Kali Konto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sungai Konto)
Kali Konto
Lokasi
NegaraIndonesia
Ciri-ciri fisik
Hulu sungaiPegunungan Argowayang-Anjasmoro
 - elevasi2.000 Mdpl
Muara sungaiSungai Brantas
Panjang75 Km
Luas DASDAS: 568 km2

Kali Konto dahulu bernama sungai Nilakanta adalah sebuah sungai yang mengalir di Jawa Timur, Indonesia. Sungai ini bersumber dari Pegunungan Argowayang-Anjasmoro di Kabupaten Malang, dan kemudian mengalir ke arah barat laut melintasi Kabupaten Kediri, hingga akhirnya bermuara di Sungai Brantas di Kabupaten Jombang. Di Ngantang, aliran Kali Konto dibendung oleh Bendungan Selorejo, agar airnya dapat dimanfaatkan untuk mengairi lahan pertanian di sekitarnya dan untuk membangkitkan listrik.

Daerah Aliran Sungai[sunting | sunting sumber]

Kali Konto merupakan bagian dari sistem DAS Brantas seluas 568 km2 dengan total panjang keseluruhan jaringan sungai sub-DAS Konto yaitu 168,34 Km. Sungai ini berhulu di daerah Desa Wiyurejo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Kemudian mengalir ke barat laut melintasi Kabupaten Kediri dan Kabupaten Jombang hingga bermuara di Sungai Brantas di Kecamatan Bandar Kedungmulyo di Kabupaten Jombang. Sejumlah anak Kali Konto yang cukup besar diantaranya diantaranya:

  1. Kali Mantung
  2. Kali Kudu
  3. Kali Pinjal
  4. Kali Kuwayangan
  5. Kali Lumbang
  6. Kali Sambong
  7. Kali Besowo

Pemanfaatan[sunting | sunting sumber]

Penduduk terutama memanfaatkan aliran Sungai Konto untuk mengairi lahan pertanian. Ikan yang hidup di Sungai Konto juga diambil dengan cara dipancing atau dijala. Air yang terbendung oleh Bendungan Selorejo digunakan untuk mengairi lahan pertanian di Kabupaten Kediri dan Kabupaten Jombang. Penyaluran air irigasi selain melalui pintu air di Bendungan Selorejo, juga melalui beberapa bendung di sepanjang aliran sungai, seperti Bendung Siman, Bendung Druju, Bendung Damarwulan, dan Bendung Batan. Selain itu, air yang terbendung oleh Bendungan Selorejo juga digunakan untuk membangkitkan listrik melalui sebuah PLTA berkapasitas 4,5 MW.