun, raja terasa absen dari cerita-cerita lainnya ditetapkan dalam Syldavia seperti peluncuran roket bulan. Raja Muskar XII menikah, tetapi nama ratu nya tidak diketahui.

Kota[sunting | sunting sumber]

  • Klow (Ibukota negara)
  • Niedzdrow
  • Dbrnouk
  • Istow
  • Kragoniedin
  • Sprodj
  • Zlip
  • Douma
  • Istana Kropow (Istana raja)

Syldavia dalam Buku[sunting | sunting sumber]

Dalam buku mereka Tintin Ketje de Bruxelles (Casterman, 2004 ISBN 2-203-01716-3), Daniel Justens dan Alain Préaux menunjukkan bahwa bahasa Syldavia sebagian besar berdasarkan dialek Marols atau Marollien, bahasa gaul rakyat Brusel yang Hergé pelajari dari neneknya. Bahasa Marols sebenarnya adalah sebuah dialek Bahasa Belanda (atau Flandria) yang dipengaruhi Bahasa Perancis.

Cerita Tintin dengan Syldavia:

Ada pula sebuah lagu kelompok penyanyi Spanyol La Unión yang berjudul Syldavia, mengenai negara fiktif ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]