Subsistem Windows untuk Linux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Subsistem Windows untuk Linux
Komponen dari Microsoft Windows
Screenshot of ‘Bash on Ubuntu on Windows’.png
Bash yang berjalan di Windows 10
Details
TipeLapisan kompatibilitas
Dimasukkan dalamWindows 10 Anniversary Update
MenggantiWindows Services for UNIX

Subsistem Windows untuk Linux (bahasa Inggris: Windows Subsystem for Linux, WSL) merupakan lapisan kompatibilitas untuk menjalankan biner Linux yang dapat dijalankan (dalam bentuk ELF) secara alami di Windows 10. Microsoft dan Canonical bekerja sama untuk mengaktifkan paket Ubuntu Trusty Tahr yang dapat diunduh dan diekstrak ke komputer lokal, dan untuk perangkat dan utilitas yang terkandung dalam paket tersebut untuk berjalan alami di atas subsistem ini.[1][2] Subsistem ini menyediakan antarmuka kernel Linux yang cocok yang dikembangkan oleh Microsoft (tanpa mengandung kode Linux), dengan biner mode pengguna dari Ubuntu yang berjalan di atasnya.[3]

Subsistem ini tidak dapat menjalankan semua perangkat lunak Linux seperti antarmuka pengguna grafis.[4] Walau demikian, itu memungkinkan pengguna untuk mengurangi hal tersebut dengan menjalankan aplikasi X Window System grafis dengan X server luar.[5]

Subsistem Windows untuk Linux berasal dari Proyek Astoria, yang mengizinkan aplikasi Android berjalan di Windows 10 Mobile.[4] Subsistem ini tersedia dalam Windows 10 Insider Preview build 14316.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Canonical. "Ubuntu on Windows – The Ubuntu Userspace for Windows Developers". Ubuntu Insights (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 Agustus 2016. 
  2. ^ "Run Bash on Ubuntu on Windows". Building Apps for Windows (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 Agustus 2016. 
  3. ^ "Bash on Ubuntu on Windows". msdn.microsoft.com (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 Agustus 2016. 
  4. ^ a b "Why Microsoft needed to make Windows run Linux software". Ars Technica (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 Agustus 2016. 
  5. ^ "Running Linux desktop apps on the Windows Subsystem for Linux". Slight Future (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 Agustus 2016. 
  6. ^ "Announcing Windows 10 Insider Preview Build 14316". Windows Experience Blog (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 Agustus 2016. Today we are releasing Windows 10 Insider Preview Build 14316 to Windows Insiders in the Fast ring. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]