Supergirl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Supergirl
DC Supergirls.jpg
Supergirl: Silver Age (kiri atas), versi Matrix dari 1990-an (kanan atas), Linda Danvers (kiri bawah), dan Cir-El (kanan bawah)
PenerbitDC Comics
Penampilan pertamaSebagai Super-Girl:
Superman #123 (Agustus 1958)
Sebagai Supergirl:
Action Comics #252 (Mei 1959)
Dibuat olehKara Zor-El:
Diciptakan oleh Otto Binder dan Al Plastino
Kara Zor-L:
Diciptakan oleh Gerry Conway, Ric Estrada dan Wally Wood
Matrix:
Diciptakan oleh John Byrne
Linda Danvers:
Diciptakan oleh Peter David dan Gary Frank
Cir-El:
Diciptakan oleh Steven Seagle dan Scott McDaniel
Ariella Kent:
Diciptakan oleh Peter David dan Dusty Abell
KarakterKara Zor-El
Matrix
Linda Danvers
Cir-El
Power Girl
Ariella Kent

Supergirl adalah nama beberapa pahlawan super fiksi yang muncul dalam buku komik Amerika yang diterbitkan oleh DC Comics. Supergirl asli dan paling terkenal adalah Kara Zor-El, yang merupakan sepupu dari superhero Superman. Karakter ini membuat penampilan pertamanya di Action Comics #252 (Mei 1959) dan diciptakan oleh Otto Binder dan Al Plastino.

Diciptakan sebagai mitra perempuan Superman, Kara Zor-El berbagi kekuatan super dan kerentanannya terhadap Kryptonite. Supergirl memainkan peran pendukung dalam berbagai publikasi DC Comics, termasuk Action Comics, Superman, dan beberapa seri buku komik yang tidak terkait dengan Superman. Pada tahun 1969, petualangan Supergirl menjadi fitur utama dalam Adventure Comics, dan ia kemudian membintangi seri buku komik eponymous yang debutnya pada tahun 1972 dan berlari hingga 1974, diikuti oleh seri buku komik bulanan kedua berjudul The Daring New Adventures of Supergirl, yang dijalankan dari tahun 1982 hingga 1984.

Karena perubahan kebijakan editorial di DC, Supergirl pada awalnya terbunuh dalam seri terbatas Crisis on Infinite Earths tahun 1985. DC Comics kemudian me-reboot kontinuitas DC Comics Universe, membangun kembali karakter Superman sebagai satu-satunya yang selamat dari kehancuran Krypton. Mengikuti kesimpulan Crisis on Infinite Earths, beberapa karakter berbeda yang ditulis sebagai tidak memiliki hubungan keluarga dengan Superman telah mengambil peran Supergirl, termasuk Matrix, Linda Danvers, dan Cir-El. Setelah pembatalan seri buku komik Supergirl ketiga, 1996–2003 yang dibintangi karakter Matrix/Linda Danvers, versi modern Kara Zor-El diperkenalkan kembali ke dalam kontinuitas DC Comics dalam edisi #8 dari Superman/Batman seri buku komik berjudul "The Supergirl from Krypton" (Februari 2004). Kara Zor-El modern dibintangi sebagai Supergirl dalam seri buku komik eponymous, selain memainkan peran pendukung dalam berbagai publikasi DC Comics lainnya.

Sejak awal kemunculan buku komiknya, karakter tersebut kemudian berkembang menjadi animasi, film, televisi, dan merchandising. Pada bulan Mei 2011, Supergirl menempatkan 94 di daftar IGN dari Top 100 Comic Book Heroes of All Time.[1] Pada bulan November 2013, karakter ini menempati urutan ke 17 pada daftar IGN 25 Top Heroes of DC Comics.[2]

Pendahulu[sunting | sunting sumber]

  • Superwoman – Komik pertama yang menampilkan pasangan perempuan Superman adalah "Lois Lane – Superwoman", sebuah cerita yang diterbitkan dalam Action Comics #60 (Mei 1943), di mana Lois yang dirawat di rumah sakit bermimpi bahwa dia telah memperoleh kekuatan super Kryptonesque berkat transfusi darah dari Man of Steel. Dia memulai kariernya sendiri sebagai Superwoman, lengkap dengan kostum peniru. Kisah serupa dengan Lois Lane memperoleh kekuatan seperti itu dan mengadopsi nama "Superwoman" kemudian secara berkala tampil. Salah satu kisah seperti itu dalam Action Comics #156 (Mei 1951), di mana Lois secara tidak sengaja memperoleh kekuatan itu melalui penemuan musuh bebuyutan Superman, Lex Luthor. Dalam ceritanya, Lois mengenakan wig pirang pendek dalam identitasnya yang memerangi kejahatan, memberinya penampilan yang hampir identik dengan versi Supergirl yang lebih baru setelah nama asli yang terakhir ditetapkan sebagai Kara Zor-El.
  • Supergirl – Dalam Superboy #5 (November–Desember 1949) dalam sebuah kisah berjudul "Superboy Meets Supergirl", Superboy bertemu dengan Ratu Lucy dari negara fiksi Amerika Latin di Borgonia. Dia adalah atlet dan cendekiawan. Bosan dengan tugasnya dan ingin menikmati kehidupan normal, Ratu Lucy pergi ke Smallville, di mana dia bertemu Superboy dan segera memenangkan hatinya. Superboy mengadakan pertunjukan dengannya di mana ia menggunakan kekuatannya untuk membuatnya tampak manusia super; selama kontes ini, dia disebut Supergirl. Sebagai Supergirl, Ratu Lucy mengenakan gaun cokelat dengan jubah cokelat dan simbol "S" Superboy. Superboy kemudian menyelamatkannya dari menteri yang licik. Dia kembali ke singgasananya, meninggalkan Superboy bertanya-tanya apakah dia pernah memikirkannya.
  • Super-Sister – Dalam kisah Superboy #78 berjudul "Claire Kent, Alias ​​Super-Sister", Superboy menyelamatkan seorang wanita asing bernama Shar-La dari kecelakaan yang mengancam jiwa. Setelah dia menertawakannya mengemudi, Shar-La mengubah Superboy menjadi seorang gadis. Di Smallville, Clark Kent (alter ego Superman) mengaku sebagai Claire Kent, kerabat luar kota yang tinggal bersama Kents. Ketika mengenakan kostum, ia memerankan saudara perempuan Superman, Super-Sister, dan mengklaim keduanya telah bertukar tempat. Sebagai seorang gadis diejek dan dihina oleh laki-laki, dia ingin membuktikan bahwa dia sebaik dia. Pada akhirnya, terungkap bahwa transformasi hanyalah ilusi yang diciptakan oleh Shar-La. Superboy belajar untuk tidak mengolok-olok wanita.
  • Super-Girl – Dalam Superman #123 (Agustus 1958), Jimmy Olsen menggunakan totem ajaib untuk mendoakan "Super-Girl" menjadi pendamping dan penolong bagi Superman; Namun, keduanya sering menghalangi satu sama lain sampai dia terluka fatal saat melindungi Superman dari meteor Kryptonite yang dijatuhkan penjahat ke arahnya. Atas desakannya, Jimmy berharap gadis yang sekarat itu tidak ada lagi. DC menggunakan cerita ini untuk mengukur respons publik terhadap konsep mitra wanita yang sama sekali baru untuk Superman. Dalam edisi asli, dia memiliki rambut pirang dan kostumnya biru dan merah seperti milik Superman; memang, itu sangat mirip dengan seragam yang aktris Helen Slater akan kenakan di film 1984. Cetak ulang awal dari cerita ini menunjukkan kepadanya dengan rambut merah dan kostum oranye dan hijau untuk mencegah pembaca membingungkannya dengan karakter Supergirl saat itu. Jauh kemudian, cerita itu dicetak ulang lagi dalam bentuk aslinya.

Versi lain[sunting | sunting sumber]

Beberapa versi berbeda dari Supergirl telah muncul dalam kontinuitas.

  • Power Girl (Kara Zor-L) – Versi Kara Zor-El dari dunia paralel Earth-Two, sepupu Superman (Kal-L). Sebagai bagian dari New 52, Power Girl diperkenalkan kembali sekarang dari Earth 2, dan telah menggunakan nama Supergirl di alam semesta itu.
  • Laurel Gand (Andromeda) – Laurel Gand adalah pengganti pasca-Crisis/Glorithverse untuk Supergirl pra-Crisis di Legion of Super-Heroes setelah yang terakhir dihapus dari kontinuitas setelah The Man of Steel reboot dari Superman. Awalnya, Laurel hanya dikenal dengan namanya. Versi yang lebih muda dari Laurel mengambil kode nama pahlawan super "Andromeda" tak lama sebelum reboot Zero Hour dari Legion; pasca-reboot, Laurel tetap menjadi Andromeda.
  • Ariella Kent – Supergirl dari abad ke 853, kemudian terungkap menjadi putri pasca-Crisis Linda Danvers dan Superman Silver Age dari jalan cerita Many Happy Returns.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Supergirl – #94 Top Comic Book Heroes – IGN". Uk.ign.com. Diakses tanggal 14 Juli 2011. 
  2. ^ "Supergirl is number 17". IGN. Diakses tanggal Nov 19, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]