Suzuki Grand Prix Racing Team

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Suzuki MotoGP
Nama resmi Team Suzuki Ecstar
Pimpinan tim Davide Brivio
Rider 29. Andrea Iannone
42. Aleix Rins
Sepeda motor Suzuki GSX-RR
Ban Bridgestone
Juara rider 6
1976, 1977 Barry Sheene
1981 Marco Lucchinelli
1982 Franco Uncini
1993 Kevin Schwantz
2000 Kenny Roberts, Jr.
Suzuki GSV-R, motor andalan tim Suzuki di ajang MotoGP.

Suzuki Grand Prix Racing Team, turun dengan nama Team Suzuki Ecstar untuk alasan sponsorship, merupakan tim balap motor bentukan Suzuki untuk berlaga di ajang MotoGP. Adapun Suzuki mulai ambil bagian di ajang balap motor paling bergengsi ini pada tahun 1974.

Kesuksesan langsung dipetik dua tahun kemudian lewat Barry Sheene, di mana ia menjadi juara dunia. Sukses berlanjut pada tahun berikutnya, juga dari kontribusi Sheene.

Selain Sheene, Franco Uchini, Kevin Schwartz dan Kenny Roberts, Jr. juga menyumbang satu titel juara dunia. Sayangnya, ketika balapan masuk ke era terbuka, di mana persaingan lebih ketat dan bergengsi, Setelah absen selama beberapa tahun, pada tahun 2015 Suzuki kembali mengikuti MotoGP dan diperkuat oleh Maverick Viñales dan Aleix Espargaró. Dan Viñales sukses meraih podium pertamanya pada seri MotoGP Le Mans, dan sukses finish di posisi pertama pada seri MotoGP Silverstone. Kemenangan ini adalah yang pertama kali diraih Suzuki sejak terakhir kali meraih kemenangan bersama Chris Vermeulen di MotoGP Le Mans 2007 silam. Pada Musim kejuaraan MotoGP Tahun 2017 saat ini, Suzuki mengganti kedua pembalapnya menjadi Andrea Iannone dan Alex Rins.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]