Strath

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sungai di Strath Carnaig, Skotlandia

Strath adalah lembah besar, biasanya berupa lembah sungai yang lebar dan dangkal (berlawanan dengan lembah, yang biasanya lebih sempit dan dalam).[1]

Kata dan etimologi[sunting | sunting sumber]

Inggrisasi dari kata Gaelik srath, ini adalah salah satu dari banyak bahasa yang telah diserap ke dalam bahasa Inggris dan Skotlandia. Kata ini umumnya digunakan di pedesaan Skotlandia untuk menggambarkan lembah yang luas, bahkan oleh penutur non-Gaelik.

Dalam nama tempat Skotlandia, Strath- berasal dari bahasa Gaelik dan Britonik.[2] Nama strath memiliki asal-usul yang mirip dengan kata srath dalam bahasa Gaelik, yang berarti "lembah luas", serta kata serumpun Kumbrik dan Pikt (lih. Wales ystrad).[2]

Kata Gaelik srath berasal dari bahasa Irlandia Kuno srath, yang berarti "padang rumput".[3] Pengertian Gaelik Skotlandia modern tentang "lembah luas", yang sejajar dengan arti kata serumpun Britonik, dikembangkan dari pengaruh substrat dari bahasa Pikt.[3]

Ilmu nama tempat[sunting | sunting sumber]

Ini muncul di berbagai nama tempat di Skotlandia termasuk Strathmore, Strathspey, dan Strathclyde. Secara internasional, banyak tempat dengan warisan Skotlandia juga menggunakan awalan, termasuk Strath-Taieri di New Zealand; Strathalbyn di South Australia, Strathfield, pinggiran kota Sydney, Australia; Strathewen, Victoria, Australia; Strathpine, pinggiran kota Brisbane, Australia; dan berbagai tempat di Kanada: Strathmore, Alberta; Strathcona; Strathroy, Ontario; dan Strathburn, Ontario.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ T. A. Gibson (1835). Etymological Geography: Being a Classified List of Terms of Most Frequent Occurrence, Entering, as Prefixes or Postfixes, into the Composition of Geographical Names. Oliver & Boyd. hlm. 23. Diakses tanggal 21 Maret 2013. 
  2. ^ a b James, Alan G. "The Brittonic Language in the Old North - A Guide to the Place-Name Evidence" (PDF). Scottish Place Name Society. Diakses tanggal 14 Juni 2020. 
  3. ^ a b Hall, Mark A; Driscoll, Stephen T; Geddess, Jane (11 November 2010). Pictish Progress: New Studies on Northern Britain in the Early Middle Ages. Brill. ISBN 9789004188013. Diakses tanggal 30 June 2019.