Suaka (zaman kuno)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Suaka (Asylia atau Asilia) di zaman Yunani kuno dan Roma kuno merujuk kepada suatu tempat di mana orang yang menghadapi penganiayaan dapat mencari perlindungan. Tempat-tempat ini sebagian besar bersifat religius, seperti kuil atau situs keagamaan lainnya. Di era Levant kuno konsep serupa disebut Kota Pengungsian.

Para pelaku kejahatan (pembunuhan) yang tidak disengaja atau karena kecelakaan dapat mengklaim hak suaka untuk berlindung di Kota-kota Pengungsian tertentu milik suku Lewi di zaman Kerajaan Israel dan Kerajaan Yehuda, meskipun para pelaku tersebut masih harus diadili. Alkitab menyebut enam kota sebagai tempat perlindungan: Golan, Ramot-Gilead, dan Bosor di sebelah timur Sungai Yordan[1] serta Kedesh, Sikhem, dan Hebron di sebelah timur Sugai Yordan.[2]

Zaman Yunani kuno, kuil, altar, kebun keramat, dan patung para dewa umumnya memiliki hak istimewa sebagai tempat untuk melindungi para budak, pengutang, dan penjahat, yang melarikan diri ke sana untuk berlindung. Namun undang-undang yang berlaku tampaknya tidak mengakui hak semua tempat sakral semacam itu sebagai tempat perlindungan seperti yang diklaim masyarakatnya, tetapi terbatas hanya pada sejumlah kuil atau altar, yang dianggap spesial yang memiliki hak sebagai tempat "asylia".(Servius ad Virg. Aen. ii. 761.).

Zaman Romawi kuno, seperti yang dikatakan oleh Romulus bahwa tempat suaka (kuil dewa Asylaeus) telah dibuka di Roma yang berlokasi di Bukit Capitolino, di antara dua puncaknya, untuk meningkatkan populasi kota itu (Liv. i. 8; Veil. Pat. i. 8; Dionys. ii. 15), yang menurut legenda, adalah tempat perlindungan bagi penduduk negara-negara lain, bukan sebagai tempat perlindungan bagi mereka yang telah melanggar hukum kota. Di masa republik dan kekaisaran awal, hak suaka seperti yang ada di negara-negara Yunani, tampaknya tidak diakui oleh hukum Romawi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Deuteronomy 4:43 and Joshua 20:8
  2. ^ Joshua 20:7