Sudono Salim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sudono Salim
林紹良
Sudonosalim.jpeg
Informasi pribadi
Lahir Liem Sioe Liong
林紹良

(1916-07-19)19 Juli 1916
Bendera Republik Tiongkok Fuqing, Tiongkok
Meninggal dunia 10 Juni 2012(2012-06-10) (umur 95)
Bendera Singapura Singapura
Pasangan Lie Las Nio (aka Lilani)
Anak Albert Salim
Andre Salim
Anthony Salim
Mira Salim
Pekerjaan Pengusaha

Sudono Salim atau Liem Sioe Liong (Hanzi Tradisional : 林紹良, Hanzi Sederhana 林绍良: Pinyin: Lín Shàoliáng) (lahir di Fuqing, Tiongkok, 19 Juli 1916 – meninggal di Singapura, 10 Juni 2012 pada umur 95 tahun) adalah seorang pengusaha Indonesia. Dia merupakan pendiri Salim Group. Kepemilikan Salim Group meliputi Indofood, Indomobil, Indocement, Indosiar, BCA, Indomaret, Indomarco, PT Mega, Bank Windu Kencana, PT Hanurata, dan PT Waringin Kencana dan lain-lain. Selain itu bersama Djuhar Sutanto, Sudwikatmono dan Ibrahim Risjad (dikenal dengan The Gangs of Four) mendirikan sebuah perusahaan tepung terigu terbesar di Indonesia yaitu, PT Bogasari Flour Mill.
Pada saat kerusuhan melanda Jakarta tahun 1998, rumahnya yang berada di Gunung Sahari, Jakarta Pusat, menjadi korban pengerusakan dan penjarahan. Setelah peristiwa tersebut, ia mulai mengalihkan kepengurusan bisnisnya kepada anaknya Anthony Salim, lalu pindah dan tinggal di Singapura [1] hingga tutup usia [2][3]

Ia dikenal luas masyarakat dekat dengan mantan Presiden ke-2 Indonesia Soeharto. Usahanya diteruskan anaknya yakni Anthony Salim dan menantunya Franciscus Welirang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]