Sungai Ishikari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sungai Ishikari
Ishikari-gawa  (Jepang)
石狩川
Sungai Ishikari dekat Sounkyo (Kota Kamikawa, Distrik Kamikawa)
Etimologi"Sungai yang berkelok-kelok" dalam bahasa Ainu
Lokasi
NegaraJepang
PrefekturHokkaidō
Ciri-ciri fisik
Hulu sungaiGunung Ishikari
Muara sungaiLaut Jepang
 - elevasi0 m (0 ft)
Panjang268 km (167 mi)
Debit air 
 - rata-rata468 m3/s (16.500 cu ft/s)
Daerah Aliran Sungai
Luas DAS14.330 km2 (5.530 sq mi)


Sungai Ishikari (石狩川, Ishikari-gawa) adalah sungai kelas A dalam sistem klasifikasi sungai di Jepang, yang mengalir melalui Hokkaido bagian barat-tengah dan bermuara di Laut Jepang. Dengan luas wilayah cekungan 14.330 km2, sungai ini merupakan sungai terbesar kedua di Jepang setelah Sungai Tone, dan panjangnya yang mencapai 268 km merupakan yang terbesar ketiga setelah Sungai Shinano dan Sungai Tone. Sungai ini telah dipilih sebagai Situs Warisan Hokkaido. Nama sungai ini berasal dari bahasa Ainu.

Aliran[sunting | sunting sumber]

Sungai Ishikari berasal dari lereng barat Gunung Ishikari di pegunungan Daisetsuzan, di perbatasan Kota Kamishihoro di Katō, Distrik Kamikawa, Hokkaido, dan mengalir melalui Lembah Kamikawa dan Dataran Ishikari menuju Teluk Ishikari di Kota Ishikari. Pada saat ini, sungai ini melewati 22 kota di Subprefektur Kamikawa (sebelah selatan Shiokari Pass), Subprefektur Sorachi, dan Subprefektur Ishikari. Termasuk anak-anak sungai seperti Sungai Sorachi dan Sungai Chitose, jumlah kotamadya di lembah ini adalah 48, dan populasi kotamadya di lembah ini adalah sekitar 3.088.000 (menurut sensus tahun 2000).

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Meskipun asal usul nama sungai ini belum dapat dipastikan karena arti asli bahasa Ainu tidak lagi diketahui, namun diperkirakan nama ini berasal dari kata 'ishikari' (menghalangi), 'ishikarapetu' (sungai yang indah), atau 'ishikaraapetu' (sungai yang berkelok-kelok, sungai yang sangat berkelok-kelok)[1]. Selain itu, terlepas dari teori yang populer atau tidak, nama ini berasal dari Huri yang mengibaskan bulu (ishi) ekornya (kali) selama pertempuran antara Huri Kamui dan Ratooshikamui.

Referensi[sunting | sunting sumber]