Syel Unix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tampilan jendela syel tcsh dan sh pada Mac OS X Leopard[1] desktop

Syel Unix adalah penerjemah atau shell yang menyediakan antarmuka pengguna baris perintah untuk sistem operasi mirip Unix. Shell adalah bahasa perintah interaktif dan bahasa skrip, dan digunakan oleh sistem operasi untuk mengontrol eksekusi sistem menggunakan skrip shell.[2]

Pengguna biasanya berinteraksi dengan shell Unix menggunakan emulator terminal; namun, operasi langsung melalui koneksi perangkat keras serial atau Secure Shell adalah umum untuk sistem server. Semua shell Unix menyediakan wildcarding nama file, pemipaan, here document, substitusi perintah, variabel, dan Struktur kontrol untuk pengujian kondisi dan iterasi.

Konsep[sunting | sunting sumber]

Secara umum, shell adalah program yang mengeksekusi program lain sebagai tanggapan atas perintah teks. Shell yang canggih juga dapat mengubah lingkungan tempat program lain dijalankan dengan meneruskan variabel bernama, daftar parameter, atau sumber input.

Dalam sistem operasi mirip Unix, pengguna biasanya memiliki banyak pilihan juru bahasa baris perintah untuk sesi interaktif. Saat pengguna masuk ke sistem secara interaktif, program shell secara otomatis dijalankan selama sesi berlangsung. Jenis shell, yang dapat dikustomisasi untuk setiap pengguna, biasanya disimpan di profil pengguna, misalnya di file passwd lokal atau di sistem konfigurasi terdistribusi seperti NIS atau LDAP; namun, pengguna dapat mengeksekusi shell lain yang tersedia secara interaktif.

Pada sistem operasi dengan sistem penjendelaan, seperti macOS dan distribusi Linux desktop, beberapa pengguna mungkin tidak pernah menggunakan shell secara langsung. Pada sistem Unix, shell secara historis menjadi bahasa implementasi skrip startup sistem, termasuk program yang memulai sistem windowing, mengkonfigurasi jaringan, dan banyak fungsi penting lainnya. Namun, beberapa vendor sistem telah mengganti sistem startup berbasis shell tradisional (init) dengan pendekatan yang berbeda, seperti systemd.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tom Van Vleck (1995-02-05). "Unix and Multics". Multicians.org. Diakses tanggal 2012-08-14. 
  2. ^ Bourne, Stephen R. (October 1983). "The Unix Shell". BYTE. hlm. 187. Diakses tanggal 30 January 2015.