Syel (komputer)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
ReactOS Explorer dapat dilihat sebagai syel grafis

Dalam komputer, Syel adalah program khusus yang menyediakan komunikasi langsung antara pengguna dan sistem operasi (terutama kernel).[1][2] Syel aslinya adalah istilah teknis untuk baris perintah atau antarmuka grafis yang memfasilitasi interaksi dengan sistem operasi. Dinamai demikian karena syel adalah layar terluar sistem operasi yang melindungi intinya.[3]

Dalam lingkungan mirip Unix, syel lebih merujuk pada program yang menerjemahkan perintah dan antarmukanya berbentuk baris perintah.[4]

Jenis syel[sunting | sunting sumber]

Sesi bash dalam GNOME Terminal

Syel baris perintah[sunting | sunting sumber]

Syel baris perintah, terkadang disebut konsol atau terminal, adalah program yang memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan sistem operasi dengan antarmuka baris perintah. Syel jenis ini lebih sederhana dan memiliki banyak kekuatan dibanding syel grafis.[5]

Terdapat banyak syel baris perintah yang tersedia untuk Linux. Bash adalah syel yang paling banyak digunakan di berbagai sistem Linux, dan macOS. Sementara terdapat juga C shell yang menggunakan sintaks C dan Korn shell yang menjadi dasar bagi spesifikasi POSIX untuk syel.

Di Windows, Command Prompt adalah pemroses baris perintah default yang berawal dari COMMAND.COM. Mulai tahun 2006, Microsoft memperkenalkan PowerShell, yang dapat mengakses administrasi sistem (hal yang tidak bisa dicapai Command Prompt) dan dukungan skrip syel.[6][7]

Syel grafis[sunting | sunting sumber]

Unity yang menampilkan pintasan kibor

Syel grafis menggunakan antarmuka pengguna grafis untuk mengakses layanan sistem operasi.[8] Di Linux, syel grafis biasanya dibangun dari beberapa lapisan perangkat lunak, mulai dari penanganan pintasan kibor, manajemen memori untuk menampilkan respons oleh driver, dan aplikasi yang menampilkan haslinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What is the exact difference between a 'terminal', a 'shell', a 'tty' and a 'console'?". Unix & Linux Stack Exchange. Diakses tanggal 2020-08-29. 
  2. ^ "Introduction to Linux Shell and Shell Scripting". GeeksforGeeks (dalam bahasa Inggris). 2017-06-02. Diakses tanggal 2020-08-29. 
  3. ^ "shell". www.catb.org. Diakses tanggal 2020-08-29. 
  4. ^ "About the shell in Unix". kb.iu.edu. Diakses tanggal 2020-08-29. 
  5. ^ "How do I use the command-line shell?". courses.cs.washington.edu. Diakses tanggal 2020-08-29. 
  6. ^ "Windows PowerShell (Monad) Has Arrived". PowerShell (dalam bahasa Inggris). 2006-04-25. Diakses tanggal 2020-08-29. 
  7. ^ Hoffman, Chris. "How PowerShell Differs From the Windows Command Prompt". How-To Geek (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-08-29. 
  8. ^ "What's the difference between a graphical shell and a desktop environment". Stack Overflow. Diakses tanggal 2020-08-29.