Golan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Golan (bahasa Ibrani: גּולן; bahasa Arab: جولانGōlān atau Jōlān; bahasa Yunani: Γαυλανῖτις Gaulanítis) adalah kota kuno di tanah Israel yang dicatat dalam Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Menurut Taurat termasuk ke dalam wilayah suku Manasye di daerah Basan.

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Golan adalah kota yang letaknya paling utara di antara tiga kota perlindungan untuk pembunuh yang terdapat di sebelah timur sungai Yordan (Bilangan 35, Ulangan 4:43). Suku Manasye memberikan kota ini kepada bani Gerson dari suku Lewi (Yosua 21:27).

Menurut catatan Alkitab, orang Israel merebut kota Golan dari orang Amori.

Catatan sejarah yang lain[sunting | sunting sumber]

Flavius Yosefus, sejarawan Yahudi Romawi dari abad ke-1 M, mengenal kota ini. Dekat Golan, Alexander Jannaeus diserang mendadak oleh Obodas, raja orang Arab, dan tentaranya. Merupakan batas timur dari daerah Galilea dan termasuk ke dalam wilayah yang diberikan kepada tetrarkh Filipus pada abad ke-1 M. Digambarkan oleh Eusebius dalam tulisannya Onomasticon sebagai desa yang luas yang namanya dipakai sebagai nama daerah di sekelilingnya.

Daftar penguasa[sunting | sunting sumber]

Arkeologi[sunting | sunting sumber]

Para arkeolog berspekulasi bahwa kota kuno Golan berada di lokasi Sahm el-Jaulān, sebuah desa besar 4 mil (6,4 km) di sebelah timur Nahr ‛Allān dan 4 mil (6,4 km) di sebelah tenggara Tsīl, di mana ditemukan reruntuhan dari zaman Bizantin tua.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rami Arav, Richard A. Freund (2004). Bethsaida: A City by the North Shore of the Sea of Galilee, vol. 3 (v. 3) (edisi ke-Paperback). Truman State University Press. hlm. 42. ISBN 1-931112-39-8. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]