Svetlana Savitskaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Savitskaya (bawah) dan kru Soyuz T-7 lainnya dalam perangko Soviet keluaran tahun 1983.

Svetlana Yevgenyevna Savitskaya (Rusia: Светлана Евгеньевна Савицкая; kelahiran 8 Agustus 1948) adalah mantan penerbang Soviet dan kosmonaut yang terbang di atas kapal Soyuz T-7 pada tahun 1982, menjadi wanita kedua dalam ruang angkasa sekitar 19 tahun setelah Valentina Tereshkova.

Dia menjadi wanita pertama yang melakukan spacewalk pada tanggal 25 Juli 1984. Dia berada di luar stasiun ruang angkasa selama 3 jam 35 menit. Dari 57 spacewalker Soviet/Rusia sampai 2010, dia adalah satu-satunya perempuan. Dia adalah putri dari komandan militer Soviet Yevgeniy Savitskiy. Dia menikah dan dikaruniai satu anak.

Dia mulai pelatihan sebagai kosmonaut pada tahun 1980. Setelah kembali ke Bumi, Savitskaya ditugaskan sebagai komandan awak Soyuz semuanya perempuan ke Salyut 7 dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, sebuah misi yang kemudian dibatalkan.

Dia dua kali dianugerahi Pahlawan di Uni Soviet. Asteroid 4118 Sveta adalah dinamakan untuk dirinya.

Dia juga pilot tes dan penerjun payung, mulai dari tahun 1974 ia mencetak 18 rekor dunia internasional pada pesawat MiG dan tiga catatan dalam tim terjun payung. Dia memenangkan tempat pertama pada kejuaraan aerobatik internasional yang diselenggarakan oleh Fédération Aéronautique Internationale (FAI) pada tahun 1970.

Savitskaya pensiun pada tahun 1993 dari Angkatan Udara Rusia dengan pangkat Mayor.

Dia adalah anggota dari Duma Negara yang mewakili Partai Komunis Federasi Rusia. Dia saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Pertahanan, dan juga merupakan anggota dari presidium dewan Koordinasi Uni Patriotik Nasional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]