Sukamulya, Rumpin, Bogor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sukamulya
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bogor
Kecamatan Rumpin
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²
Disambig gray.svg
Untuk kegunaan lain dari Sukamulya, lihat Sukamulya (disambiguasi).

Sukamulya adalah desa di kecamatan Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. berbatasan dengan : Desa Mekar Sari di sebelah Barat, Desa Taman Sari di sebelah Selatan. Berbatasan langsung dengan Tangsel (Tangerang Selatan) atau BSD (Bumi Serpong Damai) di sebelah Utara. Terdapat beberapa pesantren modern, diantaranya : PONDOK PESANTREN TERPADU EKONOMI ISLAM MULTAZAM. Selain itu, di desa ini terdapat : LAPAN 1 (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), Bale Tirtawana (cluster Argawana) yang dibangun oleh PT BSD Tbk dan merupakan group Sinarmas Land, Pasar Cicangkal yaitu pasar Tradional yang bernuansa Modern. Terdapat pula SDN Suka Mulya, SMPN 2 Rumpin, MTs dan SMA An Najah, SMP dan SMA Yapira. Kantor Pos Kecamatan Rumpin terdapat di desa ini, yang lokasinya di depan Kantor Desa Suka Mulya.

Wilayah ini sangat memprihatinkan, dimana jalan yang dilalui (Jalan Cisauk-Suradita-Cicangkal-Lebak Wangi-Kadaka) rusak parah yang diakibatkan banyaknya truk bermuatan pasir dari wilayah Rumpin. Pemda dan Pemerintah Kabupaten Bogor sepertinya tidak bereaksi atas rusaknya jalan ini.

Bupati Bogor, Rachmat Yasin sepertinya tidak pernah peduli dengan keadaan seperti ini. Bahkan bupati sendiri tidak menghiraukan faktor kesehatan dan lingkungan dari desa ini. Sangat miris melihat betapa desa ini hancur akibat ulah manusia terutama para penambang pasir dan batu.

Warga mendesak perbaikan yang harus dilakukan namun sepertinya terlalu banyak mafia pasir dan batu yang berkeliaran di wilayah ini.